1. Gangubai Kathiawadi (2022).

film Netflix India berbagai sumber

foto: imdb.com

Gangubai Kathiawadi merupakan film Netflix India yang didasarkan pada kisah nyata dunia Gangubai Harjivandas atau dikenal sebagai Gangubai Kothewali. Kehidupannya didokumentasikan dalam buku Mafia Queens of Mumbai yang ditulis oleh S. Hussain Zaidi. Film ini menggambarkan kebangkitan seorang gadis sederhana dari Kathiawad yang tidak punya pilihan selain merangkul jalan takdir dan mengayunkan sesuai keinginannya.

Gangubai Kathiawadi mengisahkan perjalanan hidup Gangubai Harjivandas yang bercita-cita menjadi aktris Bollywood. Pada usia 16 tahun, ia jatuh cinta pada Ramnik Lal. Mereka kawin lari dan pergi ke Mumbai saat Ramnik menjanjikan Gangubai karier film di bawah pengawasan bibinya Sheela.

Namun, seluruh hidupnya terbalik saat bibi Sheela malah menjualnya ke rumah bordil di Kamathipura seharga Rs 1000 dan ia dipaksa masuk dunia prostitusi. Hingga kemudian Gangubai menjalani hari-hari yang keras, sampai ia mencalonkan diri dalam pemilihan presiden Kamathipura yang membuat semua kehidupannya berubah.

2. Skater Girl (2021).

film Netflix India berbagai sumber

foto: imdb.com

Skater Girl merupakan film Netflix India yang mengisahkan Prerna, seorang gadis putus sekolah dan sangat suka bermain skateboard. Kesukaan tersebut ia dapati saat ada seorang asing yang ke desanya dan sering bermain skateboard.

Lambat laun, kegemarannya tersebut, membuatnya semakin candu bermain skateboard. Namun masalah datang saat orang-orang di desanya menganggap permainan skateboard membahayakan.

Apalagi setelah kejadian kecelakaan anak-anak dan orang dewasa karena skateboard. Film ini mengisahkan perjuangan Prerna untuk tetap bermain skateboard hingga bisa bermain dalam berbagai perlombaan mewakili desanya.

3. Mimi (2021).

film Netflix India berbagai sumber

foto: imdb.com

Mimi merupakan film Netflix India yang mengisahkan dinamika orang tua saat proses melakukan bayi tabung. Mimi, seorang perempuan kampung yang punya mimpi menjadi artis terkenal, dipilih menjadi ibu pengganti yang nantinya akan mengandung anak titipan dalam rahimnya. Semua hal terkait kebutuhan Mimi selama proses kehamilan akan ditanggung oleh pasangan John dan Summer yang sudah sejak lama menginginkan kehadiran seorang anak.

Awalnya, kehamilan Mimi berjalan lancar dan Mimi dengan senang hati mengandung anak di dalam perutnya. Sebab, imbalan menjadi ibu pengganti ini cukup besar dan bisa menjadi ongkos Mimi untuk kariernya menjadi bintang Bollywood.

Namun, saat ia memeriksa kandungannya, dokter mengatakan bahwa anak yang dikandungnya akan terlahir cacat. John dan Summer pun meminta Mimi untuk segera menggugurkan kandungannya, tetapi hal tersebut ditolak Mimi.

John dan Summer pergi begitu saja dan seolah melupakan apa yang diinginkannya. Sampai Mimi melahirkan anaknya yang ternyata sehat dan berjenis kelamin laki-laki, Mimi pun memutuskan untuk merawatnya sepenuh hati.

4. Pagglait (2021).

film Netflix India berbagai sumber

foto: imdb.com

Pagglait merupakan film Netflix India yang mengisahkan pergulatan janda muda Sandhya setelah suaminya meninggal dunia. Namun, kematian suaminya tersebut tak membuat Sandhya bersedih hati. Hal ini membuatnya dicibir oleh keluarga maupun mertuanya.

Di tengah kondisi semacam itu, Sandhya berusaha untuk berjuang sendiri untuk mencari jati dirinya. Sandhya berusaha membuat gebrakan untuk dirinya sendiri agar tidak punya ketergantungan secara ekonomi maupun sosial dengan lingkungannya. Namun, hal ini tentu tidak mudah karena Sandhya akan menabrak berbagai tradisi yang sudah berlangsung secara turun-temurun.

5. The White Tiger (2021).

film Netflix India berbagai sumber

foto: imdb.com

The White Tiger merupakan film Netflix India yang diadaptasi dari novel dengan judul sama karya Aravind Adiga. Film ini mengisahkan perjalanan panjang Balram, seorang sopir miskin di India yang menggunakan akal dan kelicikannya untuk bisa bebas dari kemiskinan dan naik kelas sosial.

Balram yang terlahir di sebuah keluarga miskin di daerah Laxmangarh dan pernah menjadi siswa paling pintar di sekolah. Namun, karena jerat kemiskinan, keinginan untuk sekolah lagi tak pernah terwujud.

Bermodal sedikit uang dari nenek, ia pun ambil kursus menyetir mobil dan mendatangi rumah keluarga Stork, sang tuan tanah. Dia diterima sebagai sopir kedua yang hanya mengantarkan putra sang tuan tanah saja yang bernama Ashok dan Pinky, istrinya. Hingga suatu ketika, Balram berbuat licik kepada tuannya hingga bisa membangun kerajaan bisnis sendiri.