Brilio.net - Tahun 2021 menjadi salah satu momen penting bagi industri hiburan drama Korea. Sebab, sepanjang 2021 ini drama Korea berhasil membuat banyak capaian menarik. Mulai dari banyak drama yang meraih rating tinggi dan banyak meraih berbagai penghargaan.

Selain Squid Game, ada banyak judul lain yang meraih prestasi yang cukup baik. Karena itu, drama-drama tersebut juga bisa ditonton kembali.

Drama-drama tersebut terdiri dari berbagai genre, mulai dari drama romantis, bertema militer, hingga drama dengan genre fantasi. Selain itu, drama-drama ini masuk dalam drama terbaik 2021 versi Forbes.

Dirangkum brilio.net dari Forbes dan berbagai sumber Rabu (29/12), berikut 13 drama Korea terbaik sepanjang 2021.

1. True Beauty (2020-2021).

Drama Korea terbaik sepanjang 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

True beauty mengisahkan tentang Lim Ju-kyung (Moon Ga-Young), siswi SMA yang cantik dan cerdas. Ia selalu tampak terlihat menawan di mata orang lain. Namun, ternyata, di balik wajah cantik tersebut Ju-kyung punya rasa tidak percaya diri dengan wajah aslinya saat tanpa riasan. Drama Korea yang juga dibintangi oleh Cha Eun-woo dan Hwang In-youp ini berhasil meraih skor 8,1 di IMDb dan menjadi salah satu drama Korea populer pada awal 2021.

2. Beyond Evil (2021).

Drama Korea terbaik sepanjang 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Beyond Evil mengisahkan dua orang polisi pemberani dan pernah kenal kata takut dalam kamus hidupnya. Lee Dong-sik (diperankan oleh Shin Ha-kyun) dipertemukan dengan Detektif Han Joo-won (diperankan oleh Yeo Jin-goo) yang baru saja pindah ke kantor yang sama. Mereka pun kemudian terlibat dalam sebuah kasus pembunuhan berantai di sebuah kota kecil yang sudah terjadi 20 tahun yang lalu dan mengubah kehidupan Lee Dong-sik. Saat mereka mencoba untuk mengungkapkan siapa pelaku pembunuhan tersebut, mereka harus melihat banyak sisi tersembunyi dari orang-orang yang terlibat. Misteri demi misteri membawa mereka pada sebuah kesimpulan yang tak pernah mereka duga.

3. Navillera (2021).

Drama Korea terbaik sepanjang 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Navillera ini mengisahkan Deok Chul sekarang adalah orang tua yang telah pensiun dan baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-70. Dia kemudian menyadari bahwa teman-temannya mulai meninggalkannya karena kematian dan menyesal karena tidak mewujudkan impian mereka. Deok Chul sendiri menjalani seluruh hidupnya dengan bekerja dan menafkahi keluarganya. Dia kemudian membuat keputusan untuk mengejar impiannya menjadi penari balet. Di akademi tari, Deok Chul bertemu dengan Chae Rok, 23 tahun, yang sedang mengalami masalah finansial setelah kehilangan ibu dan ayahnya di penjara. Chae Rok menjadi guru Daek Chul. Bersama-sama mereka mewujudkan impian mereka terhadap balet.

4. Vincenzo (2021).

Drama Korea terbaik sepanjang 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Vincenzo merupakan drama yang berkisah tentang Park Joo-hyung (Song Joong-ki) yang diadopsi oleh keluarga Italia pada usia delapan tahun. Di negara tersebut, saat beranjak dewasa, ia melanglang buana dan bergabung dengan geng mafia sekaligus diadopsi oleh Don Fabio, kepala Keluarga Cassano.

Joo-hyung kemudian berganti nama menjadi Vincenzo Cassano dan membangun reputasinya menjadi pengacara para mafia kelas kakap sekaligus tangan kanan Don Fabio. Setelah Fabio meninggal, Paolo, putra kandung Fabio dan pemimpin baru Keluarga Cassano berusaha membunuh Vincenzo. Ia kemudian melarikan diri ke Seoul, Korea Selatan dan membangun reputasinya di negara asalnya tersebut. Drama ini menjadi salah satu serial drama terlaris tahun ini sejak dirilis pada 20 Februari 2021.

5. Sell Your Haunted House (2021).

Drama Korea terbaik sepanjang 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Sell Your Haunted House mengisahkan seseorang yang membuat badan usaha pengusiran setan seperti halnya paranormal. Drama ini mengisahkan Hong Ji-ah dengan Daebak Real Estate menginisiasi usaha yang cukup aneh dan cukup mendebarkan bagi seorang penakut. Melalui badan usaha tersebut, Ji-ah menawarkan layanan untuk membersihkan gedung yang sering dikunjungi hantu. Kemampuan tersebut didapat Ji-ah karena berhasil mewarisi kemampuan eksorsisme dari ibunya yang sudah meninggal dunia.

6. Move To Heaven (2021).

Drama Korea terbaik sepanjang 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Move to Heaven menceritakan tentang Han Geu-ru (Tang Joon-sang) dan ayahnya, Han Jeong U yang berprofesi sebagai pembersih TKP orang-orang yang telah meninggal. Mereka berdua membersihkan barang-barang peninggalan mendiang di rumah atau ruangannya. Tidak disangka, di episode 1 ayah Geu-ru kemudian meninggal karena sakit yang dideritanya dan harus tinggal bersama pamannya.

