Brilio.net - Sebagus apapun karya, tidak akan terlepas dari kritik. Bahkan untuk sebuah drama Korea yang memiliki popularitas mendunia, nggak bisa terlepas dari kritikan warganet.

Kritik tersebut muncul karena adanya adegan yang dianggap tidak baik atau membawa dampak negatif bagi penontonnya.

Kritik paling banyak dilemparkan biasanya adegan kekerasan, adegan vulgar, adegan bullying atau adegan lainnya yang mengarah pada perilaku negatif.

Punya rating yang cukup bagus dan banyak penonton, tak menjamin lepas dari kritikan. Meskipun begitu drama-drama tersebut tetap merampungkan penayangannya hingga akhir.

Berikut ini drama Korea yang pernah dikritik karena adegan kekerasan, dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (1/7).

1. Are You Human Too.

drama korea dikritik karena adegan kekerasan Berbagai Sumber

foto: Soompi.com

Drama garapan sutradara Cha Young-hoon ini menceritakan sebuah robot yang berperan menjadi seorang manusia.

Dalam drama tersebut ada adegan dimana Nam Shin (diperankan Seo Kang-joon) menampar pengawalnya, Kang So-bong (Gong Seung-yeon). Hal itu kemudian membuat penonton menganggap adegan tersebut sebagai kekerasan.

Dilansir dari soompi.com, produser Lee Gun-joon mengatakan, "Ini adalah set-up, karakter, dan cerita dalam sebuah drama. Adegan menampar tersebut diperlukan untuk pengaturan. Kami memasukkannya ke dalam cerita karena kami harus menciptakan cara baginya untuk melarikan diri setelah menyebabkan insiden besar. Saya memang berpikir bahwa (penonton) mungkin merasa tidak nyaman dengan ini, tapi adegan itu termasuk struktur cerita."

Lee Gun-joon juga meminta maaf atas kontroversi yang terjadi. Dia memastikan tidak akan menampilkan adegan kekerasan lagi di episode lainnya.

2. Voice.

drama korea dikritik karena adegan kekerasan Berbagai Sumber

foto: Instagram/@sm_artist_1

Drama yang tayang di saluran tv OCN ini memperlihatkan Mo Tae-goo (Kim Jae-wook) menghabisi korbannya menggunakan bola besi. Adegan ini dinilai sangat mengganggu dan akhirnya mendapatkan kritikan dari penonton.

Dilansir dari Soompi.com, Produser Kim Hong-sun mengatakan, "Kami berdebat lama untuk peringkat 15+ dan 19+. Tetapi kami khawatir bahwa jika kami menggambarkan kekerasan hanya secara simbolis, itu mungkin berakhir seperti karikatur. Kami memilih untuk menggambarkan kekerasan secara jujur dan realistis. Kehidupan nyata lebih keras dan kejam daripada TV. Kami mencoba menggambarkan dengan seakurat mungkin pengalaman nyata orang-orang yang telah melalui semua ini."

3. Another Miss Oh.

drama korea dikritik karena adegan kekerasan Berbagai Sumber

foto: Youtube/Kiss Scene Korean Drama

Adegan Park Do-kyung (Eric Mun) mencium Oh Hae-young (Seo Hyun-jin) saat bertengkar menuai kontroversi.

Oh Hae-young yang dipepetkan ke tembok saat dicium, dirasa terlalu memaksa. Dalam adegan tersebut, bibir Oh Hae-young sudah luka sedikit akibat kekerasan yang telah dilakukan.

4. The World of the Married.

drama korea dikritik karena adegan kekerasan Berbagai Sumber

foto: Instagram/@theworldofthemarried2020

Adegan Tae Oh menyerang Dr Ji, mulai dari mencekik hingga melemparkannya sampai terluka, dinilai terlalu berlebihan. Bahkan, sebagian penonton menilai adegan ini terlalu ekstrem, mengingat drama ini mengalami penurunan rating dari dewasa menjadi bimbingan orang tua di episode 6.

5. My Ahjussi.

drama korea dikritik karena adegan kekerasan Berbagai Sumber

foto: asianjunkie.com

Adegan di mana Lee Kwang-il (Jang Ki-young) melakukan kekerasan pada Lee Ji-an (IU) menuai kritik.

Dilansir dari Soompi.com, IU memberi tanggapan bahwa hubungan antar dua karakter tersebut adalah hubungan konflik paling intens dalam drama. Keduanya bertarung dengan sengit, jadi tidak mungkin bisa mencintai seseorang seperti itu.