Brilio.net - Memasuki bulan Oktober, deretan film horor luar negeri dan dalam negeri siap mewarnai bioskop Tanah Air. Salah satu yang ditunggu para penggemar film horor tentu karya Joko Anwar yang berjudul Perempuan Tanah Jahanam. Film ini sendiri akan mulai tayang di bioskop seluruh Indonesia pada Kamis (17/10).

Sukses dengan Pengabdi Setan yang memiliki cerita seram dan mendebarkan, para penikmat film horor tentu kini dibuat tak sabar untuk menonton karya terbaru Joko Anwar ini. Selain tangan dingin sang sutradara, jajaran bintang ternama yang mengisi daftar pemain juga membuat Perempuan Tanah Jahanam nggak perlu diragukan lagi.

Nama-nama besar seperti Tara Basro, Marissa Anita, Christine Hakim, Ario Bayu, Asmara Abigail, dan lain-lain menunjukkan totalitas akting mereka dalam film ini. Perempuan Tanah Jahanam sendiri bercerita tentang dua sahabat, Maya dan Dini yang berjuang hidup di kota. Maya yang mengetahui bahwa ia mewarisi sebuah rumah di desa tempat asalnya kemudian mengajak sang sahabat ke sana. Di desa tersebut lah cerita dimulai.

Nah, buat kamu yang tertarik untuk menyaksikan Perempuan Tanah Jahanam, ada baiknya nih buat menyimak beberapa fakta menarik tentang film berdurasi 1 jam 46 menit ini. Dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (16/10), berikut lima fakta seputar Perempuan Tanah Jahanam.

Loading...

1. Dipersiapkan selama 10 tahun.

fakta perempuan Tanah Jahanam Instagram & YouTube

foto: Instagram/@jokoanwar

Dari segi persiapan, Joko Anwar tentu nggak mau setengah-setengah dalam membuat film ini. Bukan setahun atau dua tahun, Joko Anwar membutuhkan waktu selama 10 tahun untuk mempersiapkan Perempuan Tanah Jahanam sebelum diproduksi. Bukan tanpa alasan, sutradara film Janji Joni ini memang ingin mematangkan konsep-konsep dari Perempuan Tanah Jahanam.

"Kalau bikinnya zaman dulu pas selesai nulis (2008), secara teknis belum kuat, jadi aku harus mematangkan lagi," ungkap Joko Anwar seperti dikutip dari liputan6.com.

2. Film horor pertama Christine Hakim.

fakta perempuan Tanah Jahanam Instagram & YouTube

foto: Instagram/@jokoanwar

Nama Christine Hakim di dunia perfilman Indonesia memang nggak perlu diragukan lagi. Selama 40 tahun lebih berkarier di dunia film, berbagai karakter dan genre film sukses ia perankan. Meski begitu, Christine Hakim ternyata belum pernah bermain dalam film horor sebelumnya lho. Perempuan Tanah Jahanam sendiri akan menjadi film horor pertama yang dimainkan Christine Hakim di sepanjang kariernya.

3. Lakukan adegan sulit, pembuluh darah Tara Basro pecah.

fakta perempuan Tanah Jahanam Instagram & YouTube

foto: Instagram/@jokoanwar

Menjadi film yang memiliki banyak adegan menantang, para pemain tentu harus siap mengeluarkan kemampuan akting terbaik mereka. Tara Basro yang merupakan pemeran utama pun juga melakukan hal yang sama. Saking totalitasnya, pembuluh darah pada wajah Tara Basro bahkan sampai pecah lho. Pembuluh darah tersebut pecah lantaran Tara harus melakoni adegan digantung terbalik.

"Ketika digantung lumayan empot-empotan. Jadi sangat technical banget. Keamanan diutamakan. Ketika lagi kamera tes untuk digantung dan kita pertama kalinya ternyata pembuluh darahnya pada pecah semua," kata Tara Basro seperti dikutip dari fimela.com.

Meskipun begitu, hal tersebut pun tak sampai menganggu kesehatannya. Pembuluh darah pada wajahnya yang pecah hanya mengakibatkan bintik-bintik merah pada wajah dan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.

4. Lebih seram dari Pengabdi Setan.

fakta perempuan Tanah Jahanam Instagram & YouTube

foto: Instagram/@jokoanwar

Kemampuan Joko Anwar dalam menggarap sebuah film memang nggak perlu diragukan lagi. Kesuksesan Pengabdi Setan yang mengumpulkan 4 juta lebih penonton jadi salah satu bukti nyata. Pengabdi Setan bahkan banyak disebut publik sebagai film horor Indonesia paling seram saat itu.

Namun menurut sang pemain, Tara Basro, Perempuan Tanah Jahanam justru punya atmosfer yang lebih seram dibanding film yang juga ia bintangi tersebut. Tak menjual jumpscare, sisi seram Perempuan Tanah Jahanam lahir dari segi cerita dan suasana yang dibangun selama syuting berlangsung.

"Dari segi cerita, ceritanya menarik banget dan di film ini yang main banyak sekali dan yang main itu bagus-bagus banget jadi harus banget nonton. Terus kalau di Pengabdi Setan kan benar-benar ada setannya, nah kalau di sini tuh setannya malu-malu nyebelin," ungkap Tara seperti dikutip dari liputan6.com.

5. Lokasi syuting di desa terpencil.

fakta perempuan Tanah Jahanam Instagram & YouTube

foto: YouTube/BASE Indonesia

Untuk menunjang keberhasilan cerita dalam Perempuan Tanah Jahanam, lokasi syuting yang dipilih juga nggak setengah-setengah. Demi membangun atmosfer seram, Perempuan Tanah Jahanam melakukan proses di desa terpencil yang berada di kawasan Banyuwangi, Lumajang, Lumbang dan Ijen.

Joko Anwar bahkan sengaja memilih desa terpencil yang aksesnya harus melewati hutan dan jauh dari jalan raya. Lokasi yang dipilih bahkan belum pernah digunakan untuk proses syuting sebelumnya.

RECOMMENDED BY EDITOR