Brilio.net - Asianwiki merupakan sebuah situs blog seperti IMDb yang menghimpun hampir seluruh arsip data film atau drama Korea. Baik yang sudah tayang, ongoing, atau yang sudah bertahun-tahun sudah selesai. Di Asianwiki, seluruh drama Korea bisa dinilai langsung oleh para penggunanya.

Di Asianwiki, drama Korea bergenre romantis menjadi salah satu yang paling dipilih dan mendapat rating tertinggi. Sampai saat ini, ada beberapa judul favorit yang sulit sekali digeser walaupun sudah bertahun-tahun selesai tayang.

Drama yang masuk dalam daftar tersebut dijamin menjadi drama Korea yang tak mengecewakan dan menjadi drama Korea yang menghadirkan cerita menarik. Capaian tersebut membuktikan bahwa drama tersebut masih disambut dan mendapatkan dukungan yang cukup meriah dari para penggemar drama Korea.

Dirangkum brilio.net dari Asianwiki dan berbagai sumber Senin (3/1), berikut 15 drama Korea dengan rating tertinggi di Asianwiki, banyak dukungan

1. The Heirs (2013).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

The Heirs mengisahkan penolakan Kim Tan yang diperankan oleh Lee Min-ho saat hendak dijodohkan dengan Rachel Yoo yang diperankan oleh Kim Ji-won, walaupun sama-sama berasal dari keluarga konglomerat. Perjodohan tersebut menjadi salah satu langkah keluarga besar untuk menyelamatkan dan mewarisi kerajaan bisnisnya.

Namun, sejak Kim Tan menolak, hubungan ini pun tak berlanjut dan punya cerita yang lain. Mereka berdua sama-sama mempunyai orang lain yang dicintainya.

2. Guardian: The Lonely and Great God (2016).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Guardian: The Lonely and Great God atau Goblin menjadi salah satu drama romantis yang penuh dengan kejutan. Goblin dimulai dengan eksekusi dari seorang jenderal militer.

Sebagai hukuman bagi tentara yang dia bunuh, Kim Shin dikutuk dengan kehidupan abadi. Satu-satunya yang dapat mematahkan kutukan tersebut adalah seorang wanita muda yang muncul 900 tahun kemudian yang ditakdirkan untuk menjadi "pengantin" goblin.

3. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Moon Lovers: Scarlet Heart Rye mengisahkan saat Go Hae-jin terlempar ke masa lalu saat gerhana matahari total. Ia terbagun dalam tubuh seorang Hae Soo yang hidup saat Dinasti Goryeo masih berdiri pada 941 M. Hae Soo merupakan salah satu pangeran dari keluarga Wang yang berkuasa dan selama pemerintahan Raja Taejo.

Moon Lovers merupakan drama Korea yang menggabungkan perjalanan waktu dan reinkarnasi sehingga Hae Soo mengetahui takdir para pangeran dan ia mencoba mengubah jalannya sejarah. Drama ini ditutup dengan plot twist yang sama sekali tak terduga dan membuat para penonton ikut merasakan hal pilu yang dialami Hae Soo.

4. Descendants of the Sun (2016).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Descendants of The Sun mengisahkan Yoo Si-jin yang menjadi pimpinan pasukan elite fiksi dari Batalion Misi Khusus ke-707 di Korea Selatan. Ia dikenal sebagai orang yang tak peduli dengan politik perang negaranya. Ia hanya percaya dan melindungi semua orang yang membutuhkan bantuan, membela negaranya, dan membela kehormatan anak buahnya.

Si-jin kemudian bertemu dengan Dokter Kang Mo-yeon yang menjadi pasukan dokter militer dan menjalin hubungan yang intens dengannya. Di tengah ketegangan perang, mereka perlahan menjadi hubungan romantis dan membuat drama ini menjadi salah satu drama action-romantis yang cukup legendaris.

5. W: Two Worlds Apart (2016).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

W: Two Worlds Apart mengisahkan seorang dokter dari dunia nyata tersedot ke dalam webtoon hit "W" dan bertemu dengan karakter utama, yang mengarah ke berbagai peristiwa. Di dalam webtoon tersebut, ia kemudian melihat semua orang berlomba dan bahkan saling adu senjata. Ia kemudian bertemu dengan putri ilustrator Oh Yeon-joo (Han Hyo-joo) yang tidak sengaja juga masuk dalam komik.

