Brilio.net - Saat penyanyi atau musisi berada di atas panggung, lampu sorot media massa tidak akan pernah berhenti untuk selalu menyinarinya. Ia akan selalu memperhatikan ke mana pun penyanyi atau musisi tersebut pergi. Tidak hanya itu, kehidupan pribadi mereka pun tak luput untuk menjadi bahan pemberitaan.

Seolah tak ada celah untuk menghindar dari sorotan media massa. Hal inilah yang kemudian membuat mereka hati-hati untuk berperilaku di ruang publik. Sebab, apa pun yang menjadi tingkah mereka, akan menjadi bahan sorotan media massa. Tidak peduli itu baik ataupun hal buruk yang telah dilakukannya.

Walaupun begitu, tidak semua kehidupan penyanyi atau musisi begitu mudah menampakkan diri mereka yang asli saat mereka berada di atas panggung. Tak semua rahasia dibeberkan begitu saja. Oleh karena itu, film dokumenter tentang sosok penyanyi atau musisi tersebut membantu kita memahami sosok yang tak jarang kita idolakan.

Oleh karena itu, dilansir brilio.net dari berbagai sumber Kamis (29/7), berikut 5 film dokumenter kisahkan musisi dunia.

1. Billie Eilish: The World's a Little Blurry (2021)

5 Film dokumenter kisahkan musisi dunia, terbaru Rihanna berbagai sumber

foto: imdb.com

Billie Eilish atau Billie Eilish Pirate Baird O'Connell merupakan penyanyi muda asal Amerika Serikat yang berhasil memikat publik dengan single debut Ocean Eyes pada 2015. Single lagu tersebut kemudian dirilis oleh Darkroom, anak perusahaan dari Interscope Records.

Film dokumenter yang disutradarai oleh RJ Culter ini bercerita tentang proses pembuatan lagu-lagu Billie Eilish. Salah satu fokus utama dari semua lagu yang sudah dibuat adalah lagu-lagu dalam When We All Fall Asleep, Where Do We Go? dan terkhusus untuk lirik lagu Ilomilo yang ada dalam album tersebut. Film dokumenter ini dirilis di bioskop tertentu pada 26 Februari 2021.

2. The Beatles: Get Back (2021)

5 Film dokumenter kisahkan musisi dunia, terbaru Rihanna berbagai sumber

foto: imdb.com

The Beatles: Get Back merupakan film dokumenter yang terdiri dari tiga episode. Film yang disutradarai sekaligus diproduksi oleh Peter Jackson ini menceritakan pembuatan album The Beatles Let It Be pada 1970 atau tahun terakhir The Beatles aktif.

Film ini menggunakan teknik yang pernah digunakan oleh Peter Jackson saat membuat They Shall Not Grow Old (2018) yang mengubah rekaman dengan teknik produksi modern. Film ini menceritakan segala hal yang tidak pernah terlihat di atas panggung dan sesuatu yang kemudian membuat The Beatles bubar setelah melahirkan album.

3. Rihanna (2021)

5 Film dokumenter kisahkan musisi dunia, terbaru Rihanna berbagai sumber

foto: Instagram/@badgalriri

Rihanna merupakan salah satu penyanyi sekaligus artis tersohor di dunia ini. Seperti yang dilansir dari The Guardian, penyanyi asal Barbados, Kepulauan Karibia tersebut akan meluncurkan film dokumenternya. Film ini merupakan proyek lama Rihanna dengan sutradara Peter Berg yang tertunda karena pandemi.

Berdasarkan laporan Berg, ia sudah mengumpulkan lebih dari 1.200 jam rekaman selama lima tahun, dan masih dalam proses pengambilan gambar sampai tahun ini. Film ini direncanakan rilis pada musim panas 2021 ini.

4. Taylor Swift: Miss Americana (2020)

5 Film dokumenter kisahkan musisi dunia, terbaru Rihanna berbagai sumber

foto: imdb.com

Swift: Miss Americana merupakan proyek film dokumenter Taylor Swift yang menceritakan perjalanan hidupnya yang penuh dengan kepolosan dan terbuka secara emosional. Film yang disutradarai oleh Lana Wilson menggambarkan sosok Taylor Swift yang tidak hanya menjadi seorang penyanyi-penulis lagu dan penghibur, tetapi sebagai orang berpengaruh yang punya kekuatan penuh dengan suara. Film ini tayang perdana pada pembukaan Festival Film Sundance 2020 pada 23 Januari 2020 dan menjadi salah satu dari lima dokumenter terbaik pada 2020, menurut National Board of Review.

5. Shawn Mendes: In Wonder (2020)

5 Film dokumenter kisahkan musisi dunia, terbaru Rihanna berbagai sumber

foto: imdb.com

Shawn Mendes: In Wonder fokus pada cerita seputar kehidupan penyanyi-penulis lagu Shawn Mendes. Film yang disutradarai oleh Grant Singer ini menceritakan kehidupan sehari-hari Shawn Mendes saat di rumah maupun di panggung. Selain itu, film dokumenter ini juga menyorot bagaimana Shawn berjuang melawan depresi dan kecemasannya. Film dokumenter ini rilis di Netflix pada 23 November 2020.