Brilio.net - Jepang seperti tak pernah gagal menarik perhatian dunia lewat karya animasinya. Atau biasa kita sebut dengan istilah anime. Tidak hanya bagi kalangan anak-anak maupun remaja, anime juga banyak digemari oleh orang dewasa lho. Ada berbagai genre anime yang akan mewakili kesukaanmu, mulai dari action, fantasy, adventure, drama, romantic, slice of life, hingga science fiction, dan masih banyak lagi.

Hampir sebagian besar anime adalah adaptasi dari manga. Rumah produksi yang nantinya mengelola pembuatan anime akan memilih manga apa yang layak dan cocok. Pertimbangan ini didasarkan pada alur cerita, pesona tokoh utama, atau dari jumlah pembacanya. Namun siapa sangka, ternyata ada lho anime yang justru lebih sukses mengalahkan manga aslinya.

Pencapaian ini bisa dikatakan mengesankan, sebab hampir semua anime yang sukses juga berawal dari manga yang laris di pasaran. Jadi sudah ada target pembaca dan penonton yang tepat. Meski demikian, tidak aneh juga jika ada anime yang mendapatkan keberhasilan lebih baik dibanding manganya. Biaya produksi yang besar dan tampilan yang lebih nyata, pasti membuat para penonton tertarik untuk mengikuti cerita dalam animenya.

Penasaran anime apa saja? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (20/12) enam anime yang lebih sukses dari manganya.

1. Kimetsu no Yaiba.

Loading...

anime lebih sukses dari manganya © 2019 brilio.net

foto: wallpapercave.com

Anime Kimetsu no Yaiba juga dinilai lebih sukses dari manga aslinya. Sejak anime ini rilis, para penggemar di Jepang menyambut baik dan sangat antusias menyaksikannya. Bahkan karena kepopuleran anime ini, Kimetsu no Yaiba membawa dampak baik bagi manga aslinya. Penjualan manga Kimetsu no Yaiba jadi mengalami kenaikan yang melonjak drastis pada tahun 2019 ini. Jumlahnya pun melampaui manga One Piece yang sudah menjadi manga terlaris selama 11 tahun berturut-turut.

Nah, anime Kimetsu no Yaiba sendiri menceritakan tentang kisah Kamado Tanjirou. Di awal penayangannya, kita akan disuguhkan kisah sedih yang dialami sang tokoh utama. Ia menemukan hampir seluruh anggota keluarganya tewas secara misterius dan mengenaskan. Satu orang yang selamat hanyalah sang adik, Nezuko. Namun keadaan Nezuko juga tidak baik, sebab ia bisa berubah menjadi sosok aneh menyerupai iblis. Tanjirou yang sebelumnya tak percaya mengenai rumor iblis, jadi bertekad untuk menjadi Pasukan Pemburu Iblis dan mengembalikan adiknya menjadi manusia normal.

2. Gintama.

anime lebih sukses dari manganya © 2019 brilio.net

foto: wallpapercave.com

Tamat di tahun 2019 ini, Anime Gintama masih membuat para penggemarnya susah move on. Ada juga yang berspekulasi bahwa Gintama tidak benar-benar tamat dan akan kembali dalam seri terbarunya. Namun belum ada konfimasi lebih lanjut dari Sunrise Studio mengenai hal ini. Anime Gintama mengisahkan tentang samurai bernama Sakata Gintoki. Ia dan teman-temannya membuat "Yorozuya" dan bekerja serabutan untuk membiayai kehidupannya sehari-hari. Ketika menontonnya, kamu akan dibuat terhibur dengan kelucuan sang tokoh utama. Kesuksesan anime ini juga mengalahkan manga aslinya lho. Terbukti, Gintama terpilih sebagai "Best Selling and Top Rating" di Jepang.

3. Initial D.

anime lebih sukses dari manganya © 2019 brilio.net

foto: wallpapercave.com

Jika kamu menyukai hal-hal yang berkaitan dengan mobil dan balapan, anime ini pasti akan membuatmu senang. Anime Initial D mengisahkan tentang pemuda bernama Fujiwara Takumi dan dunia balapan ilegal di Jepang. Ia sering diremehkan karena menggunakan mobil tua saat bertanding. Takumi juga mendapat dukungan dari sang ayah yang ternyata seorang mantan pembalap juga. Tidak hanya aksi balapan yang seru dan menegangkan, anime ini juga punya banyak pesan di setiap episodenya.

Salah satu quotes populer di anime ini adalah "Dewa itu manusia. Manusia yang bisa melakukan sesuatu yang tidak bisa dilakukan oleh orang lain". Kalimat itu bertujuan untuk membangkitkan semangat sekaligus menyatakan bahwa apapun bisa dilakukan jika manusia mau berusaha dan yakin pada dirinya.

Versi manganya sendiri telah tamat pada tahun 2013. Namun Initial D telah dijadikan anime dalam beberapa seri, seperti:

- Initial D Extra Stage dengan jumlah 2 episode

- Initial D Fourth Stage dengan jumlah 24 episode

- Initial D Fifth Stage dengan jumlah 14 episode

- Initial D Final Stage dengan jumlah 4 episode

4. K-On.

anime lebih sukses dari manganya © 2019 brilio.net

foto: wallpapercave.com

K-On adalah anime yang diadaptasi dari manga karangan Kakifly yang diproduksi oleh Kyoto Animation. Kali pertama kesuksesan anime ini ditandai dengan versi bluray-nya yang terjual sebanyak 33000 copy dalam seminggu. Anime K-On pernah tamat pada tahun 2012, namun ia kembali menyapa penggemar dan rilis pada 2018 lalu. Anime ini mengisahkan tentang para gadis yang mengikuti klub musik di sekolahnya. Mereka adalah Yiu, Mio, Ritsu, Tsumugi, dan Azusa.

5. Lupin the Third.

anime lebih sukses dari manganya © 2019 brilio.net

foto: imdb.com

Lupin the Third atau Lupin III juga merupakan anime yang lebih populer dari manga aslinya. Jika ada yang belum tahu, anime ini diadaptasi dari manga karangan Monkey Punch. Mengisahkan tentang cucu dari pencuri legendaris Arsene Lupin. Pada tahun 2014 lalu, Lupin juga dibuat versi live action-nya lho.

6. Kuroko no Basuke.

anime lebih sukses dari manganya © 2019 brilio.net

foto: wallpaperplay.com

Terakhir ada anime Koruko no Basuke yang diadaptasi dari manga karya Fujimaki Tadatoshi. Anime ini bergenre olahraga dan menganggkat kisah tim basket Kuroko dalam menghadapi lawan-lawannya di setiap pertandingan. Meski sudah tamat pada 2015 lalu, nyatanya masih banyak lho yang menunggu Kuroko no Basuke bisa ditayangkan dalam bentuk film.

Reporter: Deta Jauda Najmah

RECOMMENDED BY EDITOR