Brilio.net - Tema yang diangkat pada film Indonesia saat ini semakin beragam. Salah satu tema yang muncul belakangan ini adalah tentang pesantren.

Ada beberapa film Indonesia yang mengambil setting dan cerita tentang pesantren. Meski tak banyak, tapi pesantren dipilih menjadi salah satu latar tempat andalan film-film religi.

Berikut 6 film besutan sineas Tanah Air yang berlatar pesantren, seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (9/3).


1. 3 Doa 3 Cinta.

film pesantren © 2017 istimewa

foto: wikipedia

Film tahun 2008 ini mempertemukan kembali Nicholas Saputra dengan Dian Sastrowardoyo. Film garapan Nurman Hakim ini bercerita tentang Huda (Nicholas Saputra) yang baru saja lulus pesantren di Jawa Tengah.

Saat mencari ibunya di Jakarta, ia malah dipertemukan dengan Dona Satelit (Dian Sastrowardoyo), seorang penyanyi dangdut pemula. Benih-benih cinta di antara mereka akhirnya muncul.

Film ini mendapatkan 7 nominasi Festival Film Indonesia 2008 dan meraih Grand Jury Prize di Vesoul International Film Festival Perancis 2009. Selain itu 3 Doa 3 Cinta masuk seleksi resmi di berbagai festival film international seperti Dubai International Film Festival 2008, Pusan International Film Festival 2009, Goteborg International Film Festival 2009, Asian Pacific Screen Award Australia dan lain sebagainya.

Meski mendapat banyak apresiasi, nyatanya film ini tak populer di pasaran.


2. Perempuan Berkalung Sorban.

film pesantren © 2017 istimewa

foto: wikipedia

Film ini termasuk film religi terlaris pada tahunnya. Bercerita tentang perjalanan hidup Annisa (Revalina S Temat), seorang wanita berkarakter cerdas, berani, dan berpendirian kuat. Kehidupan Annisa di lingkungan pesantren yang konservatif membuat buku-buku modern dianggap menyimpang.

Dalam film ini, diceritakan sosok perempuan yang harus tunduk pada laki-laki. Perempuan juga tak perlu belajar terlalu jauh karena akan menimbulkan fitnah. Film yang diangkat dari novel Abidah El Khalieqy berusaha memotret tradisi konservatif yang diberlakukan kepada wanita.


3. Negeri 5 Menara.

film pesantren © 2017 istimewa

foto: kevinpratama.com

Film yang dirilis 1 Maret 2012 ini bisa dibilang salah satu film bertema pesantren yang cukup laris. Tak lain karena film ini diangkat dari novel populer karya Ahmad Fuadi dengan judul yang sama.

Film ini memotret aktivitas santri di Pesantren Darussalam Gontor, salah satu pesantren dengan sistem pendidikan yang cukup ketat. Dari film ini, penonton pun bisa melihat realitas seperti apa kehidupan para santri.

Film ini menceritakan tentang 5 sahabat di pesantren yang punya mimpi masing-masing. Semangat yang dilecut di Pesantren Gontor membuat mereka termotivasi untuk meraih mimpi masing-masing.


4. Kalam-Kalam Langit.

film pesantren © 2017 istimewa

foto: wikipedia

Film yang dibintangi Dimas Seto, Elyzia Mulachela dan Ibnu Jamil ini mengambil setting di Lombok. Film ini diproduksi untuk menyambut gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-26 di Mataram pada 2016 lalu.

Film ini bercerita tentang Ja'far yang punya suara bagus dan bermimpi ingin jadi juara MTQ. Namun sejak kecil ayahnya menentang Ja'far ikut MTQ karena dianggap memperjualbelikan kalam kalam Illahi hanya demi popularitas dan mendapatkan hadiah semata.

Hingga akhirnya ia hidup di lingkungan pesantren dengan berbagai karakter dan tetap berjuang meraih mimpi kecilnya dan memperjuangkan cintanya.


5. Pesantren Impian.

film pesantren © 2017 istimewa

foto: wikipedia

Film ini diisi pemain-pemain yang sudah cukup dikenal di dunia perfilman Indonesia, seperti Prisia Nasution, Fachri Albar, Dinda Kanya Dewi, Indah Permatasari, dan Deddy Sutomo.

Film ini berkisah tentang 10 orang dengan latar belakang berbeda yang diundang untuk tinggal di pesantren. Sepuluh orang itu menyimpan cerita sendiri-sendiri, mulai yang terlibat kasus narkoba, skandal pelacuran, hamil di luar nikah, hingga polisi yang mencari tersangka pembunuhan.

Hingga pada akhirnya pesantren itu tiba-tiba diserang. Satu per satu orang terbunuh hingga membuat santri di sana ketakutan. Mereka pun harus berjuang mengalahkan teror yang muncul di Pesantren Impian itu.


6. Cahaya Cinta Pesantren.

film pesantren © 2017 istimewa

foto: wikipedia

Film yang rilis Desember 2016 ini mengangkat tema pesantren dengan lebih ringan. Film ini menggaet artis-artis muda seperti Yuki Kato, Febby Blink, Vebby Palwinta, Silvia Blink, Rizky Febian, Elma Theana, Tabah Penemuan, Zeezee Shahab, Fachri Muhammad serta Wirda Mansur.

Mengangkat kisah kehidupan seorang anak nelayan di danau Toba bernama Shila yang akhirnya bersekolah di sekolah swasta sekaligus mondok di pesantren setelah tak lolos di sekolah negeri idamannya. Film ini memotret cerita tentang keluarga, persahabatan, pendidikan, hingga cinta ala anak muda yang sedang puber.