Brilio.net - Kamu pasti memiliki kartun favorit yang selalu menjadi tontonan setiap weekend ketika kamu masih kecil bahkan saat beranjak dewasa. Konsepnya yang unik dan menghibur, anak kecil kita pasti tidak akan sadar jika ada konspirasi-konspirasi rahasia yang disisipkan oleh pembuat kartun tersebut. Bahkan saking konyolnya sebuah kartun, kita bisa sampai lupa bahwa ada orang-orang profesional yang membuat kartun tersebut hingga menarik untuk kita tonton. Kartun berikut ini bukan cuma di ambil dari imajinasi anak-anak.

Banyak orang-orang yang percaya bahwa beberapa kartun tidak sesuci atau sepolos yang kita pikirkan. Di balik karakter-karakter lucu yang kerap membuat kita tertawa, ada beberapa pesan tersembunyi atau cerita yang sangat menyeramkan. Nah, film kartun apa saja yang memliki konspirasi aneh di balik kelucuannya? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (6/9).

1. Scooby-Doo.

konspirasi kartun istimewa

foto: Instagram/@scobbydoo

Loading...

Banyak orang yang percaya jika Shaggy dalam kartun Scooby-doo adalah seorang pecandu ganja. Hal ini didukung dari penampakan Shaggy sedang merokok dari beberapa episode. Para penggemar bahkan mengakui jika Shaggy merokok marijuana hingga sering berhalusinasi dan melihat anjing kesayangannya bisa berbicara dan bergerak seperti manusia.

2. Masha & The Bear.

konspirasi kartun istimewa

foto: Instagram/@mashaandthebear

Banyak orang yang percaya kisah Masha and The Bear di ambil dari kisah nyata yang di angkat menjadi serial kartun. Masha sebenarnya sudah mati, tayangan di televisi itu untuk mengenang Masha.

Kisahnya, ada seorang perempuan yang bernama Masha yang sangat menyukai sirkus. Sampai suatu hari ada pertunjukan sirkus di tempat tinggalnya, Masha sangat senang dan meminta orangtuanya untuk pergi ke sirkus itu. Saat menonton, diapun berlari ke belakang panggung tanpa diketahui orang tuanya. Masha tidak tau bahwa binatang liar tidak seperti di kartun-kartun. Masha pun mendekati kandang beruang ini dan menyelinap masuk. Saat itu, hewan buas itu langsung menerkam Masha dengan ganas. Orangtuanya yang datang dan melihat kondisi Masha, akhirnya depresi dan bunuh diri. Inilah kenapa tidak ada sosok orangtua Masha di film tersebut.

3. Mickey Mouse.

konspirasi kartun istimewa

foto: Instagram/@mickeymouse

Film yang dibuat Walt Disney ini memang legendaris. Tahun 1930 sudah mulai diproduksi walaupun masih ala kadarnya. Film Micky Mouse di produksi satu tahun sebelum periode depresi besar yang merupakan peristiwa menurunya tingkat ekonomi secara dramatis di seluruh dunia. Depresi ini menghancurkan ekonomi, baik negara industri maupun negara berkembang dan seluruh kota besar di dunia ikut terkena imbasnya. Di periode depresi berat ini, banyak sekali orang mengalami kesusahan secara finansial yang membuat mereka tidak stabil secara mental.

Hal ini yang mendorong bahwa Mickey Maouse digunakan sebagai population control. Banyak film-film Mickey Mouse yang menunjukan bahwa karakter-karakternya bunuh diri. Ketika bunuh diri meningkat, dimana episode-episode ini di tayangkan seakan kartun ini digunakan untuk mengurangi populasi yang ada, sehingga ekonomi negarapun bisa membaik karena orang-orang yang di uruspun berkurang.

