Brilio.net - Film Mariposa merupakan salah satu film yang paling dinanti tahun 2020 ini. Sejak thrillernya rilis, video yang di upload ke YouTube ini telah ditonton lebih dari dua juta kali. Pemerannya pun merupakan aktor dan aktris muda yang tengah naik daun, yakni Angga Yunanda dan Adhisty Zara. Sebelum membintangi Mariposa, keduanya sempat terlibat dalam projek yang sama yakni film Dua Garis Biru.

Film yang tayang pada 12 Maret 2020 ini berfokus pada kisah Acha, seorang siswi pintar yang ambisius dalam banyak hal. Tak terkecuali ketika mengejar cinta. Sejak pertemuan pertama Acha sudah jatuh cinta pada Iqbal, siswa yang pintar namun sangat dingin dan misterius.

Nah jika kamu tertarik menontonnya, fakta-fakta berikut mungkin membuatmu semakin tak sabar menontonnya. Apa saja? Berikut tujuh fakta film Mariposa yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (12/2).

1. Diangkat dari novel populer Wattpad karya Luluk HF.

Fakta film Mariposa © 2020 Instagram/@mariposafilm

Loading...

foto: Instagram/@mariposafilm

Pembaca Wattpad pasti sudah tak asing lagi dengan novel karya Luluk HF berjudul Mariposa. Novel yang telah dibaca lebih dari 103 juta kali di Wattpad ini memang sudah dikabarkan akan diangkat ke layar lebar. Mengetahui hal itu, para penggemar tentu sudah tak sabar untuk menyaksikannya. Film ini akan mengisahkan dua orang remaja yang sama-sama pintar, namun memiliki sifat yang jauh berbeda. Acha adalah gadis periang yang ambisius dan pantang menyerah sedangkan Iqbal adalah pemuda yang dingin dan super cuek.

2. Mariposa berarti kupu-kupu.

Fakta film Mariposa © 2020 Instagram/@mariposafilm

foto: Instagram/@mariposafilm

Mariposa berasal dari bahasa Spanyol yang artinya kupu-kupu. Filosofinya, kupu-kupu akan lari ketika dikejar, namun belum tentu akan menghampiri ketika tidak dikejar. Nah kisah Acha dan Iqbal pun demikian. Acha selalu berusaha mengejar Iqbal meski sempat mendapatkan berulang kali penolakan.

3. Diproduksi oleh dua rumah produksi yakni Starvision dan Falcon.

Fakta film Mariposa © 2020 Instagram/@mariposafilm

foto: Instagram/@mariposafilm

Tertarik untuk mengangkat kisah dalam novel Mariposa, Starvision dan Falcon pun bekerja sama memproduksi film dengan judul yang sama. Tak banyak film Indonesia yang diproduksi oleh dua rumah produksi sekaligus, namun Starvision dan Falcon juga sempat bekerja sama dalam film Buya Hamka sebelum Mariposa.

4. Film kedua yang dibintangi Angga Yunanda bersama Adhisty Zara.

Fakta film Mariposa © 2020 Instagram/@mariposafilm

foto: Instagram/@zaraadhisty

Film Mariposa menjadi film kedua yang dibintangi Angga Yunanda bersama Adhisty Zara. Sebelumnya mereka membintangi film berjudul Dua Garis Biru. Sempat menjad kontroversi, film Dua Garis Biru justru meraih lebih dari dua juta penonton. Film bertema sex education ini juga menjadi film terlaris kedua setelah Dilan 1990. Nah pada tahun 2020 ini, mereka kembali dipertemukan dalam film Mariposa dengan alur cerita dan karakter yang jauh berbeda dari film sebelumnya.

5. Mengadakan open casting.

Fakta film Mariposa © 2020 Instagram/@mariposafilm

foto: Instagram/@mariposafilm

Setelah mengumumkan dua bintang utamanya, Starvision dan Falcon juga mengadakan open casting untuk dua orang pemain. Mereka akan diberi kesempatan berakting dengan Angga Yunanda dan Adhisty Zara. Syaratnya pun cukup mudah, yakni mengupload video di Instagram masing-masing dan menyertakan tagar #CastingFilmMariposa.

6. Digarap sutradara kondang Fajar Bustomi.

Fakta film Mariposa © 2020 Instagram/@mariposafilm

foto: Instagram/@fajarbustomi

Film bergenre romantis ini juga digarap oleh sutradara kondang yakni Fajar Bustomi. Sebelumnya, ia juga terlibat dalam produksi film-film populer seperti Dilan 1990 dan Surat Kecil Untuk Tuhan. Dikutip dari liputan6.com, Fajar Bustomi mengaku bahwa alur ceritanya akan dibuat semirip mungkin dengan versi novelnya. Selain tidak mengecewakan penggemar novelnya, hal ini dilakukan agar cerita Mariposa lebih tergambar secara detail.

7. Zara sudah mengincar peran Acha.

Fakta film Mariposa © 2020 Instagram/@mariposafilm

foto: Instagram/@mariposafilm

Terpilih untuk memerankan tokoh Acha, siapa sangka Zara lebih dulu mengincar posisi tersebut setelah membaca novelnya. "Dulu Mariposa itu hits banget di Wattpad dan senang banget waktu tahu mau difilmin. Aku bilang mau jadi Acha, kalau enggak ditawarin, kita yang nawarin diri aja," kata Zara dilangsir dari liputan6.com. Ia mengaku sanat mengagumi karakter Acha. Meski terkesan genit, namun karakter Acha justru tampak imut dan pantang menyerah ketika menginginkan sesuatu.

8. Memiliki kisah yang menarik denga tokoh yang berkarakter.

Fakta film Mariposa © 2020 Instagram/@mariposafilm

foto: Instagram/@mariposafilm

Tak seperti film-film remaja lainnya, film Mariposa dinilai memiliki kisah yang menarik. Tokoh-tokohnya pun memiliki karakter yang kuat dan masih-masing memiliki ciri khasnya sendiri. Film ini akan mengisahkan tentang perjuangan Acha memenangkan hati Iqbal. Sebelumnya, Acha merupakan siswi pindahan yang terkenal pintar.

Sejak pertemuan pertamanya dengan Iqbal, Acha langsung jatuh cinta dan berusaha memenangkan hatinya. Karena sangat ambisius, Acha terus melakukan berbagai cara agar bisa menarik perhatian Iqbal. Namun upaya Acha tidak selalu mulus. Karakter Iqbal yang dingin dan cuek itu memang mengisyaratkan bahwa ia memang tidak tertarik berpacaran, bahkan merasa terganggu dengan kehadiran Acha.

Reporter: Deta Jauda Najmah

RECOMMENDED BY EDITOR