Brilio.net - Film kartun memang identik dengan anak-anak. Meski demikian, ada beberapa film kartun yang diperuntukkan bagi orang dewasa. Sebab, konten dalam film kartun juga sesuai dengan rentang usia dari sasaran penontonnya. Dengan demikian, anak-anak tidak diperbolehkan menontonnya.

Selain jalan cerita yang lebih kompleks, film kartun untuk dewasa juga menyisipkan beberapa lelucon hingga adegan yang sadis. Ada pula yang mengangkat tema-tema yang cukup vulgar. Jadi, pastikan memfilter segala film kartun sesuai konten dan usia yang disarankan ya.

Ada beberapa list film kartun dewasa yang tak cocok ditonton anak-anak. Apa saja? Dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa(11/2), berikut film kartun yang tak cocok ditonton anak-anak.

1. Happy Tree Friends.

kartun dewasa istimewa

foto: imdb.com

Film kartun yang satu ini memang memiliki bentuk karakter lucu dan imut. Namun sebenarnya film kartun ini mengandung berbagai adegan kekerasan hingga berdarah darah lho.

Dalam setiap episodenya, ada saja scene yang memperlihatkan salah satu karakter yang matanya rusak, tubuhnya hancur, hingga isi perut yang tiba-tiba keluar.

2. Sausage Party.

kartun dewasa istimewa

foto: imdb.com

Kartun asal Amerika Serikat ini mengandung berbagai simbol-simbol yang mengarah ke adegan vulgar lho. Karakter dalam film ini sendiri merupakan bahan-bahan makanan yang 'ambigu' seperti sosis, roti hot dog berlubang, dan masih banyak lagi.

Selain itu, film kartun ini juga menyajikan adegan yang bikin penontonnya ngilu. Misalkan saja sang karakter makanan yang diolah dengan dicincang, direbus, hingga dibakar.

3. Persepolis.

kartun dewasa istimewa

foto: imdb.com

Diadaptasi dari novel karya Marjane Satrapi, film kartun ini berhasil menjadi pemenang di Cannes Film Festival. Film ini mengangkat kisah nyata sang penulis saat berada di tengah Revolusi 1979.

Ada berbagai tantangan yang dihadapi Marjane dalam menjani kehidupan. Film ini juga semakin menarik karena menampilkan sejarah Iran dari berbentuk monarkhi hingga menjadi negara Islam.

Ketegangan politik Iran dan Iraq kala itu pun tergambar dalam katun ini lho. Nah, dari segi ceritanya saja, film ini memang hanya bisa dipahami orang dewasa.

4. American Dad.

kartun dewasa istimewa

foto: imdb.com

Film American Dad berpusat pada seorang ayah yang bekerja sebagai agen rahasia AS. Hampir serupa dengan Family Guy dan Cleveland Show, film kartun ini menampilkan pembicaraan yang bergaya sarkasme. Sehingga film ini hanya bisa dipahami orang dewasa.

5. Grave of the Fireflies.

kartun dewasa istimewa

foto: imdb.com

Film kartun yang diproduksi Ghibli Studio ini mengambil latar situasi setelah Perang Dunia II. Berpusat pada kakak adik bernama Seita dan Ketsuko, mereka harus bertahan hidup di tengah kota Kobe yang hancur.

Beberapa adegan dalam film ini memperlihatkan betapa putus asa dan terpuruknya orang-orang. Bahkan sang tokot utama sendiri pernah mengalami depresi karena kehilangan orangtuanya.

6. Fankenwennnie.

kartun dewasa istimewa

foto: imdb.com

Film kartun Fankenwennnie mengisahkan tentang seorang anak yang memiliki anjing peliharaan. Ketika anjingnya mati, ia sangat terpukul dan tak rela. Berbagai upaya pun dilakukannya agar anjing peliharaannya bisa kembali hidup.

Meski terlihat sangat menyayangi peliharaannya, namun film ini memperlihatkan si anak yang menyengat listrik hingga membedah tubuh anjingnya. Tentu saja, hal ini tidak pantas untuk tonton anak-anak.

7. Coraline.

kartun dewasa istimewa

foto: imdb.com

Selanjutnya ada film kartun bergenre horor berjudul Coraline. Film kartun yang rilis tahun 2002 ini mengisahakan tentang anak perempuan bernama Coraline. Ia termasuk anak yang kurang perhatian karena orangtuanya terlalu sibuk bekerja.

Suatu ketika, Coraline menemukan dunia baru yang berisi orang-orang yang mirip dengan keluarganya. Namun sebenarnya mereka adalah makhluk jahat yang berusaha mengambil bola mata Coraline dan menggantinya dengan kancing. Meski menyisipkan adegan yang lucu, namun film kartun ini tidak dianjurkan untuk anak-anak.

8. Anomalisa.

kartun dewasa istimewa

foto: imdb.com

Rilis tahun 2002, film katun Anomalisa mengisahakan tentang pria yang melihat semua orang dengan rupa dan suara yang sama. Meski telah memiliki istri dan anak, ia tetap saja melihat keduanya sebagai sosok yang sama.

Namun suatu ketika, ia bertemu dengan wanita yang memiliki rupa dan suara berbeda. Nah, film kartun ini sebenarnya berusaha menampilkan makna tentang rasa kesepian yang dimiliki seseorang dalam hidup.

Dengan kisah yang cukup rumit, film kartun ini hanya dapat dipahami oleh orang dewasa. Selain itu, ada beberapa adegen vulgar yang tidak pantas disaksikan anak-anak.

9. The Wind Rises.

kartun dewasa istimewa

foto: imdb.com

The Wind Rises merupakan salah satu karya animasi terbaik dari Jepang. Film kartun yang satu ini berpusat pada karakter bernama Jiro Horikosi. Ia adalah perancang pesawat yang menghasilan Mitshubisi A6M Zero.

Pesawat ini bisa terbang dengan kecepatan lebih daru 310 mil/jam dan memu bermanuver dengan bobotnya yang ringan. Meski terbilang sukses, namun Jiro Horikosi merasa tak tenang. Sebab ciptaannya itu jutru menjadi senjata yang telah menghabisi nyawa banyak orang.

10. The Simpsons.

kartun dewasa istimewa

foto: imdb.com

The Simpsons merupakan salah satu serial kartun yang berpusat pada keluarga Simpsons. Sering disebut sebagai peramal masa depan, kartun Simpsons tak dianjurkan untuk ditonton anak-anak.

Sebab ada banyak karakter yang bisa menjadi contoh buruk bagi anak-anak. Misalkan saja mabuk-mabukan, kekerasan, hingga berbicara kasar.

Reporter: Deta Jauda Najmah