1. The House (2022).

film Netflix bernuansa komedi hitam  berbagai sumber

foto: imdb.com

The House merupakan film Netflix bernuansa komedi hitam yang menceritakan tiga keluarga berbeda-beda dari lintas generasi. Film tersebut disajikan dengan cara beragam, mulai dari masa lampau, masa modern hingga masa depan. Ketiga cerita tersebut tertaut satu sama lain dan punya benang merah yang sama tentang kehidupan dalam sebuah rumah.

2. Don't Look Up (2021).

film Netflix bernuansa komedi hitam  berbagai sumber

foto: imdb.com

Don't Look Up merupakan film Netflix bernuansa komedi hitam yang berkisah soal krisis iklim sebagai fenomena global. Dibintangi oleh Leonardo DiCaprio berperan sebagai seorang astronom tingkat rendah dan Jennifer Lawrence yang berperan sebagai mahasiswa yang belajar kepada Leonardo.

Dalam film tersebut, mereka melakukan misi untuk memperingatkan manusia akan datangnya komet yang akan menghantam bumi dan bahkan bisa menghancurkan bumi. Kisah tentang krisis ini kemudian menjadi pijakan cerita menarik atas film. Film ini penuh dengan dark komedi yang menyentil kesadaran penontonnya yang tidak peduli terhadap krisis iklim.

3. I Care a Lot (2020).

film Netflix bernuansa komedi hitam  berbagai sumber

foto: imdb.com

I Care a Lot merupakan film Netflix bernuansa komedi hitam yang mengisahkan seorang penipu. Penipu tersebut mengaku sebagai wali yang ditunjuk pengadilan untuk menyita aset orang tua rentan, termasuk ibu dari seorang gangster berbahaya. Hal itulah yang dilakukan oleh Marla Grayson.

Dr. Karen Amos menginformasikan kepada Marla tentang kasus potensial, seorang pensiunan kaya tanpa pasangan yang jelas atau keluarga dekat bernama Jennifer Peterson. Seorang hakim menunjuk Marla sebagai wali setelah bersama Dr. Amos bersaksi palsu bahwa Jennifer menderita demensia, kebingungan, dan kehilangan mobilitas. Setelah perwalian berhasil, Marla mengeruk semua kekayaan Jennifer, termasuk harta yang tersembunyi dalam brankas berisi emas dan barang berharga lainnya.

4. Knives Out (2019).

film Netflix bernuansa komedi hitam  berbagai sumber

foto: imdb.com

Knives Out merupakan film Netflix bernuansa komedi hitam yang mengisahkan Harlan Thrombey (Christopher Plummer), penulis novel misteri yang kaya raya. Pada ulang tahunnya yang ke-85, ia tewas secara misterius. Keluarga Harlan yang datang berkumpul kini menjadi tersangka. Mereka dicurigai oleh Detektif terkenal Benoit Blanc (Daniel Craig) yang datang untuk menyelidiki insiden ini.

Malam sebelumnya, Harlan mengancam akan mengekspos menantu laki-lakinya Richard karena berselingkuh dengan putrinya Linda, memotong tunjangan menantu perempuannya Joni karena mencuri, memecat putranya Walt dari perusahaan penerbitannya, dan bertengkar dengan cucunya Ransom. Mendengar semua keterangan dari keluarga Harlan tersebut, Benoit Blanc mencoba melakukan analisis kasus dengan kemampuan deduktif yang cukup ampuh untuk menemukan siapa pelaku pembunuhan sebenarnya.

5. A Simple Favor (2018).

film Netflix bernuansa komedi hitam  berbagai sumber

foto: imdb.com

A Simple Favor merupakan film Netflix bernuansa komedi hitam yang mengisahkan Stephanie (Anna Kendrick), seorang orangtua tunggal dan vlogger yang sedang mencari kebenaran tentang menghilangnya Emily (Blake Lively). Bersama suami Emily (Henry Golding), ia mencari temannya itu dengan berbagai cara.

Pencarian tersebut membawa Stephanie pada berbagai fakta mengejutkan tentang sahabatnya tersebut. Dibingkai dengan komedi gelap, film ini hadir menampakkan berbagai hal yang tak pernah terduga.

6. Bomb Scared (2017).

film Netflix bernuansa komedi hitam  berbagai sumber

foto: imdb.com

Bomb Scared merupakan film Netflix bernuansa komedi hitam yang menceritakan empat teroris Basque ETA. Mereka tinggal bersama dengan tetangga Spanyol yang aneh dan sedang merencanakan serangan teroris di Spanyol, tetapi menunggu panggilan telepon dengan instruksi dari kepala organisasi. Kejadian tersebut terjadi pada musim panas 2010 di sebuah kota kecil di Spanyol, ketika pada saat yang sama tim nasional sepak bola Spanyol memenangkan Piala Dunia di Afrika Selatan dan seluruh negara merayakannya.

7. War Machine (2017).

film Netflix bernuansa komedi hitam  berbagai sumber

foto: imdb.com

War Machine merupakan film Netflix bernuansa komedi hitam yang didasarkan dengan buku nonfiksi The Operators: The Wild and Terrifying Inside Story of America's War in Afghanistan karya Michael Hastings. Buku tersebut terinspirasi dari tokoh Jenderal Stanley McChrystal yang dikenal mampu membawa solusi konflik yang terjadi di Afghanistan.

War Machine mengisahkan Glen McMahon, jenderal bintang empat yang dikenal dengan kepemimpinannya di Irak dikirim ke Afghanistan. Ia diminta mempersiapkan penilaian agar pemerintah dapat segera mengakhiri perang yang berlangsung. Menghadapi situasi yang berlangsung, McMahon dan tangan kanannya, Mayor Jenderal Greg Pulver, yakin perang dapat dimenangkan. Di tengah perang yang berlangsung tersebut, berbagai hal lucu dan bahkan terkesan gelap pun bermunculan mewarnai peperangan.