6. My Love From the Star (2013-2014).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

My Love from the Star mengisahkan Do Min-joon (Kim Soo-hyun) seorang alien yang mendarat di bumi pada masa Dinasti Joseon. Ia terdampar di bumi ditinggalkan oleh kawanannya setelah menolong seorang gadis. Ia terdampar di bumi selama empat abad dan tampil sebagai manusia biasanya. Setiap sepuluh tahun sekali, ia harus berganti profesi.

Ia pernah jadi dokter, astronom, pengacara, dan bankir, dan sekarang bekerja sebagai profesor perguruan tinggi. Tahun demi tahun, dari era ke era, sudah ia rasakan semua jenis pekerjaan hingga Korea sampai di era modern.

Sampai kemudian Min-joon bertemu dengan Cheon Song-yi (Jun Ji-hyun), seorang anak sekolah yang angkuh dan terkenal di media sosial karena sikapnya. Pertemuan tersebut membuat Min-joon tak lagi merasa kesepian karena kehadiran Song-yi.

Walaupun berusaha untuk jauh dari Song-yi, Min-joon sadar bahwa hal itu tidak bisa lakukan karena ia sudah terlanjur sayang kepada Song-yi.

7. Shopaholic Louis (2016).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Shopaholic Louis merupakan drama komedi romantis yang mengisahkan Louis, seorang pewaris kaya yang selalu menghabiskan uang untuk membeli segala sesuatu yang memiliki keindahan halus yang seolah berbicara kepada jiwanya. Suatu hari dia kehilangan ingatannya dan bertemu Bok-shil, seorang wanita desa yang energik.

Awalnya Bok-shil terkejut dengan kebiasaan belanja Louis. Bok-shil kemudian mengajari Louis untuk hanya membeli kebutuhan pokok atau barang-barang kecil murah. Selain itu, ia mengajari bahwa kebutuhan pokok setiap orang tidak sama dan punya nilai yang berbeda.

8. The Legend of the Blue Sea (2016-2017).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

The Legend of The Blue Sea berkisah saat Shim Cheong (Jun Ji-hyun), seorang putri duyung datang ke kota dan bertemu dengan Heo Joon-Jae (Lee Minho), seorang pria yang terlihat persis seperti bangsawan yang menjadi cinta pertamanya dan satu-satunya dari era Joseon. Namun, Shim Cheong tidak memiliki tempat tinggal di kota dan akhirnya ia tinggal bersama Joon-Jae.

Saat Shim Cheong yang naif bertahan dari dunia modern yang rumit dan keras, drama ini juga memperlihatkan kisah cinta Shim Cheong dari era Joseon. Selain plot dan romansanya, The Legend of The Blue Sea juga menyuguhkan humor renyah yang dapat membuat siapa pun tertawa.

9. Hundred Million Stars From the Sky (2018).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Hundred Million Stars From the Sky atau juga dikenal dengan judul The Smile Has Left Your Eyes mengisahkan Kim Moo-young, seorang pria misterius dan kompleks dengan masa lalu yang terlupakan. Ia kemudian bertemu dan jatuh cinta dengan Yoo Jin-kang yang awalnya punya kesan negatif kepadanya.

Namun, Yoo Jin-gook, kakak Jin-kang, yang berprofesi sebagai detektif pembunuhan selama 27 tahun selalu menaruh curiga bahwa suami adiknya terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan yang selama ini belum terbongkar siapa pelakunya.

10. The Master's Sun (2013).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

The Master's Sun merupakan drama Korea komedi romantis dengan balutan kisah horor. The Master's Sun mengisahkan sosok Joo Joong-won (So Ji-sub) adalah CEO Kingdom yang dingin, konglomerat yang mencakup department store dan hotel besar. Dia bertemu dengan Tae Gong-shil (Gong Hyo-jin) yang muram dan mulai melihat hantu setelah kecelakaan.

