Brilio.net - Dunia perfilman memiliki perkembangan dan perjalanan yang cukup panjang, hingga akhirnya bisa diakui dan disenangi oleh penikmat film. Salah satunya film Bollywood, secara perlahan menunjukkan kemampuan yang cukup signifikan. Kini banyak film-film Bollywood atau India yang menarik untuk disaksikan. Tak melulu semuanya tentang cinta, tema yang diangkat mulai beragam, mulai dari komedi, action dan lainnya.

Perfilman Bollywood sudah hampir menyaingi Hollywood, tak sedikit pula film-film Bollywood tembus box office dan menarik banyak penonton untuk menyaksikannya. Mulai dari biopik, kisah inspiratif, tentang keluarga, dunia pendidikan dan masih banyak lainnya lagi.

Jika dilihat dunia perfilman di Indonesia tidak akan pernah lepas dari tayangan film India. Eksistensi film India dari dulu hingga kini tetap diminati. Hal tersebut terbukti dengan penayangan beberapa film India, mulai dari yang terbaru hingga film lawas di televisi. Selain itu, bioskop-bioskop di Indonesia nggak mau ketinggalan memutar film terbaru dari Bollywood. Film India memiliki daya tarik karena penggabungan cerita dengan nyanyian dan tariannya.

Jalan cerita yang disuguhkan bisa membuat seseorang terinspirasi, sebut saja 3 Idiots, yang mungkin masih diingat sampai sekarang oleh banyak orang.

Nah, berikut ini beberapa film tentang dunia sekolah juga bisa membuat kamu terinspirasi, kisahnya sangat menarik. Apa saja? Berikut 6 film Bollywood tentang dunia sekolah yang alur ceritanya nggak membosankan dan pesannya inspiratif banget, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (29/1).

Loading...

1. Hickhi.

Film India tentang dunia sekolah imdb.com

foto: imdb.com

Hickhi merupakan film yang dibintangi oleh Rani Mukherjee. Film India satu ini bercerita tentang seorang wanita yang memiliki Taurette Syndrome bernama Naina Mathur. Ia memiliki tekat kuat untuk menjadi seorang guru, ia pun melamar ke berbagai sekolah untuk menjadi guru, namun tidak ada satupun sekolah yang mau menerimanya karena penyakitnya tersebut.

Suatu hari, ada sekolah yang yang mau menerimanya namun Naina harus mengajar murid-murid yang terkenal nakal. Ia menerima tantangan itu. Akhirnya Naina Mathur menjadi guru dengan berbagai cobaan. Namun dirinya tak pernah menyerah, dengan kekurangan yang ia miliki ia akhirnya  mempu mengantarkan murid-muridnya pada masa depan yang lebih cerah.

2. Nil Battey Sannata.

Film India tentang dunia sekolah imdb.com

foto: imdb.com

Nil Battey Sannata tak kalah menginspirasi dan bisa membuat penontonnya merasa haru dan sekaligus kembali bersemangat. Film ini menceritakan tentang seorang single mother yang memiliki pendidikan rendah bernama Chanda Sahay. Ia juga merupakan seorang pelayan.

Chanda Sahay memiliki seorang anak bernama Appu yang masih duduk di kelas 10. Anaknya ini memiliki masalah dalam belajar, ia selalu mendapat nilai jelek, bahkan ia tidak memiliki cita-cita. Chanda Sahay  mulai khawatir dengan kondisi anaknya itu, ia pun mencoba untuk mencari solusi dengan mendatangi majikannya yang merupakan seorang dokter.

Majikannya menyarankan agar Chanda Sahay melanjutkan pendidikannya lagi agar sang anak kembali memiliki semangat belajar. Hal ini dilakukan oleh dirinya, ia pun bersekolah lagi dan duduk sekelas dengan anaknya.

3. Taare Zameen Par.

Film India tentang dunia sekolah imdb.com

foto: imdb.com

Taare Zameen Par menjadi film yang mengajarkan kepada penontonnya bahwa keluarga merupakan tempat paling aman bagi siapapun untuk mengadu dan berlindung. Tak hanya itu saja, film ini juga memberi tahu bahwa setiap anak yang lahir ke dunia ini adalah spesial dan benar-benar harus dijaga.

Taare Zameen Par menceritakan tentang seorang anak kelas 3 yang duduk di bangku sekolah dasar bernama Ishaan Nandkishore Awasthi. Ishaan berbeda dari teman-temannya yang lain, Ia tidak bisa mengikuti kegiatan di sekolahnya dengan baik, ia dicap sebagai anak yang bodoh dan nakal. Ishaan juga memiliki kesulitan membaca dan menulis, hal ini lantaran ia tidak bisa mengenal huruf dengan baik.

