Brilio.net - Serial Power Rangers merupakan salah satu tontonan favorit generasi 90-an. Rasanya belum lengkap jika menghabiskan hari Minggu pagi tanpa menyaksikan aksi para jagoan pembasmi kejahatan ini. Namun seiring berkembangnya waktu, Power Rangers tak lagi ditayangkan di TV.

Setelah 20 tahun lebih tak tayang, Power Rangers dikabarkan akan dibuatkan versi filmnya. Rencana ini tentu bakal mengobati kerinduan para penggemar. Bahkan pihak Lionsgate dan Saban sudah merilis kostum yang akan dikenakan para Rangers di film tersebut.

Tentu kostum versi filmnya bakal berbeda dari sebelumnya yang terlihat lebih athletis layaknya superhero kekinian. Nah, mengingat kembali sekaligus nostalgia, berikut brilio.net bagikan perubahan kostum Power Rangers dari masa ke masa yang dikutip dari IGN, Kamis (12/5).

1. Morphin Power Rangers (1993)



Kostum ini mungkin yang paling terkenal diantara kostum Power Rangers lainnya. Sang kreator Haim Saban harus berjuang selama hampir 10 tahun agar karakter ini ditayangkan. Namun ia akhirnya berhasil meski kesan awal superhero ini unik dan lucu karena kostumnya yang berwarna-warni.

2. Mighty Morphin Power Rangers: The Movie (1995)



Pada saat Power Rangers diangkat ke layar lebar, Ranger Hijau digantikan oleh Ranger Putih. Secara keseluruhan, kostum ini hampir mirip dengan versi sebelumnya. Alih-alih memakai spandex, para Rangers mengenakan baju tempur ringan serta terdapat emblem binatang di dada mereka.

3. Mighty Morphin Power Rangers: Ninjetti (1995-1996)



Power Rangers berkekuatan Ninjetti ini memiliki alur cerita itu yang berlanjut dari serial TV. Di musim ketiga, sang kreator memutuskan untuk mengangkat kembali kisah asal-usul kekuatan yang diperoleh Power Rangers. Kostumnya pun terlihat sederhana namun masih mirip kostum Power Rangers modern.

4. Mighty Morphin Rangers Alien (1996)



Rangers Alien datang ke Bumi ketika Rita Repulsa mengubah para Rangers menjadi anak-anak. Rangers Alien ini bertugas menggantikan sementara para Rangers sebelumnya yang tengah berjuang mengembalikan bentuk tubuh mereka seperti semula.

5. Power Rangers Zeo (1996)



Zeo merupakan kelanjutan dari Mighty Morphin dan menampilkan Rangers baru maupun lama dari seri sebelumnya. Kostum ini sangat mirip dengan versi awal yang menampilkan kembali Ranger Hijau dan meniadakan Ranger Putih dan Hitam.

6. Power Rangers Turbo (1997)



Tidak seperti film Mighty Morphin, Power Rangers Turbo menjadi jembatan antara Zeo dan Turbo. Film ini juga memperkenalkan aktor anak, Blake Foster, yang memerankan Ranger Biru. Di film ini, pemeran aslinya juga digantikan dengan anggota baru, tapi kostumnya tetap sama.

7. Power Rangers in Space (1998)



Serial ini mengisahkan Power Rangers di ruang angkasa dengan aktor dan alur cerita yang berbeda. Meski tak sesukses versi sebelumnya, serial ini cukup diminati para penonton.

8. Power Rangers Lost Galaxy (1999)



Meskipun mengambil sebagian besar set di ruang angkasa, Rangers Galaxy benar-benar didasarkan pada seri Sentai bertema alam, Gingaman. Terlepas apapun itu, Saban memutuskan untuk melakukan gebrakan berbeda yang mungkin terinspirasi kesuksesan In Space.

