7. When They See Us (2019).

film serial Netflix kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

When They See Us merupakan film serial Netflix yang diangkat dari kisah nyata yang mengisahkan kasus diskriminasi hukum lima remaja kulit hitam. Mereka didakwa melakukan pemerkosaan dan penyerangan seorang perempuan di Central Park, New York City. Peristiwa tersebut merupakan kisah nyata pada 19 April 1989 yang dialami oleh sekelompok remaja kulit hitam dan tertuduh melakukan penyerangan seksual.

Namun, saat para remaja tersebut bebas dan dewasa, mereka mengajukan gugatan terhadap yang dilayangkan kepada mereka dan diberi penyelesaian pada 2014. Drama serial ini menggambarkan bagaimana diskriminasi hukum kepada orang kulit putih menjadi pelajaran penting di Amerika agar kasus serupa tak terulang lagi.

8. Alias Grace (2017).

film serial Netflix kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Alias Grace merupakan film serial Netflix yang diangkat dari kisah nyata pembunuhan Thomas Kinnear dan pembantu rumah tangganya, Nancy Montgomery pada 1843. Film ini merupakan alihwahana dari novel Margaret Atwood yang terbit pada 1996 yang secara detail mengisahkan pembunuhan tersebut. Pembunuhan tersebut menyeret dua pelayan yang bekerja di properti Mr. Kinnear, Grace Marks dan James McDermott, dihukum karena terbukti melakukan pembunuhan tersebut.

9. Mindhunter (2017).

film serial Netflix kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Mindhunter merupakan film serial Netflix yang diangkat dari kisah nyata saat agen FBI Holden Ford (Jonathan Groff) dan Bill Tench (Holt McCallany), bersama dengan psikolog Wendy Carr (Anna Torv). Mereka sedang mengoperasikan Unit Ilmu Perilaku FBI dalam Divisi Pelatihan di Akademi FBI di Quantico, Virginia.

Melalui unit tersebut, mereka meluncurkan proyek penelitian untuk mewawancarai pembunuh berantai yang dipenjara. Hal ini dilakukan untuk memahami psikologi mereka dengan harapan menerapkan pengetahuan ini untuk menyelesaikan kasus yang sedang berlangsung.

10. Narcos (2015).

film serial Netflix kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Narcos merupakan film serial Netflix yang diangkat dari kisah nyata Pablo Escobar. Escobar merupakan penyelundup barang-barang ilegal hingga akhirnya mulai merambah ke bisnis kokain. Film serial ini berfokus pada interaksi Escobar dengan raja obat bius, agen Drug Enforcement Administration (DEA), dan berbagai entitas oposisi.

11. Peaky Blinders (2013–2022).

film serial Netflix kisah nyata berbagai sumber

foto: imdb.com

Peaky Blinders merupakan film serial Netflix yang diangkat dari kisah nyata kehidupan gangster Peaky Blinders yang eksis setelah Perang Dunia Pertama. Geng fiksi ini secara longgar didasarkan pada geng pemuda perkotaan nyata dengan nama yang sama dan aktif di kota di Birmingham, Inggris, dari tahun 1880-an hingga 1910-an.

Film serial ini mengisahkan geng jalanan Peaky Blinders dan bos kejahatan mereka yang ambisius dan licik, Tommy Shelby (Murphy). Geng itu menarik perhatian Mayor Chester Campbell (Neill), seorang kepala inspektur detektif di Royal Irish Constabulary yang dikirim oleh Winston Churchill dari Belfast, tempat ia telah dikirim untuk membersihkan kota kolom terbang Tentara Republik Irlandia, Partai Komunis Inggris Raya, geng jalanan, dan penjahat biasa.