Bersama dengan pamannya dan Yoon Na-mu (Hong Seung-hee), Geu-ru melanjutkan tugas untuk membersihkan barang-barang orang yang telah meninggal dan menyampaikan pesan mereka kepada orang yang kerabat yang ditinggalkan. Drama ini mengisahkan ucapan terakhir orang-orang yang meninggal dunia sebagai bentuk perpisahan terakhir kepada para kerabat dan orang yang dicintainya.

7. Youth of May (2021).

Drama Korea terbaik sepanjang 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Youth of May ini mengisahkan sekelompok pemuda yang beranjak dewasa di tengah periode Pemberontakan Gwangju pada 1980-an. Drama ini dibintangi oleh Lee Do-hyun dan Go Min-si. Hee-tae (Lee Do-hyun) merupakan mahasiswa kedokteran yang mendapatkan nilai tertinggi di kelasnya. Ia merupakan orang yang santai tapi juga memiliki jiwa pantang menyerah. Hee-tae jatuh cinta dengan Myung-hee (Go Min-si), perawat yang selalu melawan ketidakadilan.

8. Mine (2021).

Drama Korea terbaik sepanjang 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama yang dibintangi Lee Bo-young dan Kim Seo-hyun ini mengisahkan dua wanita tangguh yang menjadi menantu untuk sebuah keluarga konglomerat. Bebas dari ekspektasi dan batasan masyarakat, kedua wanita ini pun berusaha mendapatkan kembali apa yang seharusnya menjadi milik mereka.

9. My Roommate is a Gumiho (2021).

Drama Korea terbaik sepanjang 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

My Roommate is Gumiho merupakan drama Korea yang diadaptasi dari cerita webtoon dengan judul yang sama. Cerita ini merupakan cerita rakyat dan legenda Korea yang sangat populer. Drama ini mencoba kembali menghadirkan legenda tersebut dalam versi modern. Drama menceritakan kisah romantis Shin Woo-Yeo, rubah berekor sembilan yang sudah hidup selama 999 tahun dan ingin menjadi manusia. Ia kemudian bertemu dengan Lee Dam, seorang mahasiswa yang tidak sengaja menelan manik-manik Woo-Yeo dalam sebuah kecelakaan. Hal itu kemudian menjadi masalah dan mereka pun harus tinggal dalam satu rumah untuk memecahkan masalah tersebut. Sejak mereka tinggal bersama, kisah cinta antara dua makhluk ini pun dimulai.

10. The Devil Judge (2021).

Drama Korea terbaik sepanjang 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Berlatar belakang semesta alternatif, drama Korea The Devil Judge yang ditulis oleh Moon Yoo-Seok, seorang mantan hakim ini, dibuka dengan acara peresmian Kang Yo Han sebagai hakim. Dalam acara ini, Heo Joong Se (Baek Hyun Jin), presiden terpilih lewat pemilu, menerangkan bahwa Korea sedang berada dalam situasi krisis ekonomi dan politik akibat wabah. Akibatnya, banyak perusahaan berjatuhan dan gelandangan di mana-mana. Hal ini melahirkan kekacauan di beberapa tempat. Ketimpangan sosial semakin lebar dan membuat orang tidak beruntung secara sosial bertindak nekat kepada mereka yang lebih beruntung secara sosial.

11. Lost (2021).

Drama Korea terbaik sepanjang 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Lost menjadi drama Korea yang menjadi ajang comeback bagi kedua pemeran utamanya, Jeon Do-yeon dan Ryu Jun-yeol. Dalam drama ini, Do-yeon berperan sebagai Boo Jung,seorang penulis berusia 40-an tahun yang merasa tersesat dan tidak berarti apa-apa. Sementara Ryu Jun-yeol berperan sebagai Kang Jae yang sedang menjalankan layanan jasa untuk memerankan peran yang diminta oleh kliennya. Drama ini menampakkan ketakutan keduanya mengatasi kemiskinan. walau sudah berjuang mati-matian. Mereka takut dengan apa yang mereka kerjakan tidak menjadi apa-apa. Drama ini seolah mau menampilkan realitas kehidupan yang serba kompleks dan bagaimana laki-laki dan perempuan yang mengalami kehampaan dalam hidupnya.

12. One The Woman (2021).

Drama Korea terbaik sepanjang 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

One the Woman mengisahkan kehidupan Jo Yeon-joo (Honey Lee) yang dikenal sebagai seorang jaksa yang korup. Ia kemudian mengalami sebuah kecelakaan membuatnya berubah dan lupa siapa dirinya. Saat sadar, ia mendadak menjadi seorang bernama Kang Mi-na, anak dari petinggi Yumin Grup sekaligus menantu Hanju Grup. Namun, hal tersebut bukan malah menjadi jalan bahagianya, melainkan awal dari penderitaan panjang yang dialaminya dengan membawa identitas Kang Mi-na.

13. D.P. (2021).

Drama Korea terbaik sepanjang 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

D.P didasarkan pada webtoon populer yang mengumpulkan lebih dari 10 juta tampilan pembaca. Drama Korea terbaru 2021 genre action yang tayang pada Agustus ini menceritakan kisah Ahn Joon-ho (Jung Hae-in), seorang prajurit ditugaskan untuk mencari dan menangkap desertir militer. Jung Hae-in, Koo Kyo-hwan, Kim Sung-hyun, dan Son Seok-koo berperan sebagai karakter utama yang akan mengeksplorasi masalah pelecehan dan hak asasi manusia di militer.