Brilio.net - Film animasi merupakan salah satu hiburan yang cocok untuk berbagai kalangan usia. Tak hanya identik dengan anak-anak, film animasi saat ini juga digemari oleh orang dewasa. Selain menghadirkan karakter unik, film animasi juga memiliki jalan cerita yang tak membosankan. Bahkan beberapa film animasi dianggap memiliki pesan edukasi dan inspiratif.

Dengan segala kualitas film animasi, tak heran jika suatu karya animasi mendapatkan penghargaan. Salah satu ajang penghargaan untuk animasi adalah Annie Awards. Dipersembahkan oleh International Animated Film Association (ASIFA-Hollywood), Annie Awards telah diselenggarakan sejak tahun 1972.

Nah, di tahun 2020 ini, Annie Awards kembali mengapresiasi film-film animasi terpilih yang keluar sebagai pemenang. Dari 23 nominasi, ada 16 film animasi yang berhasil membawa pulang Piala Annie Awards. Apa saja? Berikut 16 film animasi pemenang Annie Awards tahun 2020 dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Jumat (31/1).

1. Klaus.

a © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film Klaus mengisahkan tentang Jesper, pengantar pos yang tak pernah mendapat prestasi di Postal Academy. Ia pun ditempatkan ke pulau terpencil yang dipenuhi es. Dengan suasana yang bergitu dingin, masyarakat di sana juga terlihat muram.

Meski demikian Jesper mendapatkan banyak pelajaran berharga dari orang yang ia temui, yakni Klaus dan Ava. Dikisahkan Klaus sering membuat mainan kayu dan memberikannya pada anak-anak. Hal ini dilakukan karena Klaus ingin anak-anak mendapatkan kebahagiaan.

Nah, film animasi Klaus berhasil memenangkan kategori terbanyak di Annie Awards, beberapa di antaranya:
-Best Animated Feature.
-Best Character Animation in an Animated Feature Production.
-Best Character Design in an Animated Feature Production.
-Best Editorial in an Animated Feature Production.
-Best Directing in an Animated Feature Production.

2. I Lost My Body.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Animasi "I Lost My Body" merupakan animasi asal Prancis yang mengisahkan tentang misteri tangan yang terpotong. Dikisahkan ada sebuah tangan yang terpisah dari anggota tubuhnya dan keluar dari laboratorium. Naoufel berusaha menemukan alasan di balik setiap keanehan.

Berbekal memori ingatan yang samar, ia hanya ingat pada sang kekasih yang bernama Gabrielle. Nah, film animasi yang memiliki kisah inspiratif ini, berhasil memenangkan kategori "Best Animated Feature Independent" dan "Best Writing in an Animated Feature Production" dalam Annie Awards 2020.

3. How to Train Your Dragon Homecoming.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Selanjutnya ada animasi "How to Train Your Dragon Homecoming" yang berhasil menjadi juara Annie Awards pada kategori "Best Animated Special Production". Nah, film animasi ini merupakan sekuel dari tiga film animasi sebelumnya.

Berfokus cerita pada kehidupan Hiccup setelah menikah dan memiliki anak, ia menceritakan semua hal tentang naga kepada anaknya. Tak berpikir bahwa bangsa viking dan naga akan terikat kembali, Toothless justru kembali dengan para naga lainnya bertepatan dengan Festival Snoggletog.

4. Uncle Thomas: Accounting for the Days.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film pendek berjudul "Uncle Thomas: Accounting for the Days"  memenangkan penghargaan Annie Awards dalam kategori "Best Animated Short Subject". Animasi ini mengisahkan tentang Regina yang sangat menghormati pamannya, Thomas.

Melalui sosok Thomas, Regina percaya bahwa setiap orang hebat tak harus menorehkan namanya dan diakui oleh semua orang. Setiap orang mampu membuat kenangan yang luar biasa hingga menjadi hal berkesan bagi orang lain.

5. Bonfire.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Menjadi pemenang dalam kategori "Best Virtual Reality Production", film animasi "Bonfire" mengisahkan tentang keadaan bumi yang tak lagi bisa dihuni karena ulah pengacau. Setelah menabrak plante yang berjarak 300 tahun cahaya, dibuatlah misi untuk menemukan rumah baru bagi para manusia.

6. The Mystical Journey of Jimmy Page's 59 Telecaster.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Seperti judulnya, animasi "The Mystical Journey of Jimmy Page's 59 Telecaster" mengisahkan tentang petualangan dalam tur psyhedelic. Film animasi pendek ini juga menghadirkan quotes asli dari Jimmy tentang gitar ikoniknya dan berhasil menjadi pemenang dalam kategori "Best Animated Television/Media Commercial".

7. Ask The Storybots.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com


Film animasi Netflix berjudul "Ask The Storybots" ini telah memasuki season ke-3 dan memenangkan kategori "Best Animated Television/Media Preschool Children". Menghadirkan karakter lucu bernama Beep, Boop, Bing, Bang, dan Bo.

Animasi Ask The Storybots dinilai sangat edukatif. Sebab para karakter yang ada dalam film akan menjawab pertanyaan anak-anak dengan cara yang asyik. Misalkan saja menjawab pertanyaan tentang bagaimana menggunakan alat-alat tertentu hingga pengetahuan umum.