4. Spongebob Squarepants.

konspirasi kartun istimewa

foto: Instagram/@Spongebob

Spongebob adalah salah satu kartun yang sangat populer yang banyak disukai semua kalangan. Hampir semua anak di dunia ini, bahkan hafal nama-nama karakter dari film ini. Karakter kocak dari Spongebob ternyata suatu upaya untuk mengubah sebuah pulau yang hancur karena radiasi nuklir. Nama Pulau Bikini Bottom menjadi tempat tinggal Spongebob yang di ambil dari sebuah pulau karang yang disebut Bikini Atol yang digunakan sebagai tempat uji coba senjata nuklir.

5. Tom and Jerry.

konspirasi kartun istimewa

foto: Instagram/@_ilenin

Kartun Tom and Jerry tentu dikenal baik oleh masyarakat Indonesia. Selain anak-anak yang menyukai kartun ini, orang dewasa pun juga tidak bosan menonton tingkah lucunya. Banyak dari kita yang mungkin melihat kartun ini biasa-biasa saja. Namun terdapat konspirasi di balik lucunya tingkah seekor kucing dan tikus yang sama-sama usil tersebut.

Tom and Jerry disebut sebagai propaganda Nazi. Kartun ini pertama kali ditanyangkan bersamaan dengan perang Inggris dengan Jerman. Di teori satu ini, Tom digambarkan sebagai Tommys yaitu nama lain tentara Inggris dan Jerry menggambarkan Jerrys tentara Jerman. Tom selalu menunjukan bahwa dia mencoba membunuh Jerry, tapi Jerry selalu menang. Entah benar atau tidak, namun beberapa orang percaya jika karakter Tom and Jerry adalah untuk menyindir perang yang tidak ada habis-habisnya.

6. Frozen.

konspirasi kartun istimewa

foto: Instagram/@frozentation

Frozen adalah film Disney yang paling sukses sepanjang masa. Tapi taukah kamu, dulu sebelum film Frozen, Coco, Moana, Aladin, dan lain-lain, Walk Disney memulai filmnya hanya dengan Mickey Mouse. Hanya dari Mickey Mouse saja Disney sudah menjadi perusaha yang sangat sukses, dan Walk Disney menjadi miliarder.

Sebelum Walk Disney meninggal di tahun 1966, dia memiliki kekayaan sekitar USD 80 juta. Sebagai orang yang sangat kaya, banyak orang yang percaya bahwa pada zaman itu ada satu pembelajaran teknologi bernama Cryonics, di mana tubuh manusia dibekukan dengan harapan bisa dicairkan dan hidup kembali di masa yang akan datang. Kartun frozen sengaja dibuat dan dinamakan Frozen untuk menutupi berita mengenai dibekukannya Walk Disney.

7. Rugrats.

konspirasi kartun istimewa

foto: Instagram/@officialrugrats

Banyak orang yang percaya sebuah teori yang mengatakan bahwa semua yang ada di Rugrats hanya terjadi di dalam kepala Angelica. Angelica mengidap penyakit skizofrenia sejak kecil. Penyakit ini merupakan kelainan mental yang membuat penderitanya bisa membayangkan hal-hal yang sebenarnya tidak ada.

Jadi di teori ini, semua bayi yang ada Rugrats sebenarnya tidak ada. Ini hanyalah imajinasi Angelica. Angelica sangat trauma yang membuat dia tidak memiliki teman, sehingga dia membayangkan bayi-bayi dari orang-orang terdekat yang sebenarnya sudah mati. Hanya di Rugrats Angelica bisa berbicara dengan bayi-bayi tersebut.

Chucki si rambut merah mati bersama ibunya saat lahir, hal itu menyebabkan ayah Chucki super khawatir. Tommy yang menjadi tokoh utama mati ketika lahir, hal ini menyebabkan ayahnya depresi. Adapun Phil and Lil yang berjenis kelamin ambigu, sebab ibunya melakukan aborsi. jadi di imajinasi Angelica, Phil dan Lil adalah kembar.

Reporter: mgg/Gusti Ridani

RECOMMENDED BY EDITOR