Brilio.net - Tepat pada hari ini Selasa (22/10) diperingati sebagai Hari Santri Nasional. Istilah santri ini memang begitu familiar di Indonesia. Terlebih ada banyak pesantren-pesantren yang hingga kini tetap eksis di dunia pendidikan. Terlintas bahwa santri identik dengan para lelaki yang mengenakan sarung, peci, dan tinggal di pesantren.

Karena kadang harus jauh dari orang tua, biasanya para santri ini akan menghabiskan banyak waktunya di pesantren bersama teman-teman lainnya. Mereka akan bersama-sama belajar tentang agama dan kehidupan.

Dengan fenomena tersebut, nggak heran jika ada beberapa film yang terinspirasi dan mengambil kisah kehidupan santri. Film ini juga menyajikan beragam konflik menarik dengan pembelajaran yang menginspirasi.

Sambil memperingati Hari Santri, nggak ada salahnya kamu coba untuk menonton film-film ini.

Berikut enam film bertema kehidupan santri yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (22/10).

Loading...

1. Perempuan Berkalung Sorban.

film tentang santri © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film Perempuan Berkalung Sorban ini merupakan karya yang banyak mendapat penghargaan di tahun 2009. Dibintangi oleh Revalina S Temat, film ini berusaha memperlihatkan sosok wanita pintar yang berani hidup dalam lingkungan dan tradisi Islam konservatif di sebuah pesantren kecil di Jawa Timur. Siapa sangka, pengalamannya ini justru membawanya melihat kebenaran yang berasal dari Alquran dan Hadits.

2. Negeri 5 Menara.

film tentang santri © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film Negeri 5 Menara menceritakan tentang seorang anak bernama Alif yang terpaksa masuk pesantren. Meski berat hati, pada akhirnya Alif justru menemukan impian terbesarnya lewat pesantren.

Film yang rilis pada tahun 2012 ini dibintangi oleh Gazza Zubizareta, Sakurta Ginting, Lulu Tobing, dan juga David Chalik.

3. Cahaya Cinta Pesantren.

film tentang santri © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film Cahaya Cinta Pesantren menceritakan tentang para santriwati yang terpaksa masuk pesantren dan terus menerus berusaha kabur. Diangkat dari novel populer film ini sudah dirilis pada bulan Oktober 2016 lalu.

Beberapa artis ternama juga membintangi film ini seperti dengan Yuki Kato, Febby Blink, Veby Palwinta, Silvia Blink, Rizky Febian, dan masih lagi.

4. Kalam Kalam Langit.

film tentang santri © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film ini berpusat pada seorang pemuda bernama Ja'far yang mempunyai cita-cita menjadi juara MTQ. Keinginan yang dimiliki oleh Ja'far ditentang oleh ayahnya, hingga dirinya mendapatkan tawaran beasiswa dari sebuah pondok pesantren.

Untuk para pemerannya, film ini dibintangi oleh Elyzia Mulanchela, Dimas Seto, dan Ibnu Jamil.

5. Pesantren Impian.

film tentang santri © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film Pesantren Impian menceritakan tentang beberapa gadis mendapatkan undangan misterius untuk tinggal di pesantren yang lokasinya berada di pondok terpencil yang didirikan oleh Gus Budiman.

Film dirilis pada 3 Maret 2016 ini merupakan film drama-psikologis horor Indonesia. Film ini dibintangi oleh beberapa artis seperti dengan Prisia Nasution, Fachri Albar, Dinda Kanyadewi, dan Indah Permatasari.

6. 3 Doa 3 Cinta.

film tentang santri © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Rilis tahun 2008 silam, film berjudul 3 Doa 3 Cinta lebih mengangkat kisah percintaan yang berada di sebuah pesantren. Berpusat pada dengan seorang santri yang jatuh cinta kepada penyanyi dangdut kampung, film ini dibintangi Dian Sastrowardoyo dengan Nicholas Saputra lho.

RECOMMENDED BY EDITOR