Brilio.net - Film Titane diperankan oleh aktris pendatang baru Agathe Rousselle yang berperan sebagai Alexia, diceritakan mengalami kecelakaan mobil sejak kecil karena kecerobohan ayahnya. Akibat kecelakaan tersebut, kepala Alexia harus ditanam pelat titanium.

Alexia yang bekerja sebagai penari, kemudian mendapat pelecehan dan membuatnya membalas dendam dengan kejam. Setelah kejadian ini, dia pun melarikan diri. Dalam film ini, ia melakukan berbagai cara ekstrem untuk mengubah jati dirinya agar bisa seperti anak lelaki sekaligus agar identitas aslinya tidak terungkap.

Film Titane menggambarkan bagaimana korban kekerasan seksual membalaskan dendamnya kepada orang-orang yang menyakitinya dengan cara paling brutal dan bahkan disebut paling kejam. Karena itu, film ini sama sekali tidak disarankan bagi orang yang punya persoalan psikologis. Film Titane tayang secara legal di KlikFilm pada pertengahan November 2021.

Sebelum menonton film tersebut ada baiknya untuk mengikuti perjalanan film ini hingga bisa tayang di berbagai negara dan berhasil meraih penghargaan bergengsi.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (17/11), berikut 5 fakta film Titane, pemenang Palme d'Or di Festival Film Cannes 2021.

1. Peraih Palme d'Or di Festival Film Cannes 2021.

Fakta film Titane berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Titane tayang perdana di Festival Film Cannes 2021 dan berhasil menjadi pemenang sekaligus peraih Palme d'Or di festival tersebut. Festival Film Cannes merupakan penghargaan bergengsi dalam dunia film internasional yang diadakan setiap tahun sejak 2003. Selain itu, raihan tersebut merupakan karya perempuan pertama yang memenangkan perhargaan solo.

2. Terpilih sebagai perwakilan Prancis untuk Academy Awards ke-94.

Fakta film Titane berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Titane menjadi perwakilan Prancis untuk Academy Award for Best International Feature Film di Academy Awards ke-94. Academy Awards dipersembahkan oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) dan akan memberikan penghargaan untuk film yang dirilis sejak 1 Maret 2021. Acara tersebut akan dijadwalkan berlangsung di Dolby Theatre di Hollywood, Los Angeles, California pada 27 Maret 2022.

3. Diproduksi September 2019.

Fakta film Titane berbagai sumber

foto: imdb.com

Proses produksi film Titane dimulai pada September 2019 saat Vincent Lindon dan Agathe Rousselle bergabung sebagai pemeran utama. Film ini disutradarai oleh Julia Ducournau yang sekaligus menjadi penulis skenario. Syuting awalnya akan dimulai pada April 2020, tapi karena pandemi Covid-19, jadwal tersebut kemudian ditunda. Baru pada September 2020 proses syuting kemudian dimulai dan mengejar waktu untuk ditampilkan di Cannes Film Festival pada 13 Juli 2021.

4. Menerima respons positif.

Fakta film Titane berbagai sumber

foto: imdb.com

Dilansir dari Rotten Tomatoes, film Titane berhasil mendapatkan ulasan positif dari para penontonnya dengan 166 ulasan, dengan rata-rata poin rating 7.80/10 . Bahkan, dalam situs tersebut ada pernyataan yang berbunyi "Sangat provokatif dan orisinal, Titane menegaskan kembali visi penulis-sutradara Julia Ducournau yang sangat mengganggu." Selain itu, Nicholas Barber dari BBC memberi film tersebut empat dari lima bintang dan menyebutnya "film paling mengejutkan tahun 2021."

5. Film psikologis yang mendebarkan.

Fakta film Titane berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Titane merupakan gambaran paling mengerikan tentang dampak kekerasan seksual. Jika pada banyak kasus korban banyak diam karena khawatir disalahkan oleh lingkungan sekitar, tetapi di dalam film ini menampakkan kebalikannya. Tokoh utama utama film ini bahkan memburu pelaku yang pernah menyakitinya dan memperparah kondisinya. Selain itu, Titane menjadi gambaran psikologis yang diliput oleh kesepian akut dengan nuansa fantasi yang liar.

Julia Ducournau sebagai sutradara sekaligus penulis skenario tahu betul arah film ini dan apa saja yang ingin disampaikannya. Walaupun begitu, Titane bukan tipe film yang bikin nyaman dan melegakan.