Brilio.net - Penggemar anime pasti tak asing lagi dengan Naruto. Karakter yang diciptakan oleh Masashi Kishimoto ini memang populer tidak hanya di negara asalnya saja, namun juga di Indonesia. Sebagai tokoh utama, Naruto adalah karakter yang menjadi pusat cerita. Namun selain Naruto, ada beberapa tokoh yang dianggap paling berpengaruh sepanjang episode anime lho.

Tanpa tokoh-tokoh tersebut, bisa jadi kisah anime Naruto tidak akan berjalan seseru ini. Scene yang memperlihatkan kisah mereka pun sangat inspiratif. Karakter ini juga membuat perubahan besar dalam hidup Naruto. Ada yang mengakui keberadaan Naruto kecil, ada yang menjadi rival, dan ada juga yang menjadi guru sekaligus motivator bagi Naruto.

Siapa saja? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (26/2), berikut karakter di anime Naruto yang paling berpengaruh dan inspiratif.

1. Iruka.

7 Karakter di anime Naruto yang paling berpengaruh dan inspiratif berbagai sumber

Loading...

foto: naruto.fandom.com

Iruka merupakan guru pertama yang membimbing Naruto di akademi. Orangtua Iruka tewas saat Kyubi menyerang desa. Meski demikian, Iruka tidak bertindak layaknya warga Konoha lainnya yang menyalahkan dan mengucilkan Naruto. Sebaliknya, Iruka justru sangat peduli dengan Naruto.

Suatu ketika, Naruto dijebak untuk mengambil gulungan jutsu terlarang. Kala itu, Naruto mendengar Iruka yang berbincang dengan shinobi yang menjebaknya. Dengan pandangan yang serius, Iruka mengatakan bahwa ia mengakui Naruto. Ia mengatakan bahwa baginya, Naruto bukanlah monster rubah ekor sembilan. Naruto adalah ninja Konoha dan murid yang ia banggakan.

Mendengar semua itu, Naruto bersembunyi di balik pohon sambil menangis. Setelah bertemu kembali, Iruka juga memberikan ikat kepala pada Naruto yang menandakan bahwa ia berhasil menjadi genin. Ia juga sering mengajak Naruto makan di Ichiraku ramen. Moment itulah yang membawa dampak besar dalam kehidupan Naruto. Ketika hendak menikah pun, Naruto meminta Iruka datang sebagai ayahnya.

2. Kakashi.

7 Karakter di anime Naruto yang paling berpengaruh dan inspiratif berbagai sumber

foto: naruto.fandom.com

Setelah masuk dalam tim 7, Kakashi menjadi karakter selanjutnya yang berpengaruh dalam hidup Naruto. Dari awal pemilihan, Kakashi tak banyak berkomentar dengan tim bimbingannya. Ia terus memperhatikan Naruto yang sering bertingkah ceroboh. Namun di antara guru yang lain, Kakashi percaya bahwa Naruto menyimpan kekuatan yang besar. Ia juga lah sosok yang menanamkan rasa setia kawan pada diri Naruto.

Pada awal berlatih, Kakashi sudah mengulang kata-kata dari Obito yakni "Orang yang melanggar peraturan adalah sampah. Namun orang yang meninggalkan temannya jauh lebih rendah dari sampah". Karena itulah, hubungan Naruto, Sasuke, Sakura, dan Kakashi bisa begitu kuat.

3. Jirayya.

7 Karakter di anime Naruto yang paling berpengaruh dan inspiratif berbagai sumber

foto: naruto.fandom.com

Jirayya merupakan satu dari tiga legenda sannin yang memiliki kemampuan kuat. Ia juga sosok yang berpengaruh besar dalam hidup Naruto. Pada awalnya, Jirayya muncul sebagai sosok yang genit dengan para gadis. Karena itulah, Naruto sering memanggilnya pertapa genit. Namun di balik itu semua, Jirayya juga guru yang hebat bagi Naruto. Ia lah orang pertama yang mengajarkan rasengan pada Naruto. Jirayya juga mengajarkan Naruto untuk mengendalikan cakra yang ada pada dirinya. Teknik Kuchiyose pun juga diajarkan oleh Jirayya.

