Brilio.net - Tema luar angkasa sering kali didominasi oleh film Hollywood. Mulai dari misi ke bulan, misi ke Mars, hingga misi yang sering mustahil dilakukan oleh manusia juga hadir dalam film Hollywood. Namun, tema luar angkasa bukan milik Hollywood semata. Film India ternyata juga punya tema tentang luar angkasa ini.

Film India tidak selalu saja film tentang kisah romantis ataupun kisah polisi India yang datang tiba-tiba. Ada banyak jenis film India, salah satunya yang berlatar cerita tentang luar angkasa. Film dengan tema ini, tidak terlalu produktif dilahirkan oleh perfilman India. Bahkan, jumlah film dengan latar ini pun bisa dihitung jari.

Walaupun begitu, film ini hadir dan memberikan nuansa lain pada film India yang sering kali hadir dengan film-film romantis. Film-film tersebut mengisahkan perjalanan manusia untuk misi menemukan dan penelitian tentang planet Mars hingga kisah fiksi seperti melawan monster di luar angkasa.

Dilansir brilio.net dari berbagai sumber Selasa (27/7), berikut 5 film India yang mengisahkan misi astronot ke luar angkasa.

Film India tidak terlalu produktif menggarap tema tentang luar angkasa. Film India dengan tema tersebut dapat terhitung jari. Selain itu,

1. Cargo (2019).

5 Film India kisahkan misi astronot, ada Akhsay Kumar jadi tokoh utama berbagai sumber

foto: IMDb

Cargo merupakan film fiksi ilmiah yang menampilkan latar sebuah kapal antariksa yang mempunyai terminal komputer yang sempurna. Selain itu, kapal yang disebut Pushpaj 634A ini, juga dilengkapi dengan penerima telepon. Film ini menceritakan Prahastha (Vikrant Massey), seorang karyawan Layanan Transisi Pasca-Kematian bekerja untuk korporat dari Yama, Dewa Kematian. Dalam pesawat tersebut, ia harus berbagi ruang kerja dengan seorang asisten Yuvishka (Shweta Tripathi) yang dikirimkan bosnya, Nitigya (Nandu Madhav). Mereka bekerja untuk mendaurulang orang yang mati dalam cargo untuk kelahiran kembali dengan cara membuangnya ke luar angkasa.

2. Mission Mangal (2019).

5 Film India kisahkan misi astronot, ada Akhsay Kumar jadi tokoh utama berbagai sumber

foto: IMDb

Mision Mangal menceritakan keterlibatan perempuan dalam proyek luar angkasa India dalam misi Mars Orbiter. Dalam film yang dibintangi oleh Akhsay Kumar tersebut, merupakan kisah nyata tentang peristiwa yang terjadi di ISRO, organisasi penelitian antariksa di India. Film ini mengisahkan keterlibatan perempuan dalam proyek perjalanan manusia bisa terbang ke Mars untuk penelitian.

3. Antariksham 9000 KMPH (2018).

5 Film India kisahkan misi astronot, ada Akhsay Kumar jadi tokoh utama berbagai sumber

foto: IMDb

Antariksham 9000 KMPH mengisahkan kejadian satelit India yang lepas kendali di luar angkasa dan kehilangan koneksi. Satelit tersebut akan menabrak satelit Cina dan akan menyebabkan pemadaman jariangan komunikasi di seluruh dunia. Dev (Varun Tej) dan tunangannya Paaru (Lavanya Tripathi) untuk pergi ke stasiun luar angkasa dan memperbaiki beberapa kesalahan yang terjadi. Namun, saat perjalanan, pesawat mereka kehilangan kendali dan menyebabkan kecelakaan yang menyebabkan Paaru meninggal. Akibat kecelakaan tersebut, ia pun berhenti dari pekerjaan tersebut dan menjadi guru sekolah. Namun, panggilan pekerjaan untuk ke luar angkasa datang kembali. Apakah ia bisa berdamai dengan masa lalunya?

4. Tik Tik Tik (2018).

5 Film India kisahkan misi astronot, ada Akhsay Kumar jadi tokoh utama berbagai sumber

foto: IMDb

Tik Tik Tik barangkali menjadi film pertama India modern yang menampilkan latar misi astronot di luar angkasa. Film ini mengisahkan Vasu yang direkrut oleh Badan Penelitian Luar Angkasa India untuk sebuah misi khusus. Ia dan timnya bertugas untuk menghentikan sebuah asteroid yang bergerak menuju Bumi agar tidak masuk dalam lapisan atmosfer bumi. Apakah Vasu dan teman-temannya berhasil menghentikannya? Sebab, jika tidak dapat teratasi, asteroid tersebut akan membuat ledakan yang cukup besar di bumi.

5. Chand Par Chadayee (1967).

5 Film India kisahkan misi astronot, ada Akhsay Kumar jadi tokoh utama berbagai sumber

foto: Wikipedia

Chand Par Chadayee merupakan film klasik India yang menceritakan peristiwa di luar angkasa. Film ini menceritakan astronot Anand dan rekannya Bhagu saat tiba di bulan. Selama di bulan, mereka harus berhadapan dengan banyak para pejuang yang sudah hidup di bulan dan juga para monster yang datang dari planet lain.