Brilio.net - Banyak film kerap melambungkan nama sang aktor berkat adanya adegan yang tak terlupakan.  Adegan tersebut bisa berdasarkan naskah yang sudah direncanakan maupun hasil spontanitas dari sang aktor itu sendiri.

Uniknya, ada sejumlah adegan legendaris pada film-film terkenal yang ternyata hasil improvisasi si aktor. Hal itu membuktikan bahwa sesuatu yang hebat itu terkadang datang dari hal yang tidak direncanakan alias dadakan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (31/5), berikut 15 adegan film terkenal yang rupanya hasil improvisasi spontan dari sang aktor.

1. Zoolander (2001).



Dalam salah satu adegan, Zoolander secara tak sengaja bilang, "Mengapa model laki-laki?" Ia lupa kalimat berikutnya sehingga mengulangi kata-kata itu. Duchovny pun merespons, "Apakah Anda bercanda? Saya hanya mengatakan kepada Anda seperti semenit yang lalu." Adegan tersebut berakhir kocak. Stiller berhasil mengubah kesalahannya menjadi salah satu bagian paling lucu dari film Zoolander.


2. The Dark Knight (2008)



Dalam film Batman The Dark Knight, Joker bermaksud untuk pergi meninggalkan rumah sakit saat terjadi ledakan. Alih-alih meneruskan langkahnya, ia melakukan improvisasi dengan menoleh dan tersenyum melihat kondisi ledakan.


3. 40 Year Old Virgin (2005)



Sebuah adegan dalam film ini memperlihakan dada Steve Carell sedang dilakukan waxing. Uniknya, adegan tersebut benar-benar nyata. Alasannya, Steve ingin rasa sakit yang sesungguhnya saat waxing.



4. The Godfather (1972)



Dalam sebuah adegan, Marlon Brando menghukum seorang pria sebagai pembalasan atas pemukulan anak perempuan. Adegan tersebut ternyata tidak ada dalam naskah.


5. Raiders of the Lost Ark (1981)



Di film Raiders of the Lost Ark, Indiana Jones seharusnya mendekati pria berbaju hitam itu untuk berkelahi. Ia justru mengeluarkan pistolnya dan menembak pria itu. Alasannya, Harrison Ford mengaku kelelahan setelah syuting seharian.


6. Reservoir Dogs (1992)



Ada adegan di mana Madsen memotong telinga tawanan. Namun, sutradara tidak memberikan arahan yang spesifik kepada Madsen setelah daun telinga terpotong. Ia justru melakukan improvisasi dengan mengatakan, "Kau dengar itu?" pada telinganya.


7. RoboCop (1987)



Ketika satu karakter datang ke kantor polisi setelah dipukuli oleh Robocop, ia meludah segumpal darah ke dokumen dari meja sersan. Ia juga mengucapkan kata-kata kotor. Konon adegan tersebut terjadi secara spontan tanpa direncanakan.


8. Lord of the Rings: The Two Towers (2002)



Saat Aragorn menyadari bahwa dua hobbit Merry dan Pippin mungkin akan mati, dia menendang helm logam. Saking kerasnya, dua jari-jari kakinya mengalami cedera. Adegan tersebut ternyata tidak tertulis di dalam naskah.

Jangan-jangan ada kutipan favoritmu yang merupakan hasil improvisasi, KLIK NEXT deh...

2 dari 2 halaman



9. Django Unchained.



Dalam salah satu adegan di film Django Unchained, tangan Leonardo DiCaprio terluka parah setelah memukul. Bukannya berhenti, dia melakukan improvisasi di sisa adegan dengan mengoleskan darahnya ke wajah Kerry Washington.


10. Saving Private Ryan (1998).



Dalam film ini, Matt Damon bercerita tentang saudara-saudara seperjuangannya. Tom Hanks menyadari yang telah dilakukan Matt dan meminta melanjutkannya.


11. Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back (1980).



Saat Han Solo hendak masuk Carbonite, Princess Leia mengungkapkan cintanya. Naskah menyuruh Leia untuk mengatakan "Aku mencintaimu". Dan Solo diminta untuk menjawabnya dengan, "Aku juga mencintaimu." Namun justru ia menggantinya dengan kalimat, "Aku tahu."


12. Blade Runner (1982).



Pada satu adegan penting dalam film ini, aktor Rutger Hauer mengatakan "Semua momen tersebut akan hilang saat ..." dan kemudian berimprovisasi sisa kalimat "...seperti air mata dalam hujan."


13. The Silence of The Lambs (1991)



Saat psikopat Dr. Hannibal Lecter sedang bercerita kepada agen FBI Clarice Starling (Jodie Foster) tentang kebiasaannya memakan orang, ia membuat suara mendesis. Anthony Hopkins katanya melakukan hal itu untuk menakut-nakuti lawan mainnya, tapi sutradara memutuskan untuk menggunakan adegan tersebut.


14. Casablanca (1942)



Ada satu ungkapan terkenal dari film ini. Saat itu, Bogart mengatakan kalimat “Here’s looking at you kid.” Menurutnya, kata-kata tersebut sering ia ucapkan saat bermain poker dan mengatakannya lagi saat bermain film.


15. Dumb and Dumber (1994).



Jim Carrey dalam salah sau adegan mengatakan, "Suara paling mengganggu di dunia" ternyata hasil improvisasi. Reaksi sahabatnya, Jeff Daniels dan Mike Starr rupanya juga spontanitas.