Brilio.net - Film adalah hiburan yang sangat banyak dicari saat ini. Apalagi di masa-masa pandemi corona seperti sekarang yang membuat banyak orang menghabiskan waktu di rumah dan mencari alternatif hiburan agar tidak bosan. Film dengan tema percintaan, aksi dan horor adalah beberapa tema yang paling sering disaksikan oleh sebagian besar pencinta film.

Selain tema-tema populer tadi, ada juga tema lain yang ternyata menarik minat pencinta film, salah satunya adalah film dengan tema detektif. Salah satu film dengan tema detektif yang paling populer adalah Sherlock Holmes.

Film tersebut menceritakan tentang seorang detektif yang sangat andal dalam melakukan pekerjaannya sebagai detektif, sekalipun kasus yang harus dia selesaikan adalah kasus yang sangat pelik.

Namun selain Sherlock Holmes, ternyata masih ada film bertema detektif lainnya yang wajib ditonton oleh para pencinta film yang mengandung unsur teka-teki di dalamnya. Apa saja?

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (22/4), berikut 5 film terbaik bertema detektif yang wajib kamu tonton, selain film Sherlock Holmes.

Loading...

1. Searching (2018).

Zaman kecanggihan teknologi sekarang memang banyak memberi kemudahan. Tapi, film ini akan membuat kamu berpikir berkali-kali untuk mengerti. Film ini akan mengajak kamu untuk mengikuti perjalanan seorang ayah, yang diperankan oleh John Cho, mencari putrinya yang hilang.

Uniknya, film ini menggunakan visual tidak biasa. Film ini diceritakan melalui berbagai layar monitor dan aplikasi. Baik PC, smartphone maupun perangkat lain yang terkoneksi internet. Film ini bakal membuktikan bahwa media sosial malah bisa membuat orang yang berdekatan menjadi terasa jauh.

2. Silence of The Lambs (1991).

Pencinta film pasti tahu Jonathan Demme's The Silence of the Lambs is a classic. Jodie Foster berperan sebagai agen FBI yang tengah menyelidiki kasus pembunuhan berantai.

Ketika sudah mulai buntu, Foster menemui Dr Hannibal Lecter, psikopat terpidana kasus pembunuhan berantai. Di sinilah konflik mulai terjadi saat Foster yang awalnya ingin mencoba memahami pola pikir pembunuh berantai melalui keterangan Dr Lecter, malah terjebak permainan psikologisnya.

3. Catch Me if You Can (2002).

Melalui film ini Steven Spielberg berhasil menyajikan film detektif yang mengandung humor melalui karakter antagonis yang diperankan dengan apik oleh DiCaprio.

Film ini bercerita tentang penipu ulung yang menyamar menjadi dokter, pengacara dan bahkan menjadi pilot yang sukses mencuri uang lebih dari 2 juta dolar AS. Yang dilakukannya tentu membuat geram pihak kepolisian. Dan di sinilah tugas FBI dibutuhkan untuk memecahkan kasus ini.

Meski film ini ringan, namun alur ceritanya kuat. Kekuatan film ini juga terdapat pada beberapa humor yang diselipkan di tiap adegannya.

4. Zodiac (2007).

Kasus pembunuhan Zodiac adalah kasus pembunuhan berantai yang benar-benar pernah terjadi di Amerika Serikat dan bahkan menyisakan misteri hingga saat ini. Kasus pembunuhan mengerikan itu terjadi pada akhir tahun 1960-an hingga awal 1970-an.

Film ini berusaha menguak identitas si pembunuh meski kasusnya tidak pernah benar-benar terselesaikan. Sebelum film ini dibuat, sang produser dan sutradara menghabiskan waktu 18 bulan untuk menginvestigasi dan meriset kasus ini.

Film ini menceritakan kisah seorang kartunis yang beralih profesi menjadi detektif amatir yang terobsesi dengan pembunuhan Zodiac. Dalam film ini hadir bintang-bintang Hollywood ternama macam, Jake Gyllenhaal, Robert Downey Jr, dan Mark Ruffalo beradu akting.

5. Spotlight (2015).

Spotlight bercerita tentang para wartawan investigasi koran The Boston Globe yang berusaha menguak suatu kasus yang dianggap tabu. Kasus ini terkait kejahatan pada anak, yang diduga dilakukan oleh pastor gereja.

Film yang berasal dari kisah nyata ini diperankan dengan baik oleh Rachel McAdams dan Mark Ruffalo. Spotlight juga sukses membawa pulang Academy Award tahun 2016 untuk kategori Film Terbaik serta Naskah Orisinil terbaik.

RECOMMENDED BY EDITOR