Brilio.net - Kamu pecinta film India? Kalau iya, pastinya kamu tahu dong, film India identik dengan lagu dan jogetan yang hampir selalu ada dan menjadi bagian menarik yang menyusun satu keutuhan film. Tanpa lagu dan joget, film India ibarat kita nongkrong tapi tanpa teman, sepi.

Film-film India yang akrab dengan generasi 90-an misalnya, seperti Dil To Pagal Hai (1997), Kuch-Kuch Hotahai (1998) sampai seperti film Dilwale (2015) yang lumayan baru dipenuhi lagu dan joget yang memikat penonton. Bukan suatu kebetulan jika film India identik dengan lagu dan joget yang khas tapi masyarakat di India memang sangat akrab dengan musik dan tari.

Kerennya, kemasan lagu dan tari di film India bisa begitu menarik. Lagu-lagunya sangat puitis dengan alunan nada yang bikin ikut manggut-manggut. Dan tentu saja soal tarian, tak perlu diragukan lagi bagaimana setiap film India secara serius mengerjakan koreografinya.

Tapi, perkembangan dunia perfilman rupanya membuat banyak perubahan dalam film India. Kini lagu dan tarian khas India yang penuh dengan kain sari mulai ditinggalkan para sineas. Meski demikian, tak pernah mengubah bagaimana lagu dan joget ala film India sangat melekat di ingatan penonton film India.

Nah, berikut ini 4 alasan kenapa lagu dan joget di film India itu sebenarnya nggak norak sama sekali, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (4/11):


1. Digarap oleh orang-orang profesional.

lagu india nggak norak 1-4 © 2017 brilio.net

Bukan sembarang orang yang menggarap lagu dalam film India. Biasanya aktor dan akrtis film akan melakukan lipsync, sementara lagu dinyanyikan oleh penyanyi profesional. Tapi, tak sedikit juga aktor dan aktris India yang menyanyikan lagu untuk film yang mereka bintangi.


2. Koreografer nggak pernah asal-asalan.

lagu india nggak norak 1-4 © 2017 brilio.net

Pernah nonton sinetron Indonesia yang ikut-ikutan pakai adegan joget-joget dan nyanyi? Tentu saja film India nggak seasal-asalan itu. Tonton deh, bagaimana tarian mereka akan sangat berbeda untuk menggambarkan emosi yang berbeda setiap scene-nya.


3. Lokasi pengambilan gambar yang nggak main-main.

lagu india nggak norak 1-4 © 2017 brilio.net

Untuk menggarap satu lagu dalam film Dilwale misalnya, kru film sampai harus syuting di beberapa negara. Memang tak semua lagu digarap demikian, tapi setidaknya bisa jadi contoh keseriusan penggarapan lagu dan tarian mereka memang nggak main-main kan?


4. Aktor dan aktris yang sangat profesional.

lagu india nggak norak 1-4 © 2017 brilio.net

Semua aktor dan aktris di film India rasanya bisa menari. Mereka bisa menari tradisional sampai modern. Jadi, nggak heran kalau penampilan mereka saat menari di film selalu total. Mereka memang butuh latihan keras untuk menguasainya.

Nah, kalau menurutmu sendiri gimana? Suka film India tetap ada musik dan tariannya, atau malah nggak dikasih juga no problem?