Brilio.net - Film animasi sering kali hanya dianggap sebagai tontonan biasa. Padahal, beberapa film animasi lahir dari kisah nyata. Bahkan beberapa kisah tersebut terasa pilu dan dapat meneteskan air mata.

Tidak hanya itu, film animasi juga ada yang berasal dari kisah perjuangan tokoh atau sebuah peristiwa penting yang diingat oleh banyak orang. Seperti film animasi Mulan yang menceritakan perjuangan prajurit perempuan Tiongkok atau film Battle of Surabaya yang menceritakan sejarah perjuangan pada 10 November 1945.

Nah, film-film sejenis itu bisa menjadi tontonan menarik sekaligus menjadi tontonan yang edukatif. Penasaran apa saja?

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (27/7), berikut 7 film animasi yang terinspirasi dari kisah nyata penuh haru dan perjuangan.

 

1. Luca (2021).

7 Film animasi terinspirasi kisah nyata, penuh sedih dan perjuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

 

Luca merupakan film animasi dewasa yang terinspirasi dari kehidupan Enrico Casarosa, sutradara dari film ini. Premis film ini dibuat setelah Enrico bertemu sahabatnya dan mengalami perubahan sejak saat itu.

Film ini menceritakan petualangan musim panas yang dilakukan oleh Luca Paguro, seorang bocah monster laut yang punya kemampuan mengambil bentuk manusia saat berada di daratan. Ia bersama sahabat barunya, Alberto Scorfano pergi menjelajahi kota Portorosso.

Perjalanan tersebut banyak mengubah pandangan hidup mereka dan membuat mereka lebih bijak menjalani kehidupan. Film ini penuh dengan hal yang inspiratif.

 

2. Onward (2020).

7 Film animasi terinspirasi kisah nyata, penuh sedih dan perjuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

 

Film animasi Onward merupakan film yang diproduksi oleh Disney dan Pixar. Film Onward diadaptasi dari kisah masa kecil Dan Scanlon yang tak lain adalah sutradara film ini.

Saat masih kecil, Dan Scanlon dan kakaknya belum pernah melihat ayahnya karena sudah meninggal saat ia belum genap satu tahun. Ia dan kakaknya pun mengumpulkan semua informasi tentang ayahnya, mulai dari foto, rekaman suara hingga dalam bentuk cerita dari orang terdekat ayahnya.

Film ini menceritakan perjuangan dua orang bersaudara yang mencari ayahnya yang belum pernah dilihatnya. Selain itu, film ini juga menampilkan sosok ibu yang telah menguatkan dua orang bersaudara tersebut.

 

3. Bilal: A New Breed of Hero (2015).

7 Film animasi terinspirasi kisah nyata, penuh sedih dan perjuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

 

Bilal: A New Breed of Hero merupakan film animasi Arab berbahasa Inggris yang menceritakan kehidupan Bilal bin Rabah, muazin pertama dalam sejarah Islam. Bilal dikenal dengan suaranya yang indah, seorang yang kabur dari perbudakan, dan menjadi salah satu sahabat Nabi Muhammad Saw.

Awalnya, Bilal merupakan budak asal Ethiopia yang memilih masuk Islam. Namun, pilihan tersebut ditentang oleh majikannya. Bilal berpegang teguh bahwa ia telah memilih apa yang dianggapnya benar. Penyiksaan Bilal berhenti saat ia dimerdekakan oleh Abu Bakar, salah satu sahabat nabi.

 

4. Battle of Surabaya (2015).

7 Film animasi terinspirasi kisah nyata, penuh sedih dan perjuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

 

Battle of Surabaya merupakan film animasi sejarah Indonesia yang diangkat dari kisah saat perang 10 November 1945. Film ini menceritakan petualangan Musa, seorang remaja tukang semir sepatu, yang menjadi kurir informasi bagi para pejuang dan TKR di Surabaya saat ia mendapatkan informasi bahwa Hiroshima dan Nagasaki telah dibom atom.

Peristiwa tersebut sekaligus menjadi tanpa kekalahan Jepang dan menyerahkan diri kepada Sekutu. Namun, kedatangan Sekutu di Surabaya diboncengi oleh Belanda yang ingin kembali berkuasa di Indonesia. Walau tampil dengan tokoh fiksi, rentetan peristiwa yang ditampilkan dalam film animasi ini merupakan kisah nyata yang ditelusuri.

 

5. Up (2009).

7 Film animasi terinspirasi kisah nyata, penuh sedih dan perjuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

 

Up mengisahkan kehidupan seorang duda tua bernama Carl Fredricksen (Ed Asner) dan seorang anak laki-laki bernama Russell (Jordan Nagai). Ia bersama anaknya berusaha keras untuk mempertahankan rumah yang mereka tinggali di tengah-tengah gedung pencakar langit yang mengimpitnya.

Sebuah peristiwa yang Carl tidak sengaja lakukan membuatnya harus meninggalkan rumah yang telah penuh kenangan mendiang istrinya itu. Namun, ia tetap menolak dan ingin memenuhi janjinya untuk pergi ke Paradise Falls dan mengubah rumahnya menjadi pesawat darurat yang menggunakan ribuan balon.

Kisah Carl ini terinspirasi dari kisah nyata seorang nenek bernama Edith Macefield yang menolak menjual rumahnya meski ditawar mahal hingga USD 1 juta. Di rumah tersebut, Edith menghabiskan masa-masa tuanya sampai akhirnya meninggal pada 2008. Rumah tersebut akhirnya dirawat oleh Greg Pienno, salah satu dari anggota keluarganya.

 

6. Hey Arnold the Movie (2002).

7 Film animasi terinspirasi kisah nyata, penuh sedih dan perjuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

 

Hey Arnold the Movie merupakan film animasi yang diadaptasi dari serial animasi dengan judul yang sama. Cerita Arnold sebenarnya adalah berasal dari kisah nyata seorang anak berusia 9 tahun yang hidup dalam dunia imajinasinya sendiri.

Arnold menderita penyakit Hydrocephalus atau pembengkakan kepala akibat gangguan cairan di dalam otak sehingga ukuran kepalanya tidak sempurna. Tokoh kakek dan nenek dalam film merupakan gambaran kedua orang tua kandungnya di dunia nyata.

 

7. Mulan (1998).

7 Film animasi terinspirasi kisah nyata, penuh sedih dan perjuangan berbagai sumber

foto: imdb.com

 

Mulan merupakan film animasi yang diadaptasi dari prajurit perempuan legenda Tiongkok, Hua Mulan. Selain itu, animasi ini kemudian menjadi sebuah adaptasi live-action yang disutradarai oleh Niki Caro dan dirilis pada 4 September 2020.

Film ini menceritakan pengorbanan anak seorang anak perempuan yang beranjak dewasa untuk menggantikan posisi ayahnya yang wajib ikut perang. Mulan pun berangkat walau tanpa persetujuan keluarganya yang tidak membolehkan perempuan untuk ikut berperang. Mulan juga mulai mengikuti fase latihan prajurit kerajaan dan sampai saat perang berlangsung.