Brilio.net - Film yang menceritakan kisah muda BJ Habibie, Rudy Habibie sudah sebulan tayang. Sejak penayangan perdananya pada 30 Juni 2016 lalu, Rudy Habibie telah menarik perhatian jutaan mata penikmat film.

Dari data filmindonesia.or.id per 1 Agustus 2016, film ini mendapat data sebesar 1.974.140 penonton. Tentunya masih memiliki kesempatan untuk tembus 2 juta penonton lagi, karena film yang dibintangi Reza rahadian ini masih tayang di bioskop.

Film yang 70% menceritakan masa kuliah Habibie di RWTH Aachen, Jerman ini pun banyak mengajarkan nilai-nilai kehidupan. Kamu sudah nonton belum nih? Jangan-jangan belum..

Nah, berikut ini 7 pesan yang dapat kamu tiru dari Bapak Presiden Republik Indonesia ketiga ini, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (4/8):


1. Percaya akan mimpi-mimpi.

7 pelajaran hidup © 2016 brilio.net

foto: bookmyshow

Rudy kecil telah kagum pada pesawat. Sejak kecil pun cita-citanya membuatkan pesawat untuk keluarganya. Dan sampai ia dewasa, mimpi membuat pesawat masih selalu ada di kepalanya.


2. Pantang menyerah meski mengalami situasi yang sulit.

7 pelajaran hidup © 2016 brilio.net

foto: youtube

Sebagai mahasiswa non-beasiswa, Rudy sering mengalami masalah ekonomi bahkan di bully oleh anak-anak penerima beasiswa. Tapi meski diragukan kepintarannya, nyatanya Rudy dapat membuktikan kecerdasannya dengan cara yang 'pintar'.


3. Meski minoritas, tak pernah meninggalkan ibadah.

7 pelajaran hidup © 2016 brilio.net

foto: vidio.com

Kamu pasti ingat adegan setiap kali Rudy Habibie harus melakukan salat di bawah tangga kampus? Meski dia kuliah di kampus yang tidak menyediakan musala untuk salat, Rudy tak lantas begitu saja meninggalkan ibadahnya.


4. Mencintai negaranya lebih dari apapun.

7 pelajaran hidup © 2016 brilio.net

foto: youtube

Rudy tak pernah meminta apa yang bisa negara berikan padanya. Namun prinsipnya adalah apa yang bisa dia berikan pada negara akan Rudy berikan.

BACA JUGA: 5 Curhatan mencengangkan Dian Sastro soal film Kartini


5. Ingin bermanfaat seperti 'mata air'.

7 pelajaran hidup © 2016 brilio.net

foto: instagram/bima.azriel

Pesan dari sang ayah untuk selalu menjadi mata air selalu dipegang erat oleh Rudy. Meski sulit, namun Rudy Habibie bisa membuktikan bahwa dirinya bisa jadi mata air untuk lingkungannya dan negaranya.


6. Fokus akan visi dan misinya.

7 pelajaran hidup © 2016 brilio.net

foto: layar-tancep.com

Meski sempat tak mau bergabung dengan PPI Jerman, namun akhirnya Rudy terpilih sebagai ketua. Rudy pun selalu teguh pada prinsipnya dan berusaha mewujudkan terbentuknya Industri Dirgantara di Indonesia.


7. Menjalin persahabatan meski berbeda-beda latar belakang.

7 pelajaran hidup © 2016 brilio.net

foto: ismailhidayat.com

Beruntungnya Rudy, saat-saat sulitnya menjadi mahasiswa dia dikelilingi sahabat yang sangat setia. Belum lagi ada kekasihnya, Ilona yang selalu mendukung mimpi-mimpinya.