Brilio.net - Film Indonesia Netflix tentang pendidikan sebagian besar adalah film yang pernah tayang di layar lebar dan kembali ditayangkan. Film-film tersebut mengisahkan berbagai persoalan dalam dunia pendidikan Indonesia dan kiprah para sosok yang punya kontribusi terhadap pendidikan Indonesia.

Ada dua film Netflix tentang pendidikan yang menjadi film original Netflix. Seperti Guru-Guru Gokil (2020) yang mengisahkan sekelompok guru kocak di sebuah sekolah. Selain itu, ada juga film Penyalin Cahaya (2022) yang berhasil memborong piala di Festival Film Indonesia (FFI) 2021.

Dua film tersebut menjadi kritik tajam terhadap kondisi pendidikan di Indonesia, baik secara infrastruktur maupun dari segi kualitas pendidikan Indonesia.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (13/4), berikut 7 film Indonesia Netflix tentang pendidikan yang penuh inspirasi.

1. Penyalin Cahaya (2022).

film Indonesia Netflix pendidikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Penyalin Cahaya merupakan film Indonesia Netflix yang mengisahkan dunia pendidikan dari sisi berbeda. Film ini mengisahkan bagaimana seorang perempuan mengalami pelecehan seksual di lingkungan kampusnya dan hal itu membuat pihak kampus memutus beasiswanya.

Film ini mengisahkan bagaimana Suryani, korban pelecehan seksual di kampusnya harus menginvestigasi kasusnya sendiri. Di tengah ketidakpercayaan banyak orang, termasuk kampusnya sendiri, ia terus berusaha menemukan siapa pelaku yang sudah menyebarkan foto-foto saat ia mabuk.

2. Guru-Guru Gokil (2020).

film Indonesia Netflix pendidikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Guru-Guru Gokil merupakan film Indonesia Netflix yang mengisahkan dunia pendidikan dari sudut pandang para guru di sebuah sekolah. Guru-Guru Gokil bercerita tentang Taat (Gading Marten) yang berambisi untuk sukses, tapi lebih sering menemui kegagalan dalam karier. Baginya, kesuksesan berarti memiliki uang banyak.

Hingga suatu saat, keadaan mengharuskan Taat untuk bekerja menjadi guru di sebuah sekolah. Di saat bersamaan, terjadi insiden yang menimpa para guru. Kejadian tersebut mengubah pandangan Taat terhadap uang, kesuksesan, dan dedikasi para guru.

3. Kartini (2017).

film Indonesia Netflix pendidikan berbagai sumber

foto: imdb.com

Kartini merupakan film Indonesia Netflix yang mengisahkan dunia pendidikan saat Indonesia masih di bawah penjajahan Belanda. Film bercerita tentang Kartini (Dian Sastrowardoyo) yang tumbuh dengan melihat langsung ibunya, Ngasirah (Christine Hakim) menjadi orang terbuang di rumahnya sendiri. Hal ini terjadi dikarenakan sang ibu tidak memiliki darah ningrat dan menjadi seorang pembantu. Sang ayah bernama Raden Sosroningrat (Deddy Sutomo) yang sangat mencintai Kartini tidak berdaya melawan tradisi yang sudah turun temurun.

Sepanjang perjalanan hidupnya, Kartini berjuang untuk menyetarakan hak bagi semua orang baik ningrat ataupun bukan. Terutama hak pendidikan untuk perempuan. Bersama kedua saudarinya, Roekmini (Acha Septriasa) dan Kardinah (Ayushita), Kartini berjuang mendirikan sekolah untuk kaum miskin dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi semua masyarakat Jepara.