Brilio.net - Memasuki bulan April tentu saja kita tak akan pernah lupa dengan tanggal 21 April yang terkenal dengan Hari Kartini. Ya, pada tanggal itu seorang pahlawan wanita satu-satunya di Indonesia lahir untuk memperjuangkan emansipasi.

Rupanya, tidak banyak orang yang mengetahui sisi kehidupan seorang Raden Ajeng Kartini. Melalui film besutan Hanung Bramantyo, diangkatlah kisah kehidupan Kartini ke layar bioskop. Film yang memakan waktu riset selama dua tahun ini terinspirasi dari beberapa buku, seperti Habis Gelap Terbitlah Terang dan Biografi Kartini.

"Juga buku dari Pak Pram (Pramoedya Ananta Toer) berjudul Panggil Aku Kartini Saja dan buku itu yang akhirnya membuat angle film kartini seperti ini," kata Hanung dalam konferensi pers peluncuran film Kartini di Plaza Indonesia, Rabu (5/4).

Film kartini © 2017 brilio.net

Melalui film ini, suami dari Zaskia Adya Mecca ini ingin menjadikan sejarah menjadi cerita yang lebih kekinian. "Saya ingin membuat anak muda menikmati film sejarah secara ringan, dengan menggunakan bahasa mereka yang kekinian dan dikemas serenyah mungkin," jelasnya.

Film yang diproduksi oleh Legacy Picture bekerja sama dengan Screenplay Production ini menggandeng aktris dambaan Indonesia, Dian Sastrowardoyo yang menjadi sosok Kartini. Persiapan Dian dilakukan sangat serius untuk memerankan tokoh ikonik Indonesia ini.

Dian mengaku sangat tertarik dengan film ini. Bahkan ia sempat meminta kepada Hanung bermain di film Kartini. Hanung sempat mengatakan bahwa Dian ketuaan menjadi Raden Ajeng Kartini yang usianya 16 tahun. Namun akhirnya Dian dipilih untuk ikut casting film Kartini.

"Bersyukur banget karena sebelum dapat kesempatan pun aku mau berkontribusi jadi apapun karena aku juga ngefans banget sama Kartini," jelasnya.

Artis yang melambung namanya melalui Ada Apa Dengan Cinta ini mengaku menjadi Raden Ajeng Kartini memang bukan tugas yang mudah namun, karena keinginannya yang kuat untuk memerankan peran Kartini ia melakukan berbagai riset dan mendalami peran.

"Memang ini tugas berat, tapi kalau aku mengkhawatirkan malah membuat makin panik dan nggak produktif. Jadi aku lebih mempersiapkan diri," tambahnya.

Film kartini © 2017 brilio.net

Nantinya, film Kartini akan mulai ditayangkan pada 20 April. Tak hanya menghadirkan Dian Sastrowardoyo, film itu juga dibintangi Acha Septriasa, Ayushita, Christine Hakim, Deddy Soetomo, Djenar Maesa Ayu, Nova Eliza, Adinia Wirasti, Reza Rahadian, Denny Sumargo, dan lainnya.