Brilio.net - Hantu dengan dunia perfilman Indonesia tidak bisa dilepaskan. Mulai dari tuyul, pocong, kuntilanak, dan lain-lain sudah pernah membintangi film Indonesia.

Hantu sering digambarkan sebagai tokoh antagonis dan menyeramkan. Misalnya kuntilanak Suketi dalam film Malam Jumat Kliwon misalnya. Hantu menyeramkan ini diperankan oleh Suzanna pada tahun 1980-an.

Jangan salah, ada juga lho hantu yang baik hati. Dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (2/9), yuk kenalan dengan hantu baik hati tapi kali ini dalam sinetron Indonesia.

1. Jin Jumantini, Cantik-Cantik Kucing Dapur (2017).

Hantu baik Indonesia kapanlagi.com

foto: Instagram/@cckd_antv

Kisah hantu baik ini dimulai ketika Jin Jumantini (Fanny Ghassani) merasuki tubuh Viva (Faradilla Yoshi) gadis penjual pulsa yang pemalu. Tapi berkat bantuan Jin, Viva sekarang menjadi lebih berani dan tidak malu.

2. Om Jin, Jin dan Jun (1996).

Hantu baik Indonesia © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@multivision_plus

Jin dan Jun mengisahkan petualangan Junaidi (Sahrul Gunawan) dan jin yang ditemukannya dalam sebuah botol. Om Jin (M Amin) kemudian mengabdi kepada Junaidi dan berpetualang bersama. Season 2 pemeran Om Jin digantikan oleh Robert Syarief. Om Jin di season 2 mengabdi kepada seorang pemuda bernama Arjuna (Didi Riyadi).

3. Ucil, Tuyul dan Mbak Yul (1997).

Hantu baik Indonesia © 2017 brilio.net

foto: youtube.com

Sinetron komedi ini menceritakan tuyul baik bernama Ucil (Ony Syahrial). Ucil yang sudah tidak mau berbuat jahat ini selalu dikejar oleh utusan raja tuyul. Tokoh Ucil kembali lahir di Tuyul dan Mba Yul Reborn (2016) diperankan oleh Megi Irawan.

4. Kentung, Tuyul dan Mbak Yul (1997).

Hantu baik Indonesia © 2017 brilio.net

foto: Instagram/@mueng_engingeng

Ucil sempat melarikan diri ke pantai dari kejaran utusan raja tuyul. Di sana dia bertemu dengan Kentung (Slamet Djoyo) seorang jin laut. Kentung ikut melindungi Ucil dari kejaran raja tuyul. Akhirnya dia menjadi teman Ucil. Dalam Tuyul dan Mba Yul Reborn, tokoh ini diperankan oleh Roni Dozer.

5. Mariam, Si Manis Jembatan Ancol (1993).

Hantu baik Indonesia © 2017 brilio.net

foto: youtube.com

Hantu cantik dari legenda masyarakat Betawi ini sempat booming di era 90-an. Hantu cantik bernama Mariam ini diperankan oleh Diah Permatasari. Kisah ini dimulai dari Gilang (Ari Wibowo) menjadi korban dari kejahatan dan jatuh koma. Mariam berusaha untuk mengembalikan roh Gilang bersama Karina, sahabatnya. Selain Diah, tokoh Mariam juga pernah diperankan oleh Kiki Fatmala.