8. Disney Mickey Mouse.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film animasi yang ikonik ini juga berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori "Best Animated Television/Media For Children" dan "Best Directing in an Animated Television/Media Production".

Animasi "Disney Mickey Mouse" menghadirkan karakter terkenal Disney seperti Mickey si tikus, Mini si tikus, Donal si Bebek, Desy si bebek, Gufi, dan Pluto. Film yang ditujukan untuk anak-anak pra sekolah ini menghadirkan kisah yang ringan namun edukatif lho.

Selain itu, film animasi ini juga berusaha menampilkan karakter baik yang bisa dicontoh oleh anak-anak.

9. BoJack Horseman.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film animasi Netflix "BoJack Horseman" mengisahkan tentang seekor kuda yang sombong karena berprofesi sebagai aktor. Padahal ketenarannya tak lagi seperti dulu. Meski menghadirkan bentuk karakter hewan-hewan yang lucu.

Film animasi ini lebih direkomendasikan untuk remaja dan dewasa. Sebab ada berbagai lelucon yang tidak akan dimengerti anak-anak. Nah, animasi ini berhasil memenangkan kategori "Best General Audience Animated Television/Media Production" dalam Annie Awards 2020.

10. The Fox & Pigeon.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film animasi yang memenangkan penghargaan kategori "Best Student Film" ini mengisahkan tentang Fox dan Pigeon. Kedua karakter tersebut jadi peran dari buku cerita. Mereka terus melakukan apa saja yang diperintahkan oleh sang narator. Hingga pada akhirnya, mereka harus bertarung satu sama lain. Tak ingin mempertaruhkan nyawanya, Fox dan Pigeon pun mencoba membuat cerita mereka sendiri.

11. Love, Death & Robots.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film animasi "Love, Death & Robots" merupakan film animasi yang tergolong unik karena menggabungkan berbagai genre menjadi satu, seperti horor, thriller, sci-fi, dan fantasi. Karena itulah, film ini memiliki kisah yang tak mudah ditebak.

Film animasi ini disebut-sebut sebagai animasinya "orang cerdas" karena tak bisa langsung dimengerti jalan ceritanya. Meski demikian, film animasi ini berhasil mendapatkan penghargaan pada kategori "Best Animated Effects in an Animated Television/Media Production".

12. Frozen 2.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film sekuel dari animasi populer "Frozen" ini juga mendapatkan penghargaan Annie Awards kategori "Best Animated Effects in an Animated Feature Production" dan "Best Voice Acting in an Animated Feature Production" untuk Josh Gad yang mengisi suara Olaf.

Nah, dalam film "Frozen 2", kisah akan berpusat pada Elsa yang berusaha melindungi kerajaan. Ia juga menyusuri hutan ajaib dan mengungkap darimana asal mula kekuatan yang ia miliki.

13. Unruly Heroes.

Meski berawal dari video game, "Unruly Heroes" akhirnya menghadirkan kisah dalam bentuk animasi yang menarik. Nah, animasi ini bertujuan untuk menjadi pengantar dalam game sekaligus pengenalan tiap karakter.

Salah satu karakter yang cukup menarik perhatian adalah si raja kera yang aktif dan gesit dalam bertindak. Dengan demikian, tak heran jika "Unruly Heroes" mendapatkan penghargaan pada kategori "Best Character Animation in Video Game"

14. Carmen Sandiego.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Diadaptasi dari serial animasi Amerika berjudul "Where on Earth Is Carmen Sandiego", film animasi Netflix ini kembali diremake dengan kisah yang lebih segar berjudul "Carmen Sandiego". Film animasi ini mengisahkan tentang seorang gadis yang menjadi pencuri ulung.


Hasil curian justru tidak digunakan untuk kesenangan, gadis tersebut membagikannya pada orang lain yang kesusahan. Carmen Sandiego tergolong dalam film animasi pendidikan. Film tersebut berhasil memenangkan penghargaan kategori "Best Character Design in an Animated Television/Media Production".

15. Bob's Burger.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Animasi "Bob's Burger" merupakan animasi yang berpusat pada keluarga Bob yang ingin meraih kesuksesan lewat restoran burger. Selain kisah keluarga yang menginspirasi, film animasi ini juga menghadirkan unsur komedi yang menghibur. Nah, dalam Annie Awards, Jon Benjamin yang mengisi suara Bob memenangkan penghargaan kategori "Best Voice Acting in an Animated Feature Production".

16. Tuca & Bertie.

Film animasi pemenang Annie Awards 2020 © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film animasi "Tuca & Bertie" merupakan animasi dewasa Netflix yang cukup populer. Sering disebut mirip dengan animasi "BoJack Horseman", animasi ini juga menggunakan karakter hewan-hewan antropomofis yang hidup berdampingan.

Namun karakter utama yakni Tuca dan Bertie memiliki sifat yang berbeda. Tuca adalah si extrovert sedangkan Bertie adalah si introvert. Nah, film animasi ini mendapatkan penghargaan kategori "Best Writing in an Animated Television/Media Production".

Reporter: Deta Jauda Najmah