Brilio.net - Di Indonesia, film horor selama ini masih sedikit peminatnya jika dibanding film bergenre romantis. Kemunculan cewek-cewek seksi di beberapa film horor Indonesia membuat penonton kurang nyaman. Meski begitu ada beberapa film horor Indonesia yang sukses besar kok, bahkan berhasil menembus pasar internasional lho, keren ya?

Film horor Indonesia yang sukses ini kebanyakan tayang di acara-acara penghargaan film bergengsi dunia. Berikut daftar lima film horor Indonesia yang berhasil menembus pasar film internasional, Rabu (17/8).

1. Takut: Faces of Fear

film horor sukses © 2016 brilio.net

Film ini merupakan sebuah kompilasi film pendek karya Rako Prijanto, Riri Reza, Ray Nayoan, Robby Ertanto, Raditya Siharta dan The Mo Brothers (Kimo Stamboel dan Timothy Tjahjanto). Film yang dibintangi Lukman Sardi, Eva Celia, Fauzi Badilla ini berhasil ditayangkan di International Film Festival Rotterdam pada tahun 2009.

2. Rumah Dara (Macabre)

film horor sukses © 2016 brilio.net

Sebelumnya, Rumah Dara atau Macabre masuk dalam antologi Takut: Faces of Fear. Kemudian dibuat film utuh dan dibintangi Shareefa Daanish, Julie Estelle dan Shareefa Daanish. Film ini berhasil ditayangkan di Puchon International Fantastic Film Ferstival (PiFan) pada tahun 2009 di Korea Selatan. Bahkan Shareefa berhasil menyabet penghargaan best actreess.

3. Pintu Terlarang

film horor sukses © 2016 brilio.net

Meski kurang laris di dalam negeri, namun film karya Joko Anwar berhasil menembus berbagai festival film internasional. Di antaranya Puchon International Fantastic Film Festival 2009 di Korea Selatan, Bangkok International Film Festival 2009, dan Rotterdam International Film Festival. Bahkan film yang dibintangi Fachri Albar, Marsha Timothy, Ario Bayu ini berhasil dinobatkan sebagai 100 film terbaik dunia versi majalah Sight and Sound Inggris.

4. Modus Anomali

film horor sukses © 2016 brilio.net

Joko Anwar lagi-lagi membuat film horor berkualitas yang dibintangin Rio Dewanto dan Hannah Rasyid. Film ini berhasil tayang di SXSW Austin Film Festival 2012 di Texas, Amerika Serikat. Bahkan film Modus Anomali berhasil mendapat penghargaan Bucheon Award dari Network of Asian Fantastic Film (NAFF) di Korea Selatan.

5. Kala

film horor sukses © 2016 brilio.net

Joko Anwar mungkin bisa disebut sebagai salah satu sutradara film horor terbaik yang dimiliki Indonesia. Salah satu filmnya yang mendapat banyak perhatian internasional adalah Kala. Film yang dibintangi Fachri Albar, Shanty, Fahrani dan Ario Bayu ini diputar di Puchon International Fantastic Film Festival 2007, Hongkong Asian Film Festival 2007, Osia Cinefan Film Festival 2008, Bangkok International Film Festival 2007 dan Vancouver International Film Festival 2008. Bahkan berkat film ini Joko Anwar berhasil meraih penghargaan Jury Prize di New York Asia Film Festival 2007.