Brilio.net - Film kartun memang menjadi tontonan yang menghibur dan cocok untuk berbagai kalangan usia. Jenis film kartun pun beragam, salah satunya adalah silent cartoon. Seperti namanya, silent cartoon adalah sebutan untuk film kartun bisu yang tidak memiliki dialog antar tokoh.

Pengerjaan film kartun tanpa dialog juga membutuhkan berbagai pertimbangan, terutama dalam menampilkan suatu adegan. Hal ini bertujuan agar para penonton tetap bisa menikmati jalan cerita dan menangkap pesan khusus di dalamnya.

Nah, dari sekian banyak film kartun tanpa dialog, ada beberapa kartun yang cukup populer dan menarik untuk disaksikan. Film kartun ini juga penuh adegan-adegan yang lucu yang memancing gelak tawa. Ada yang berasal dari Inggris, Amerika Serikat, Prancis, hingga Korea Selatan.

Tak hanya mendapat respons baik di negara asalnya, film-film kartun ini juga ditayangkan di berbagai negara lho, termasuk Indonesia. Penasaran apa saja? Berikut tujuh film kartun tanpa dialog terlucu yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (5/2).

1. Tom & Jerry.

Loading...

kartun bisu istimewa

foto: imdb.com

Film kartun yang diproduksi MGM asal Amerika Serikat ini mengisahkan seekor kucing bernama Tom dan tikus bernama Jerry yang selalu bertengkar. Aksi-aksi pertengkaran Tom dan Jerry sering membuat gelak tawa penonton.

Tom and Jerry merupakan sebuah film kartun pendek yang sangat bersejarah di dunia. Film yang pernah meraih Piala Oscar ini disutradarai animator terkenal, William Hanna dan Joseph Barbera.

2. Shaun the Sheep.

kartun bisu istimewa

foto: imdb.com

Film kartun asal Inggris yang dibuat Nick Park ini sangat diminati anak-anak terutama di Britania Raya dan Indonesia. Film ini mengisahkan tentang kawanan domba yang sering mendapat masalah, baik karena kawanan domba lain maupun dari pemiliknya.

Menghadirkan karakter utama bernama Shaun, ia digambarkan memiliki kecerdasan layaknya manusia. Tak jarang, Shaun sering sekali memiliki ide-ide aneh untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Hal ini membuat gelak tawa penonton. Selain kawanan domba, ada karakter anjing penjaga yang turut terlibat dalam cerita.

Film kartun Shaun the Sheep juga termasuk dalam animasi slow motion lho. Sehingga pengerjaannya cukup rumit dengan ribuan boneka dan foto-foto.

3. Oscar's Oasis.

kartun bisu istimewa

foto: imdb.com

Oscar's Oasis merupakan animasi yang telah ditayangkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Memiliki kisah yang lucu dan episode yang singkat, film kartun ini berpusat pada karakter kadal bernama Oscar.

Karena hidup di oasis, Oscar harus bertahan hidup untuk mencari air. Tak jarang, Oscar juga harus berebut air dengan teman-temannya yang lain. Selain itu, Oscar juga punya sekelompok geng hewan yang sering mengganggunya. Mereka adalah Popy, Buck, dan Harchi.

4. Oggy and The Cookroaches.

kartun bisu istimewa

foto: imdb.com

Film kartun Oggy and The Cookroaches juga tak kalah menghibur lho. Berpusat pada tokoh bernama Oggy, ia digambarkan sebagai seekor kucing gendut berwarna biru yang sangat malas. Sebagai kucing rumahan, Oggy lebih senang menghabiskan waktu dengan berbaring sambil menonton siaran televisi.

Namun ia juga sering diganggu para kecoa yang jahil. Mereka adalah Joey, Dee dee, dan Marky. Ulah Oggy yang ingin menyingkirkan kecoa inilah yang membuat kartun Oggy and The Cookroaches jadi penuh dengan scene-scene lucu.

5. Bernard Bear.

kartun bisu istimewa

foto: imdb.com

Selanjutnya ada film kartun Bernard Bear yang mengisahkan tentang beruang kutub yang lucu. Karakter Bernard sendiri digambarkan selalu ingin tahu hal-hal baru. Namun karena terlalu polos, Bernard justru sering mendapatkan kesialan.

Meski terlihat konyol dan lucu, namun aksi Bernard hampir selalu spontan dan tak terduga. Selain tokoh beruang, film kartun ini juga menghadirkan karakter lain seperti Zack si kadal, Pilot si anak anjing, Pokey si landak, dan masih banyak lagi.

6. The Owl.

kartun bisu istimewa

foto: imdb.com

Film kartun The Owl merupakan animasi pendek yang berjenis silent cartoon. Menggambarkan karakter burung hantu berwarna pink, ia sering mengalami kejadian yang tak terduga.

Saat hendak memakan ulat yang melintas di depannya, Owl selalu saja mendapatkan masalah. Mulai dari ranting yang tiba-tiba patah, serangan dari binatang lain, dan masih banyak lagi. Ekspresi Owl yang datar walau sedang terluka juga menjadi ciri khas sekaligus scene lucu dalam kartun ini.

7. Larva.

kartun bisu istimewa

foto: imdb.com

Sesuai dengan judulnya, film kartun ini berpusat pada karakter larva berwarna merah dan kuning. Pada awalnya mereka hidup di selokan dan berebut makanan apa saja yang jatuh dari atas. Ada lelehan es krim, permen karet, hingga remahan roti.

Selain itu ada pula karakter lalat, belalang, dan serangga lain yang turut mewarnai cerita. Meski merupakan silent cartoon, namun Larva tak pernah gagal membuat para penonton tertawa. Film kartun ini berasal dari Korea Selatan dan diproduksi Tuba Entertaiment.

Reporter: Deta Jauda Najmah

RECOMMENDED BY EDITOR