Suatu hari Ishaan membuat ayahnya menyerah untuk mengurus dirinya. Sang ayah pun berinisiatif untuk memasukkannya ke asrama, hal ini dilakukan lantaran ingin anaknya lebih disiplin. Namu sayang tindakan sang ayah justru membuat Ishaan menjadi anak yang murung, bahkan yang tadinya ia hobi melukis, minatnya untuk itu hilang.

Ishaan beruntung bertemu dengan seorang guru yang memiliki masalah yang sama dengan dirinya ketika masih kecil. Sang gurupun memahami masalah yang dihadapi Ishaan. Ia pun mendapat bimbingan khusus dari sang guru. Perubahan Ishaan membuat sang ayah malu, selama ini ia tak menyadari bahwa tindakannya terlalu berlebihan terhadap anak bungsunya itu. Sistem pendidikan yang dibangun di sekolah benar-benar telihat, mana yang tepat dijalankan dan mana yang seharusnya tidak dilakukan di dalam dunia pendidikan.

4. Chalk n' Duster.

Film India tentang dunia sekolah imdb.com

foto: imdb.com

Chalk n' Duster merupakan film Bollywood yang tidak kalah menginspirasi. Filam yang dibintangi oleh Juhi Cawla ini bercerita tentang dua orang guru bernama Jyoti dan Vidya. Film ini memperlihatkan bagaimana cara mengajar seorang ibu yang bisa membuat murid-muridnya begitu bahagia, bahkan ikatan emosional antara murid dan guru begitu terasa dalam film ini.

Permasalahan mulai terjadi ketika kepala sekolah yang baru memimpin sekolah  tempat Jyoti dan Vidya mengajar. Semua aturan diubah dan membuat guru dan siswa begitu tersiksa. Jyoti dan Vidya tak tinggal diam, ia berusaha mengembalikan keadaan seperti semula.

5. 3 Idiots.

Film India tentang dunia sekolah imdb.com

foto: imdb.com

3 Idiots tentunya sudah menjadi film yang sudah ditonton banyak orang, bahkan tak pernah bosan untuk menontonnya lagi dan lagi. Yap film yang dibintangi oleh Aamir Khan, R. Madhavan dan Sharman Joshi ini menceritakan latar belakang yang berbeda.

Ranchoddas Shamaldas Chanchad atau Rancho dikenal sebagai sosok jenius dan sangat menyukai mesin. Raju berasal dari keluarga miskin yang bercita-cita menjadi insinyur untuk meringankan beban keluarganya. Sementara Farhan yang sebenarnya terpaksa menuruti keinginan ayahnya kuliah di jurusan teknik, padahal ia sangat menyukai dunia fotografi.

Perjuangan mereka bertiga begitu menginspirasi, terutama Rancho yang memiliki pemikiran unik mengenai pendidikan. Baginya belajar dengan cara menghafal tidak akan ada gunanya. Ia justru ingin bagaimana seseorang bisa menciptakan sesuatu yang berguna.

Filam ini benar-benar bisa menginspirasi dan mengubah pandangan seseorang mengenai persaingan dalam pendidikan. Orang akan belajar untuk lebih menghargai toleransi, apresiasi dan saling menghargai, dan tentunya persahabatan.

6. English Vinglish.

Film India tentang dunia sekolah imdb.com

foto: imdb.com

English Vinglish menceritakan seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak bernama Shashi. Tak hanya menjadi ibu rumah tangga biasa saja, ia juga terkadang menerima pesanan untuk membuat manisan. Shashi merupakan sosok ibu dan istri yang begitu tangguh.

Namun sayang, terkadang Shashi diremehkan oleh anak dan suaminya karena tidak bisa berbahasa Inggris, Shashi memang memiliki pendidikan rendah. Suatu hari adik ipar Shashi akan mengadakan pesta pernikahan di New York, dan Shashi diminta untuk membantu acara di sana

Ketika berada di New York, Shashi mengalami insiden yang membuat dirinya merasa malu karena tidak bisa bahasa Inggris, dan hal itu membuatnya mengikuti kursus bahasa Inggris tanpa sepengetahuan keluarganya. Namun siapa sangka, Shashi memberikan tamparan hebat kepada anak dan suaminya, ia membuktikan bahwa dirinya bisa meskipun hanya seorang ibu rumah tangga yang memiliki pendidikan rendah.

Film ini mengajarkan kepada penontonnya, bagaimana sistem belajar dan dukungan antar sesama bisa membuat seseorang jauh lebih berarti. Di dalam kelas, satu sama lain saling mendukung, tidak ada yang ingin bersaing. Akhirnya setiap murid pun bisa mendapatkan hasil dan tujuannya masing-masing.

RECOMMENDED BY EDITOR