Brilio.net - Soekarno merupakan tokoh penting yang menjadi salah satu proklamator, selain Mohammad Hatta. Soekarno merupakan tokoh Indonesia yang cukup sering difilmkan karena peran penting yang pernah dibuatnya.

Tidak semua film fokus bercerita tentang Soekarno. Ia beberapa kali tampil sekilas sebagai salah satu pelengkap cerita, tetapi menjadi tokoh penting yang harus ada. Film tentang biografi Soekarno hadir dalam film Ketika Bung di Ende (2013) dan Soekarno: Indonesia Merdeka (2013).

Aktor-aktor tersebut bermain dengan baik memerankan tokoh Soekarno dan menghayati betul bagaimana Soekarno berorasi. Sebab, dari orasinya, Soekarno berhasil dikenal sebagai pemimpin karismatik. Walaupun begitu, tidak semua tokoh tersebut direstui oleh keluarganya. Seperti Ario Bayu yang mengalami penolakan dari keluarga Soekarno, walau ia tetap memerankan tokoh Soekarno sampai film yang dibintanginya selesai.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (18/8), berikut tujuh aktor yang pernah memerankan tokoh Soekarno dalam film.

1. Umar Kayam.

7 Aktor Indonesia perankan Soekarno dalam film berbagai sumber

foto: fimela.com

Umar Kayam tampil menjadi Soekarno dalam dua film lawas yaitu film Djakarta 1966 yang dirilis pada 1982 dan film Pengkhianatan G30S/PKI yang dirilis pada 1984.

Dalam dua film arahan sutradara Arifin C. Noer ini, Umar Kayam tampil dengan cukup baik. Apalagi selain karier keaktorannya, ia cukup mumpuni untuk memahami tokoh Soekarno dari segi pengetahuan yang ia miliki.

2. Tio Pakusadewo.

7 Aktor Indonesia perankan Soekarno dalam film berbagai sumber

foto: soekarno.org

Tio Pakusadewo menjadi pemeran Soekarno dalam film Pantja Sila: Cita-Cita & Realita. Dalam film berdurasi sekitar 78 menit tersebut, ia tampil dengan gaya orasi sang proklamator.

Film yang dirilis pada 2016 itu hanya berisi pidato-pidato Soekarno. Tio mengaku bahwa memerankan tokoh Soekarno dalam film merupakan kebanggaan baginya.

"Untuk film ini, saya latihan paling lama, pengerjaan yang paling sulit. Sampai 3 bulan lamanya, bahkan sampai meditasi gitu di Singapura. Bangga tentu sangat bangga. Tapi bebannya menjadi Bung Karno adalah enggak boleh sembarangan, nggak boleh menyimpang dari figur tersebut," ucap Tio Pakusadewo seperti dilansir dari Fimela.com.

3. Soultan Saladin.

7 Aktor Indonesia perankan Soekarno dalam film berbagai sumber

foto: fimela.com

Soultan Saladin tampil menjadi Soekarno dalam film Gie (2005). Dalam film arahan Riri Riza tersebut, Soultan tampil beradu akting dengan tokoh utama yang diperankan oleh Nicholas Saputra dan beberapa artis lain, seperti Wulan Guritno dan Lukman Sardi.

Dalam film ini, penampilan Soultan tidak diragukan saat memerankan tokoh Soekarno yang saat itu berada di ujung tanduk pemerintahannya.

4. Imam Wibowo.

7 Aktor Indonesia perankan Soekarno dalam film berbagai sumber

foto: fimela.com

Iman Wibowo barangkali salah satu yang cukup sering memerankan tokoh Soekarno sebanyak tiga kali. Penampilan pertama Imam Wibowo sebagai Soekarno tampil dalam film Soegija.

Film arahan sutradara Garin Nugroho tersebut menceritakan peran Albertus Soegijapranata, seorang romo Katolik yang mempunyai peran dalam kemerdekaan Indonesia.

Selain film ini, Imam Wibowo juga tampil memerankan Soekarno dalam film Ruma Maida (2009) dan Sang Kiai (2013).

5. Anjasmara.

7 Aktor Indonesia perankan Soekarno dalam film berbagai sumber

foto: fimela.com

Selain Iman Wibowo, Anjasmara merupakan aktor yang sudah tiga-empat kali memerankan tokoh Soekarno. Namun, penampilan Anjasmara bukan dalam film layar lebar melainkan dalam FTV, panggung wayang, dan panggung teater. Selain itu, Anjasmara juga tampil menjadi Soekarno dalam film dokumenter Pustaka Tokoh Bangsa: Soekarno (2003).

6. Baim Wong.

7 Aktor Indonesia perankan Soekarno dalam film berbagai sumber

foto: fimela.com

Baim Wong tampil memerankan Soekarno dalam film Ketika Bung di Ende (2013). Dalam film ini, mengisahkan pengasingan Soekarno di Ende, Nusa Tenggara Timur. Selain itu, Baim juga memerankan tokoh Soekarno dalam film Jenderal Soedirman (2015) yang dibintangi oleh Adipati Dolken.

7. Ario Bayu.

7 Aktor Indonesia perankan Soekarno dalam film berbagai sumber

foto: liputan6.com

Ario Bayu tampil menjadi Soekarno dalam film Soekarno: Indonesia Merdeka (2013). Film ini merupakan film biografi Soekarno yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Namun, film ini menuai kritik dari keluarga Soekarno, Rachmawati Soekarnoputri yang tidak setuju Ario Bayu memerankan Soekarno.

Bagi Rachmawati, Anjasmara lebih layak untuk memerankan tokoh ayahnya tersebut. Film ini tetap berlanjut walau tanpa dampingan dari Rachmawati sebagai wakil dari keluarga Soekarno.