Brilio.net - Tak lama lagi, film biopik salah satu pebulutangkis legendaris Indonesia, Susi Susanti akan segera tayang di bioskop Tanah Air. Rencananya, film yang yang disutradarai oleh Sim F itu bakal tayang pada 24 Oktober 2019 mendatang.

Ia akan mengisahkan lika-liku perjalanan hidup Susi Susanti mulai dari awal hingga akhirnya berhasil meraih medali emas di Olimpiade Musim Panas 1992 Barcelona.

Tak hanya melibatkan Laura Basuki sebagai Susi Susanti dewasa dan Dion Wiyoko sebagai Alan Budikusuma. Film ini juga akan menghadirkan Lukman Sardi, Chew Kin Wah, Kelly Tandiono, Rafael Tan, Dayu Wijanto, dan Delon Thamrin.

Loading...

Nah, buat kamu yang sudah tak sabar lagi untuk menyaksikan film ini, yuk simak dulu sejumlah fakta menarik tentang film ini, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (22/9).

1. Laura Basuki latihan badminton berbulan-bulan.

film susi susanti © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@filmsusisusanti

"Persiapannya selama 5 bulan. Saya latihan fisik di sasana setiap Senin sampai Jumat selama 2,5 jam, khususnya melatih kekuatan otot kaki. Setelah itu latihan bulu tangkis selama 2,5 jam. Kalau merasa belum puas, saya latihan bulu tangkis lagi di apartemen sore atau malam," ucap Laura kepada Liputan6.

2. Laura Basuki tak mau lagi lihat raket.

film susi susanti © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@filmsusisusanti

Seusai menjalani proses persiapan dan syuting yang panjang, ibu satu anak ini mengaku langsung menaruh raketnya di gudang. "Pokoknya saya nggak mau melihat raket lagi. Sudah cukup, haha!" seloroh Laura Basuki sembari tertawa.

3. Makna di balik kata 'Love All'.

film susi susanti © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@filmsusisusanti

Kata "love all" dalam judul film Susi Susanti: Love All memiliki arti nol-nol dalam sebuah pertandingan. Dua kata ini dikatakan oleh wasit sebelum pertandingan bulutangkis dimulai.

"Ketika kita memulai sebuah pertandingan ada kata-kata 'Love all' yang artinya nol-nol. Jadi itu mungkin metafora juga di mana ketika kita mulai bertanding kita harus melepas semuanya, nggak ada pressure," ucap Syarika Bralini selaku penulis film biopik Susy Susanti.

4. Laura Basuki anggap Dion Wiyoko sebagai suami sendiri.

film susi susanti © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@filmsusisusanti

Laura Basuki dan Dion Wiyoko sama-sama telah memiliki pasangan di kehidupan nyata. Meski begitu, Laura tidak merasa kesulitan untuk berperan sebagai pasangan Dion di film Susi Susanti.

Ketika berada di lokasi syuting, Laura mengaku telah 'melupakan' apa yang ia miliki di luar lokasi syuting. Lagipula, keduanya pun diketahui telah sering terlibat di banyak film sebagai suami-istri.

5. Film ini sudah direncanakan sejak 6 tahun lalu.

film susi susanti © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@filmsusisusanti

Daniel Mananta selaku produser mengaku bahwa ide pembuatan film ini sejatinya sudah ada sejak enam tahun silam.

"Sebenarnya sudah ada sejak lima atau enam tahun lalu. Berawal dari ide membuat film bertemakan soal cinta negara, Tuhan, orangtua dan olahraga," papar Daniel Mananta.

6. Riset dan penulisan skenario hampir satu tahun.

film susi susanti © 2019 brilio.net

foto: Instagram/@filmsusisusanti

Syarika Bralini salah satu penulis skenario film ini mengatakan bahwa penulisan dan riset untuk film Susi Susanti memakan waktu sekitar satu tahun. Hal ini karena penggalian data yang tidak mudah.

"Penulisannya sih, mungkin hampir satu tahun bersamaan dengan riset juga. Karena tentunya zaman dahulu belum ada internet ya, jadi banyak hal-hal yang harus digali dengan bertemu dengan Ci Susy dan rekan-rekan yang lain. Tentunya kliping-kliping koran zaman dulu cukup sulit digali, jadi satu tahun lah," ungkap Syarika.

RECOMMENDED BY EDITOR