Menariknya lagi, terungkap fakta bahwa Jirayya merupakan guru dari ayahnya Naruto, Minato. Ia juga merekomendasikan nama Naruto seperti nama karakter di buku ciptaannya. Jadi bisa dibilang bahwa sebenarnya Jirayya lah, orang yang memberikan nama Naruto dan menganggapnya sebagai cucu.

Ketika kabar tewasnya Jirayya terdengar, Naruto begitu sedih dan terpukul. Sampai di era Boruto pun, Naruto masih diperlihatkan mengunjungi makam Jirayya. Ia juga meyakinkan Boruto bahwa Jirayya adalah ninja hebat dan guru yang berjasa di hidupnya.

4. Hinata.

7 Karakter di anime Naruto yang paling berpengaruh dan inspiratif berbagai sumber

foto: naruto.fandom.com

Karakter wanita dari klan Hyuga ini juga memberikan pengaruh besar dalam kehidupan Naruto. Sejak kecil, Hinata sudah memperhatikan Naruto. Ia sering mengamati Naruto dari jauh dan kagum terhadap sifatnya. Bagi Hinata, senyum Naruto adalah hal yang menyelamatkannya. Setiap merasa tertekan, Hinata bisa kembali bangkit jika mengingat Naruto yang ceria dan penuh semangat. Ketika ayahnya sendiri meremehkan kemampuan Hinata, Naruto justru mengatakan bahwa Hinata itu kuat.

Karena sangat pemalu, Hinata sering dibuat pingsan dan salah tingkah jika berada di dekat Naruto. Namun setelah beranjak dewasa, Hinata mulai memperlihatkan perasaannya. Ia bahkan berani melawan Pain seorang diri demi menyelamatkan Naruto. Ketika perang dunia ninja, Neji tewas melindungi mereka berdua. Saat itulah, Naruto merasa putus asa dan hampir menyerah.

Menyadari hal itu, Hinata pun meyakinkan Naruto untuk terus berjuang bersama-sama. Sepanjang anime, Hinata memang digambarkan sebagai sosok yang terus menyukai Naruto. Episode terakhir anime Naruto pun ditutup dengan pernikahan Naruto dan Hinata. Mereka juga memiliki dua anak, yakni Boruto dan Himawari.

5. Sasuke.

7 Karakter di anime Naruto yang paling berpengaruh dan inspiratif berbagai sumber

foto: naruto.fandom.com

Kehadiran Sasuke tentu saja menjadi karakter yang paling berpengaruh. Naruto dan Sasuke bisa dibilang sebagai sahabat sekaligus rival abadi. Melalui Sasuke, Naruto membuat ikatan yang begitu kuat. Mereka merasakan kepedihan yang sama karena kehilangan keluarga. Ketika berada di satu tim, baik Naruto dan Sasuke sebenarnya bisa saling memahami. Namun karena suatu alasan, Sasuke pergi meninggalkan desa.

Nah, sepanjang anime, penonton diperlihatkan upaya Naruto untuk membawa pulang Sasuke. Jadi hampir semua yang dilakukan Naruto selama ini, tak lain untuk tujuan tersebut. Ketika bekerja sama mengalahkan Kaguya, banyak penggemar yang berspekulasi bahwa itu adalah pertarungan terakhir di anime Naruto. Ternyata, pertarungan terakhir bukanlah melawan Kaguya, melainkan pertarungan Naruto dan Sasuke.

Dari pertarungan tersebut, Naruto dan Sasuke pun sama-sama kehilangan satu tangan. Namun, moment itu juga menyelesaikan semua masalah dalam diri mereka. Naruto dan Sasuke pun kembali menjadi rekan yang hebat dalam anime Boruto.

Reporter: Deta Jauda Najmah

RECOMMENDED BY EDITOR