Brilio.net - Meski sudah ada teknologi CGI, ternyata masih banyak karya animasi yang dibuat dengan teknik stop motion. Cukup rumit dan memakan waktu yang lama, stop motion adalah teknik menggabungkan ratusan hingga ribuan gambar dalam bentuk slide show. Sehingga seluruh gambar rekaan bergerak dan terciptalah film animasi yang bisa kita saksikan.

Film stop motion memerlukan ketelitian sekaligus ketekunan dari sang pembuat film. Meski penggambaran karakternya akan berbeda dengan animasi berbasis CGI, namun animasi stop motion terlihat klasik dan memiliki keunikan tersendiri. Karena itulah, hasil karya animasi menggunakan stop motion tetap mendapatkan apresiasi dan respon yang baik.

Beberapa animasi stop motion juga berhasil meraih berbagai penghargaan lho. Terbaru, animasi Missing Link berhasil menjadi pemenang dalam kategori Best Motion Pictures Animated, pada Golden Globes Award 2020, mengalahkan Frozen 2 dan Toy Story 4.

Nah jika kamu tertarik untuk menonton film animasi stop motion, berikut 12 film animasi stop motion terbaik yang dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (16/1).

1. Shaun The Sheep Movie.

Loading...

film stop motion © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Diadaptasi dari serial animasi dengan judul yang sama, Shaun the Sheep berpusat cerita pada Shaun dan kawanan domba, dengan satu anjing penjaga. Mereka adalah hewan-hewan yang dipelihara oleh salah seorang petani di desa. Selain menghadirkan kisah yang menarik, aksi lucu domba-domba ini juga lucu dan menghibur.

2. The Lego Movie.

Mainan populer ini juga dibuat versi filmnya yang berjudul The Lego Movie. Film animasi ini mengisahkan tentang para lego yang berusaha mempertahankan dan melindungi kota tercinta. Ada aksi seru dan karakter mainan baru yang akan membuatmu tertarik untuk mengoleksinya.

3. Corpse Bride.

Selanjutnya ada Corpse Bride yang mengisahkan tentang seorang pemuda yang terjebak dengan mayat wanita. Ia harus bersama dengannya karena tak sengaja memakaikan cincin ke jari mayat yang ia kira ranting pohon. Bukan hanya itu, ia juga melakukan tarian dan mengucapkan sumpah pernikahan.

4. The Pirates! In An Adventure With Scientist.

film stop motion © 2020 brilio.net

foto: amazon.com

Film The Pirates! In An Adventure With Scientist mengisahkan tentang seorang kapten bajak laut yang amatir dan minim pengalaman. Ia dan para awaknya pun memutuskan untuk ikut serta dalam lomba "Pirate of The Year" demi mendapatkan hadiah berupa menjarah harta dari kapal-kapal besar.

5. The Nightmare Before Christmas.

film stop motion © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film yang diproduksi selama tiga tahun ini, mengisahkan tentang Jack yang mencuri Santa Claus dari Christmas Town ke Halloween Town. Ia menemukan banyak makhluk-makhluk yang menakutkan.

6. Fantastic Mr Fox.

film stop motion © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Diadaptasi dari novel anak-anak, film animasi Fantastic Mr Fox berpusat pada Mr Fox. Ia adalah seorang rubah pencuri yang memustuskan untuk berhenti melakukan hal buruk tersebut ketika sang istri sedang mengandung. Namun karena bosan dengan rutinitas biasa, akhirnya Mr Fox memutuskan untuk melakukan pencurian terakhir yang lebih besar dari aksi-aksi yang sebelumnya pernah ia lakukan.

7. Frankenweenie.

Film animasi Frankenweenie mengisahkan tentang Victor yang mencoba menghidupkan anjing kesayangannya bernama Sparky. Namun setelah berhasil menghidupkan Sparky, ia berubah menjadi anjing yang mengerikan dan meresahkan warga kota.

8. Kubo and The Two String.

film stop motion © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Selanjutnya ada film animasi Kubo and The Two String yang mengisahkan tentang pemuda bernama Kubo, anak dari samurai legendaris. Ia memiliki kemampuan untuk mengendalikan origami dan sedang mencari baju zirah milih ayahnya.

9. ParaNorman.

film stop motion © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Film yang diproduksi oleh Laika ini berpusat cerita pada seorang anak berusia sebelas tahun bernama Norman. Ia berusaha menyelamatkan kota dan orang-orang yang ia sayangi, dari serangan zombie dan kutukan penyihir bernama Agatha. Namun setelah menggali informasi, Norman mengetahui bahwa Agatha hanyalah orang yang mendapatkan tuduhan atas ilmu sihir.

10. The Boxtrolls.

film stop motion © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Bergenre fantasy comedy, film animasi The Boxtrolls mengisahkan tentang anak yatim piatu bernama Eggs yang diasuh oleh boxtrolls, sebutan bagi troll pengumpul sampah. Beredar rumor bahwa boxtrolls adalah monster yang suka menculik anak kecil. Eggs pun berusaha melindungi mereka dari Archibald Snactcher, pembasmi hama yang mengingikan kursi anggota dewan.

11. Coraline.

film stop motion © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Mengisahkan tentang Coraline, gadis pemberani yang masuk ke dunia paralel yang berisi makhluk berbahaya. Suasana mencekam ini pun membuat Coraline harus mencari jalan keluar untuk kembali dalam keadaaan selamat.

12. Missing Link.

film stop motion © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Rilis tahun 2019 dan membawa pulang penghargaan dari Golden Globes 2020, Missing Link mengisahkan tentang Mr Link yang merekrut investor bernama Sir Lionel Frost untuk mengungkap misteri tentang makhluk mitologi. Selain kisahnya yang seru, Missing Link juga dinilai menghadirkan unsur komedi yang menghibur.

Reporter: Deta Jauda Najmah

RECOMMENDED BY EDITOR