Brilio.net - Pertengahan Agustus lalu, tepatnya pada 14 Agustus, sore hari, dunia hiburan Tanah Air dikagetkan dengan wafatnya aktor muda berbakat Ade Firman Hakim di RS Tarakan, Jakarta Pusat. Saat itu kabar simpang siur beredar, Ade Firman meninggal diduga karena terpapar Covid-19. Belakangan, pihak keluarga melalui adiknya, Dai Tirta memberikan klarifikasi bahwa Ade Firman meninggal dikarenakan penyakit asma yang dideritanya. 

Tapi tahu nggak Sobat Brilio, saat itu mendiang Ade Firman baru saja merampungkan perannya di film televisi (FTV) berjudul Senyummu Surgaku yang tayang perdana di platform Vidio.com, hari ini, Sabtu (3/10/2020).

Nah seperti apa kisah dan kenangan karya terakhir mendiang Ade Firman dalam film ini, berikut faktanya yang berhasil dirangkum Brilio.net dari sosial media dan wawancara dengan salah satu pemeran dalam film ini, Widi Dwinanda.   

1. Kisah perjuangan seorang ibu yang harus membesarkan 3 anak

6 Fakta FTV terakhis Ade Firman tayang © 2020 brilio.net

Loading...

FTV produksi Citra Sinema ini berisah tentang perjuangan Habibah (Yessy Gusman), seorang ibu yang harus membesarkan tiga buah hatinya. Karya sutradara Azhar Kinoi Lubis ini dibintangi sejumlah aktor dan aktris top dan bintang muda berbakat di antaranya Yessy Gusman, Deddy Mizwar, Ence Bagus, Masayu Clara, Vizza Dara, Miqdad Addausy, Keinaya Messi Gusti, Widi Dwinanda, dan mendiang Ade Firman Hakim.  

2. Sebuah kenangan terakhir

6 Fakta FTV terakhis Ade Firman tayang © 2020 brilio.net

FTV ini menjadi kenangan tersendiri bagi para pemain dan tim produksi. Sahabat Ade Firman yang juga menjadi lawan main di film ini Widi Dwinanda pun mengunggah poster FTV ini di akun instagram pribadinya.     

“Satu orang ibu bisa merawat 10 orang anak...tapi 10 orang anak belum tentu bisa merawat 1 orang ibu,” tulis Widi.

3. Rencana nobar yang gagal

6 Fakta FTV terakhis Ade Firman tayang © 2020 brilio.net

Dalam unggahan itu, Widi menjelaskan, sejatinya para pemain dan tim produksi berencana akan nonton bareng tayangan perdana ini bersama Yessy Gusman. Namun rencana itu tak bisa terwujud. Ade Firman keburu berpulang.

Ternyata menjadi karya terakhir bekerjasama dengan sahabat kami @adefirmanhakim . Tak ada yang menyangka, secepat ini kehilangan. Di saat kami berencana akan nobar bersama tante @yessy_gusman saat tayang. Tapi Allah berkehendak lain, cinta-Nya pada almarhum melebihi kami yg ada di dunia,” tulis Widi lagi.

4. Lawan main pertama dan terakhir

6 Fakta FTV terakhis Ade Firman tayang © 2020 brilio.net

Widi punya kesan mendalam pada sahabatnya itu. Maklum, Ade Firman adalah lawan main pertamanya di film pendek, Jugun Ianfu. Tapi siapa sangka, Ade Firman sekaligus menjadi lawan main terakhirnya di FTV Senyummu Surgaku. Dalam film ini, Widi berperan sebagai Yuli, sanak sulung Habibah dan Ade Firman memerankan sosok Angga, suami Yuli.  

“Film ini juga punya kesan tersendiri buatku karena merupakan karya terakhir sebagai lawan main almarhum Ade Firman Hakim, banyak kenangan saat menjadi lawan main almarhum saat berkarya, bahkan akting pertama kami berdua pun di film pendek yang sama. Bisa dibilang aku menjadi lawan main akting pertama dan terakhir almarhum Ade Firman Hakim. Sebagai awal dan akhir perjalanan akting almarhum,” ujar Widi saat diwawancara Brilio.net.

5. Serasa keluarga itu nyata

6 Fakta FTV terakhis Ade Firman tayang © 2020 brilio.net

Widi sangat bersyukur bisa memerankan salah satu tokoh di FTV Senyummu Surgaku, karena banyak pesan positif yang bisa ia dapatkan saat memahami peran dan cerita dari film ini. Saat proses syuting, Widi merasa keluarga yang ditampilkan dalam cerita benar-benar ada. Bahkan ia merasa Yessy Gusman menjadi sosok ibu sebenarnya, baik saat syuting maupun di balik layar.

6. Pertanda bendera kuning

6 Fakta FTV terakhis Ade Firman tayang © 2020 brilio.net

Dalam film ini, boleh jadi sudah ada pertanda mendiang Ade Firman akan berpulang untuk selamanya. Ada satu adegan di mana almarhum Ade Firman mengambil bendera kuning dan adegan ini merupakan scene terakhir yang diambil saat syuting. “Adegan Ade pamit, dan kami gak menyangka bahwa setelah itu Ade benar-benar pergi,” kenang Widi.

Widi pun berharap film ini bisa menjadi tontonan yang bermanfaat, memberikan kesan positif sekaligus menjadi bagian rekam jejak karya almarhum Ade Firman Hakim semasa hidup yang akan tetap menjadi kenangan indah.

De, semoga lo senyum ya liat karya ini. Gila de, gue yang jadi lawan main lo untuk acting pertama lo di film pendek dan jadi lawan main lo juga di acting terakhir lo. Bener-bener awal & akhir ya gue jadi lawan main lo. Insha Allah gue selalu inget spirit yg lo kasih, gak boleh nyerah,” ucap Widi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

RALAT PENAYANGAN “Satu orang ibu bisa merawat 10 orang anak...tapi 10 orang anak belum tentu bisa merawat 1 orang ibu” Jangan lewatkan @sinemawajah_official SENYUMMU SURGAKU Sabtu, 3 Oktober 2020 @vidiodotcom produksi @citrasinema sutradara @kinoizky DOP @iqrasembiring_dp pemain : @yessy_gusman @deddy_mizwar @dwinandawidi @adefirmanhakim @miqdadsy @masayuclara @vizzadara @messigusti_ @encebagus_ ___ Karya ini punya kesan tersendiri buatku dan pastinya seluruh pemain juga tim produksi, karena judul ini ternyata menjadi karya terakhir bekerjasama dengan sahabat kami @adefirmanhakim . Tak ada yang menyangka, secepat ini kehilangan. Di saat kami berencana akan nobar bersama tante @yessy_gusman saat tayang. Tapi Allah berkehendak lain, cinta-Nya pada almarhum melebihi kami yg ada di dunia. ____ De, semoga lo senyum ya liat karya ini. Gila de, gue yang jadi lawan main lo untuk acting pertama lo di film pendek dan jadi lawan main lo juga di acting terakhir lo. Bener-bener awal & akhir ya gue jadi lawan main lo. Insha Allah gue selalu inget spirit yg lo kasih, gak boleh nyerah. #sinemawajahindonesia #sctv #ftv #dramaterbaik #citrasinema

A post shared by Widi Dwinanda (@dwinandawidi) on

RECOMMENDED BY EDITOR