Brilio.net - Saat ini, industri perfilman dunia terus mengalami perkembangan. Hal ini dibuktikan dengan respons baik dari para penikmat film yang semakin meningkat. Selain itu, kesuksesan karya film juga dinilai dari pencapaiannya dalam ajang penghargaan. Salah satu ajang penghargaan yang cukup bergensi adalah Academy Awards atau lebih kita kenal dengan Piala Oscar.

Ada beberapa kategori dalam Piala Oscar tahun 2020 ini, salah satunya adalah kategori Best Animated Feature. Kategori ini ditujukan untuk film-film animasi yang dianggap sesuai dengan standar yang telah ditentukan dalam Oscar 2020.

Setelah diumumkan secara resmi, nominasi untuk kategori Best Animated Feature pun cukup mengejutkan dan tak terduga. Sebagian besar kritikus film memprediksi bahwa Frozen 2 adalah kandidat terkuat yang akan memenangkan Piala Oscar. Namun pada kenyataannya, film produksi Disney itu justru tidak masuk sebagai nominasi.

Nah, dari seluruh film animasi yang tayang sepajang tahun 2019, hanya ada lima nominasi saja yang terpilih. Apa saja? Berikut lima film animasi yang masuk nominasi Piala Oscar 2020, seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (20/1).

1. How to Train Your Dragon: The Hidden World.

Loading...

Film animasi masuk nominasi Piala Oscar 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film animasi How to Train Your Dragon: The Hidden World berhasil masuk dalam nominasi Piala Oscar 2020. Animasi yang diproduksi oleh DreamWorks ini, kembali dengan kisah Hiccup dan naganya Toothless.

Nah, dalam seri ketiganya ini, Hiccup masih berusaha untuk memimpin Bangsa Viking dan para naga. Ia juga mencari tempat tinggal yang aman bagi para naga.

Selain itu, scene yang cukup menarik perhatian adalah Toothless yang bertemu dan jatuh cinta dengan naga betina. Jenisnya pun dinilai serasi, sebab Toothless adalah jenis Night Fury, sedangkan si naga betina adalah jenis Light Fury.

2. I Lost My Body.

Film animasi masuk nominasi Piala Oscar 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film animasi asal Prancis berjudul 'I Lost My Body' ini mengisahkan tentang tangan yang terputus. Uniknya, tangan itu keluar dari laboratorium dan mencoba mencari pemiliknya.

Tak bisa langsung bertemu dengan anggota tubuh lain, tangan itu juga punya sedikit memori dan ingatannya di masa lalu. Namun pada akhirnya sang tangan berhasil bertemu dengan kekasihnya Gabrielle dan mencoba mengungkap mengapa ia bisa terpisah dengan bagian tubuh pemiliknya.

Meski mengangkat kisah yang cenderung aneh dan tak biasa, namun film ini memiliki banyak scene yang sedih, senang, sekaligus mengharukan. Nah, sebelum masuk nominasi di Piala Oscar, film animasi I Lost My Body ini juga telah berhasil menjadi pemenang Nespresso Grand Prize dalam Festival Film Cannes lho.

3. Klaus.

Film animasi masuk nominasi Piala Oscar 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Menjadi film animasi Netflix untuk menyambut Natal, Klaus dinilai mendulang kesuksesan sejak awal debutnya. Dalam jangka waktu satu bulan saja, film animasi Klaus telah ditonton lebih dari 30 juta kali. Tidak hanya itu, pengerjaan film Klaus juga memakan waktu yang lama dan mengandalkan gambaran tangan dengan sentuhan CGI.

Film Klaus pada awalnya menceritakan tentang seorang pengantar pos bernama Jesper. Karena tak memiliki prestasi di Royal Postage Academy, ayahnya pun mengirim Jesper ke salah satu kota terpencil yang kondisinya penuh es dan sangat dingin.

Penduduk di sana juga terlihat muram dan tak bahagia. Takdir pun mempertemukan Jesper dengan tukang kayu bernama Klaus. Dari Klaus lah, Jesper mengetahui arti sebuah kehangatan dan cinta. Ia menyaksikan sendiri bagaimana Klaus membuat mainan dari kayu untuk dibagikan pada anak-anak.

4. Toy Story 4.

Film animasi masuk nominasi Piala Oscar 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Setelah menampilkan trilogi yang sukses, penggemar dibuat terkejut dengan kehadiran film animasi Toy Story 4. Mulanya, banyak yang berekspektasi bahwa Toy Story 4 tidak akan mengalahkan pencapaian Toy Story 3.

Sebab seri ketiganya dinilai menjadi akhir dari kisah Toy Story yang sempurna, yakni menampilkan Andy dewasa memberikan mainannya pada Bonnie. Scene di mana Andy memainkan semua mainannya untuk terakhir kali juga berhasil menjadi scene pada Toy Story 3 yang paling berkesan.

Meski demikian, Toy Story 4 membuktikan kemampuannya untuk mengimbangi film terdahulu dengan meraih lebih dari USD 115 juta pada awal minggu pertamanya yang tayang di Box Office.

Nah, pada Toy Story 4, ada karakter lama yang kembali muncul yakni Bo Peep dan karakter baru bernama Forky. Film ini mengisahkan bagaimana Woody menjaga Forky, mainan buatan Bonnie. Namun point dalam film Toy Story 4 sebenarnya memperlihatkan bagaimana perubahan sang karakter utama, Woody dan bagaimana nilai sebuah mainan.

5. Missing Link.

Film animasi masuk nominasi Piala Oscar 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Setelah keluar sebagai pemenang di Golden Globe kategori Best Animation Picture, tak heran jika Missing Link juga masuk dalam nominasi Piala Oscar tahun 2020. Film animasi yang diproduksi oleh studio Laika Entertaiment ini dibuat dengan stop motion, yakni teknik menggabungkan jutaan foto dalam bentuk slide show. Ada lebih dari 250 boneka dengan ekspresi berbeda yang menjadi komponen utama dalam film animasi ini.

Nah, film Missing Link mengisahkan tentang Sasquatch berbulu yang bernama Mr Link. Ia ingin menemukan keluarganya yang hilang di lembah Shangri-La. Dibantu Sir Lionel Frost dan Adelina Fortnight, mereka pun melakukan perjalanan dan memulai petualangan yang seru.

Reporter: Deta Jauda Najmah

RECOMMENDED BY EDITOR