Hidup mereka mendapat giliran baru saat mereka menemukan setiap kali Gong-shil menyentuh Joong-won, hantu yang mengelilinginya menghilang. Drama ini mengisahkan kisah cinta Gong-shil dan Joong-won yang dipenuhi dengan teka-teki tentang hantu yang aneh, tapi lucu.

11. Flower of Evil (2020).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Jika mencari adegan yang sangat emosional satu demi satu, maka drama Korea Flower of Evil adalah pilihan terbaik. Pernikahan yang tampaknya sempurna mulai berantakan saat kehidupan masa lalu Baek Hee-sung (Lee Joon-gi) sebagai suami terungkap.

Di episode 10, Cha Ji-won (Moon Chae-won) melampiaskan emosinya. Dia mengungkapkan dia tidak tahan lagi. Ji-won benci saat melihat dirinya sendiri berusaha keras untuk menyenangkan suaminya.

Pada suatu waktu, Ji-won pun mengatakan apa yang sebenarnya ia rasakan bahwa ia tak lagi mencintai Hee-sung, suaminya. Ji-won benci bahwa berkata jujur kepada suaminya tersebut adalah satu-satunya cara untuk memberitahu suaminya. Di akhir drama, Flower of Evil berhasil menampilkan sebuah klimaks dari deretan cerita yang akhirnya pada perpisahan paling menyedihkan.

12. Pinocchio (2014-2015).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Pinocchio merupakan drama Korea romantis yang mengisahkan Choi In-ha, yang punya sindrom pinocchio atau saat ia berbohong mengalami cegukan parah yang tak bisa diatasi dengan minum air. Drama ini menampilkan realitas media massa bekerja di Korea Selatan yang penuh dengan manipulasi.

Jika ingin menguasai opini publik, maka kuasai media massa menjadi jalan yang tepat. Selain itu, drama ini sangat cocok ditonton oleh mahasiswa jurusan Komunikasi dan juga para pengiat jurnalistik seperti wartawan.

13. City Hunter (2011).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

City Hunter merupakan drama Korea yang diadaptasi dari serial manga karya Tsukasa Hojo dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan Lee Yoon-sung, lulusan MIT berbakat yang bekerja sebagai tentara yang ada di tim komunikasi internasional di Blue House.

Ia berencana membalas dendam pada lima politisi yang menyebabkan kematian ayahnya, Lee Jin-pyo. Ia akhirnya menjadi "Pemburu Kota" yang takkan melepaskan targetnya begitu saja. Namun, saat menjalankan misinya, ia bertemu Kim Na-na yang menjadi pengawal anak presiden sekaligus sosok pujaan hatinya.

14. Weightlifting Fairy Kim Bok-joo (2016).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

Weightlifting Fairy Kim Bok-joo merupakan drama Korea yang mengisahkan Kim Bok-joo, seorang wanita muda yang mengejar mimpinya sebagai atlet angkat besi di kampus perguruan tinggi atlet. Di tempat tersebut, ia naksir Jung Joon-hyung yang sering menggoda dan juga membantunya.

Joon-hyung adalah kakak sepupu dari Jung Jae-yi yang tak lain adalah teman Bok-joo. Drama ini menampilkan kisah cinta segitiga sekaligus perjuangan para calon atlet saat mereka berada di sebuah perguruan tinggi yang dihuni para calon atlet.

15. The K2 (2016).

Drama Korea di Asianwiki berbagai sumber

foto: imdb.com

The K2 menceritakan tentang kisah cinta bodyguard dengan majikannya. Ji Chang-wook berperan sebagai Kim Je-ha seorang mantan tentara bayaran untuk PMC Blackstone yang ditugaskan di Irak. Kemudian ia dijebak dan dituduh telah membunuh pacarnya Raniya, oleh beberapa orang yang kejam.

Ia pun melarikan diri ke Korea. Untuk membuktikan dirinya tidak bersalah ia terus mencari bukti. Di Korea Chang-wook bertemu dengan dan bekerja untuk Choi Yoo-jin, seorang pemilik perusahaan ternama di JSS fan calon istri presiden, Jang See-jon.