Brilio.net - Perfilman Indonesia kini semakin menunjukkan tajinya. Boleh dikatakan, dewasa ini industri perfilman sudah makin berkembang dari masa ke masa. Perkembangan ini dinilai cukup konsisten bila dilihat dari jumlah penonton yang terdata di tahun 2015 sampai 2018. Selama kurun waktu empat tahun terakhir, jumlah penonton film Indonesia terus meningkat.

Dilansir dari berbagai sumber, data jumlah penonton film Indonesia tahun 2015 mencapai 16,2 juta. Angka tersebut meningkat lebih dari seratus persen di tahun 2016, yakni mencapai 34,5 juta penonton. Jumlah penonton terus meningkat dari tahun ke tahunnya hingga 2018. Hal ini sangat membanggakan bagi produser film dan pengusaha bioskop.

Namun dengan jumlah penonton yang terus meningkat bukan hanya semata-mata banyaknya uang mengalir ke pundi-pundi mereka. Hal lain yang dilihat adalah, bahwa masyarakat Indonesia semakin cinta terhadap film produksi anak negeri.

Meningkatnya kecintaan masyarakat terhadap film dalam negeri, ternyata membawa berkah untuk aktor dan aktris. Sederet film yang tayang dan meraih box office membuat nama aktor dan aktrisnya ikut melejit.

Nah berikut sejumlah film yang berhasil melejitkan artis pendatang baru. Film apa saja dan siapa artisnya? Berikut ulasannya dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (9/1).

Loading...

1. Dilan 1990

pendatang baru istimewa

foto: imdb.com

Sejak resmi tayang, film ini berhasil mencuri perhatian penonton Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari raihan jumlah penonton. Film garapan Fajar Bustomi ini berhasil meraup 6.315.664 penonton. Berdasarkan data dari filmindonesia.or.id, Dilan 1990 menempati posisi kedua penonton terbanyak. Tak berhenti di situ saja, film Dilan 1990 behasil memboyong banyak penghargaan.

Dengan berhasilnya film Dilan 1990, maka lahir artis pendatang baru yang kini semakin eksis, yakni Vanesha Prescilla dan Iqbaal Ramadhan. Mereka memperoleh penghargaan sebagai Pemeran Pendatang Baru Terfavorit dan Pemeran Pasangan Terfavorit di ajang IMA Awards 2018.

2. Posesif

pendatang baru istimewa

foto: imdb.com

Film Posesif menjadi film yang banyak disaksikan oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, dari belum tayang di bioskop saja, film ini sudah mencuri perhatian pecinta film dan pengamat film. Film yang disutradarai oleh Edwin itu behasil memborong 10 nominasi Piala Citra di FFI 2017.

Posesif sukses dan mendapat sejumlah penghargaan dan nominasi di acara penghargaan bergengsi, Festival Film Indonesia dan Indonesian Movie Actors (IMA) Awards. Film Posesif juga berhasil melahirkan aktris pendatang baru Putri Marino. Ia berhasil berhasil meraih penghargaan Pemeran Pendatang Baru Terfavorit di Indonesian Movie Actors (IMA) Awards 2018.

3. Dear Nathan

pendatang baru istimewa

foto: imdb.com

Film Dear Nathan merupakan film produksi Rapi film yang menceritakan kisah percintaan anak remaja. Kisah cinta Nathan dan Salma ini berhasil mencuri perhatian pecinta film Indonesia. Bercerita tentang Salma yang kecewa dengan Nathan yang selalu berkelahi. Ditambah lagi, ayah Salma menyukai Nathan yang suka berkelahi. Namun, hubungan mereka kandas dan Nathan harus pindah sekolah.

Film remaja ini berhasil membawa Amanda Rawles menjadi terkenal. Amanda memang terjun ke dunia akting sejak kecil, tetapi namanya semakin bersinar sejak membintangi beberapa film layar lebar. Ia membuktikan bahwa dirinya dapat berakting dengan baik dalam setiap film yang dibintanginya.

4. Sekala Niskala

pendatang baru istimewa

foto: imdb.com

Film Sekala Niskala menjadi film yang begitu menarik untuk disaksikan. Memasuki Bulan Film Nasional yang dirayakan setiap Maret, kabar gembira menyelimuti film Sekala Niskala. Film ini berhasil meraih penghargaan The Grand Prix pada kategori Generation Kplus International Jury di ajang Festival Film Berlinale ke-68 di Berlin, Jerman.

Tentunya hal itu merupakan prestasi yang membanggakan. Pasalnya, belum pernah ada film Indonesia yang berhasil menang di festival film tersebut. Film yang ceritanya berbasis tradisi lokal ini sudah berkeliling dunia sejak akhir 2017 di beragam festival bergengsi.

Tak berhenti disitu, film Sekala Niskala juga membawa kebahagian bagi artis cilik pendatang baru Ni Kadek Thaly. Ia berhasil menyandang predikat Pemeran Anak-anak Terbaik dalam ajang Movie Actors Awards (IMAA) 2018.

5. Pengabdi Setan

pendatang baru istimewa

foto: imdb.com

Film garapan sutradara Joko Anwar ini dinobatkan sebagai Film Horor Terbaik dalam Toronto After Dark Film Festival 2018 di Kanada. Tak hanya itu, Pengabdi Setan juga mendapat penghargaan sebagai Most Scary Film.

Toronto After Dark Film Festival merupakan festival film horor, sci-fi, action, dan kultus yang digelar setiap tahun di Toronto, Kanada. Festival ini menampilkan film-film dari dari Asia, Eropa, dan Amerika Utara.

Berhasil di Tanah Air serta mendapat apresiasi pula di luar negeri, menjadi para pemainnya juga turut naik daun. Sebut saja Ayu Laksmi yang berhasil menghebohkan industri perfilman Indonesia lewat film horor yang dibintanginya tersebut. Perannya sebagai Ibu yang menyeramkan, sukses menyita perhatian penonton. Bahkan ia kini lebih dikenal dengan sebutan Ibu dibandingkan nama aslinya.

RECOMMENDED BY EDITOR