Nah, berikutnya adalah kostum Power Rangers di era 2000-an awal

2 dari 3 halaman


9. Power Rangers Lightspeed Rescue (2000)



Power Rangers ini merupakan tim pertama yang membuat pakaian dan senjata sendiri. Tidak ada campur tangan magis atau alien. Kemudian, iterasi ini memperkenalkan Titanium Ranger.

10. Power Rangers Time Force (2001)



Kostum Power Rangers Time Force memiliki warna yang sangat mencolok. Karena mereka Rangers penjelajah waktu, serial ini memiliki dua Rangers Merah.

11. Power Rangers Wild Force (2002)



Seperti namanya, Power Rangers Wild Force memakai helm hewan seperti yang digunakan dalam Mighty Morphin dan Lost Galaxy. Serial ini diakuisisi oleh Disney sehingga proses produksinya dipindahkan dari Los Angeles ke Selandia Baru.

12. Power Rangers Ninja Storm (2003)



Tim utama Rangers ini mulanya terdiri dari tiga Rangers. Namun menyusul kemudian Ranger Biru yang diperankan perempuan dan Ranger Kuning yang diperankan laki-laki.

13. Power Rangers Dino Thunder (2004)



Selain menghidupkan kembali tema dinosaurus ikonik dari Mighty Morphin, Dino Thunder membawa kembali Tommy Oliver, yang berperan sebagai Ranger Hijau atau Putih. Awalnya ia berperan sebagai profesor dan mentor tim, Tommy akhirnya memakai kostum Ranger Hitam.

14. Power Rangers S.P.D. (2005)



Power Ranger S.P.D. merupakan semacam polisi masa depan yang melindungi Bumi dari alien jahat. Kostum mereka juga lebih ramping. Terkadang tugas mereka juga dibantu Rangers alien.

15. Power Rangers Mystic Force (2006)



Sifat yang paling jelas dari Mystic Force adalah jubah Ranger yang belum pernah digunakan sebelumnya. Versi ini mungkin terinspirasi superhero pada umumnya yang memakai jubah seperti Superman dan Batman.

16. Power Rangers Operation Overdrive (2007)



Sama seperti Turbo, Operation Overdrive dipengaruhi oleh kendaraan buatan manusia. Oleh karena itu, kostum Ranger ini memiliki unsur kendaraan.


Kostum Power Ranger berikutnya tentu makin keren, KLIK NEXT deh!

3 dari 3 halaman


17. Power Rangers Jungle Fury (2008)



Jungle Fury bisa dibilang memiliki tema utama binatang. Kostum mereka tidak hanya menampilkan helm berbentuk binatang, tetapi terdapat juga tanda satwa liar di setelan spandex mereka.

18. Power Rangers RPM (2009)



Tak hanya mengangkat tema mobil, kostum RPM juga memiliki tema hewan yang menjadikan mereka hybrid dari Turbo dan Mighty Morphin.

19. Power Rangers Samurai/Super Samurai (2011-2012)



Tayang di Nickelodeon, Samurai Rangers adalah Ranger pertama yang ditayangkan lebih dari satu musim sejak Mighty Morphin. Rangers ini terkenal karena memiliki tujuh mode yang berbeda, masing-masing dengan kostum yang berbeda pula.

20. Power Rangers Megaforce (2013)



Megaforce Rangers mirip dengan RPM dengan tema kostum bintang dan mobil.

21. Power Rangers Super Megaforce (2014)



Mirip Super Samurai, Super Megaforce terdiri dari tim yang sama dari musim sebelumnya. Bedanya kostum mereka mengusung tema bajak laut.

22. Power Rangers Dino Charge (2015/16)



Dino Charge merupakan Power Ranger terbaru. Uniknya, tim Power Rangers ini terdiri dari 10 anggota.


23. Power Rangers (2017)



Power Rangers ini merupakan versi film yang rencananya akan ditayangkan pada tahun 2017 mendatang. Terinspirasi dari Mighty Morphin, kostum berat mereka memiliki berlian menyala yang membuat penampilan mereka terlihat elegan dan berkelas.