1. The Trial of the Chicago 7 (2020).

film Netflix berlatar sejarah berbagai sumber

foto: imdb.com

The Trial of Chicago Seven merupakan film rekomendasi Netflix berlatar sejarah yang diambil dari kisah nyata di Chicago pada 1968. Saat itu, sejumlah orang yang menyatakan diri sebagai Chicago 7 melakukan aksi protes damai bersama ribuan demonstran ketika Konvensi Nasional Partai Demokrat berlangsung.

Protes tersebut menuntut pemerintah untuk menghentikan perang Amerika Serikat dan Vietnam. Namun, aksi tersebut tiba-tiba berubah menjadi ricuh dan Chicago 7 dinyatakan sebagai tersangka, pemicu kerusuhan.

Mereka pun ditangkap dan mengalami kekerasan selama penahanan. Selama proses persidangan, bersama pengacara, mereka menjelaskan apa yang mereka lakukan dan menyatakan diri tidak bersalah atas aksi protes yang dilakukan.

2. The Last Thing He Wanted (2020).

film Netflix berlatar sejarah berbagai sumber

foto: imdb.com

The Last Thing He Wanted merupakan film rekomendasi Netflix berlatar sejarah yang mengisahkan Elena McMahon, jurnalis Atlantic Post yang tidak melarikan diri dari El Salvador bersama Alma Guerrero, seorang jurnalis foto pada 1982.

Dua tahun kemudian, Elena mendorong editornya untuk fokus kembali ke Amerika Tengah atas keterlibatan Pemerintah Amerika Serikat dalam berbagai intervensi politik di Amerika Latin. Dalam waktu bersamaan, Elena juga mengalami berbagai pergolakan hidup yang juga mesti ia selesaikan. Film ini menampilkan bagaimana seorang jurnalis yang penuh dedikasi berjuang untuk pekerjaannya dan keluarganya.

3. Extraction (2020).

film Netflix berlatar sejarah berbagai sumber

foto: imdb.com

Extraction merupakan film rekomendasi Netflix berlatar sejarah yang diadaptasi dari novel grafis dengan judul Ciudad karya Ande Parks, Joe Russo, Anthony Russo, Fernando León González, dan Eric Skillman.

Film mengisahkan dari sudut pandang seorang tentara bayaran bernama Tyler Rake (Chris Hemsworth) yang diberikan sebuah misi khusus. Tyler akan dihadiahi 10 juta dollar jika berhasil menyelamatkan seorang bocah berusia 14 tahun bernama Ovi Mahajan (Rudraksh Jaiswal).

4. The Irishman (2019).

film Netflix berlatar sejarah berbagai sumber

foto: imdb.com

The Irishman merupakan film rekomendasi Netflix berlatar sejarah yang berkisah tentang para gangster mantan veteran Perang Dunia II, Frank Sheeran. Pada masa pensiunnya, Frank justru kembali ke masa kelamnya, bergabung ke sindikat kriminal. Pada 1950 silam, Frank pernah terlibat dalam kelompok kejahatan kriminal yang dipimpin oleh Russel Bufalino.

Frank mengenang kembali pembunuhan pertamanya, penembakan John F Kennedy, perjuangan Jaksa Umum Robert F Kennedy, serta keterkaitannya dengan upaya pembunuhan pemimpin serikat buruh terbesar di Amerika, Jimmy Hoffa. Namun, saat usianya mulai tua, ia merenungkan kembali apa yang pernah ia lakukan di masa lalu.

5. The Two Popes (2019).

film Netflix berlatar sejarah berbagai sumber

foto: imdb.com

The Two Popes merupakan film rekomendasi Netflix berlatar sejarah berdasarkan kisah nyata yang berangkat dari skandal Gereja yang pernah menggemparkan dunia pada 2012. Film ini berdasarkan kisah nyata petinggi Gereja Katolik, Kardinal Bergoglio yang pada 2012 meminta izin pensiun kepada Paus Benediktus XVI.

Namun, izin pensiun tersebut malah membuatnya menggantikan Paus Benediktus XVI sebagai paus yang baru. Kisah ini menceritakan bagaimana proses peralihan pimpinan di balik tembok Vatikan.