Brilio.net - Film Parasite menjadi sebuah puncak yang menandakan kejayaan industri film Korea dan layak untuk meraih Piala Oscar pada 2020 lalu. Tak tanggung, film tersebut berhasil memboyong empat piala sekaligus untuk beberapa kategori. Walaupun begitu, jauh sebelum Parasite, banyak film thriller Korea yang berhasil menampilkan adegan menegangkan dengan alur yang sulit ditebak.

Film-film tersebut tampil dengan beragam genre, tetapi tetap fokus dengan genre thriller sebagai fokus utama. Beberapa dari film tersebut memotret isu sosial, sekaligus dibungkus dengan cerita fantasi. Selain itu, cerita ala detektif yang mengungkap kasus pembunuhan menjadi bagian tak terpisahkan dalam jenis film ini.

Film-film tersebut berhasil membuat takjub para penonton. Tidak hanya dengan adegan yang seru dan menegangkan, tetapi juga dengan cerita dan story telling yang baik sehingga tak membuat penonton bosan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (15/12), berikut 11 film Korea thriller paling menegangkan, alurnya susah ditebak.

1. Parasite (2019).

Film Korea thriller paling menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Keluarga Kim Ki-taek beranggotakan empat orang pengangguran dengan masa depan suram. Suatu hari Kim Ki-woo, anak laki-laki tertua direkomendasikan Min-hyuk, sahabatnya yang tak lain adalah seorang mahasiswa di universitas bergengsi.

Ki-woo diminta untuk menjadi guru les yang dibayar mahal. Sampai suatu ketika, tawaran tersebut Ki-woo jalani dan menyamar sebagai mahasiswa Universitas Yonsei untuk bisa melamar pekerjaan di keluarga Park yang dikenal kaya raya.

Pertemuan tersebut berjalan lancar dan membuat satu per satu keluarga Ki-woo juga diboyong ke rumah keluarga kaya ini dengan tipu muslihat. Film ini menjadi salah satu film dengan komedi gelap yang susah ditebak.

Di awal film, para penonton akan bersimpati kepada keluarga Kim. Namun, saat menjelang film ini berakhir, simpati tersebut sebaiknya diambil kembali dan melihat apa yang sudah dilakukan oleh Kim dan keluarganya. Berkat alur yang susah ditebak tersebut, Parasite berhasil meraih skor 8,6/10 di IMDb.

2. Oldboy (2003).

Film Korea thriller paling menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah Parasite, Oldboy menjadi film yang paling film terkenal dari Korea Selatan dan memberi kesan yang tak kalah menegangkan. Film ini merupakan film kedua dari Trilogi Vengeance Chan-wook Park yang menjadi film terbaik dari dua film lainnya. Film ini mengisahkan Oh Dae-su, seorang pria yang diculik dan kemudian dipenjara selama 15 tahun tanpa alasan yang jelas di sebuah sel mirip kamar hotel.

Saat Dae-su bebas, ia pun mencari siapa yang telah melakukan hal tersebut kepadanya. Film ini tampil dengan urutan aksi yang sangat baik, menampilkan ketegangan demi ketegangan saat pertarungan berlangsung. Karena hal tersebut, film ini berhasil meraih skor 8,4/10 di IMDb.

3. Memories Of Murder (2003).

Film Korea thriller paling menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Memories Of Murder berkisah tentang tiga detektif yang sedang memecahkan serangkaian pembunuhan brutal dan misterius di sebuah desa kecil. Mereka hanya memiliki sedikit petunjuk untuk dilanjutkan: mereka tahu si pembunuh hanya membunuh saat hujan, saat korban mengenakan pakaian merah, dan saat lagu tertentu diputar di radio.

Film yang juga menjadi film terbaik Bong Joon-ho setelah Parasite ini, hadir dengan sangat baik dari komedi ke misteri dan, kadang-kadang ke horor. Dalam beberapa adegan sering kali sulit sekali ditebak dan dapat menampilkan hal-hal yang tak terduga sama sekali. Film ini berhasil meraih skor 8,1/10 di IMDb.

4. The Handmaiden (2016).

Film Korea thriller paling menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Handmaiden merupakan film yang ditulis oleh legenda film Korea Selatan Chan-Wook Park. Berlatar saat Jepang menduduki Korea, film ini mengisahkan seorang perempuan yang Lady / Izumi Hideko (Kim Min-hee) yang mempekerjakan seorang pembantu yang nantinya akan merebut kekayaannya bersama seorang karyawan lain.

Film yang juga mengusung genre thriller ini penuh liku-liku, selalu tak terduga karena karakternya terus-menerus saling menusuk dan narator film ternyata tidak bisa diandalkan untuk menjadi pengawal cerita. Dengan cerita yang sulit ditebak dan menampilkan adegan yang sama sekali tak terduga, film ini berhasil meraih skor 8,1/10 di IMDb.

5. I Saw The Devil (2010).

Film Korea thriller paling menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

I Saw The Devil merupakan film thriller-kriminal yang tampil seperti film horor. Film ini mengisahkan ketika Kim Soo-hyun (Lee Byung-hun), seorang detektif yang mengetahui bahwa istrinya telah disiksa dan dibunuh oleh Jang Kyung-chul (Choi Min-sik) seorang pembunuh berantai gila. Soo-hyun kemudian berangkat untuk membalas dendam. S

etelah mengetahui pembunuh istrinya tersebut, Soo-hyun tampil dengan drama panjang dan juga brutal. Soo-hyun menangkap si pembunuh, menyiksa, dan kemudian melepaskannya kembali hanya untuk memulai proses dari awal lagi. Soo-hyun mengulangi hal tersebut sampai dirinya puas.

Saat menonton film ini, pertanyaan moralis tentang siapa yang salah menjadi hal kabur dan sulit sekali ditebak. Film ini berhasil meraih skor 7,8/10 di IMDb.

6. Burning (2018).

Film Korea thriller paling menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Burning merupakan film Lee Chang-dong yang diadaptasi cerita pendek "Barn Burning" dari antologi The Elephant Vanishes karya Haruki Murakami. Film ini mengisahkan saat Lee Jong-su secara tidak sengaja bertemu dengan Shin Hae-mi, seorang gadis yang dulu ada teman masa kecil Jong-su.

Hae-mi meminta tolong kepada Jong-su untuk merawat kucing kesayangannya saat perjalanan ke Afrika. Saat Hae-mi kembali dan terdampar di Bandara Nairobi selama tiga hari setelah pengeboman di sekitar bandara, Jong-su dan seorang pria misterius bernama Ben menjemputnya.

Sejak saat itu, cinta segitiga berkembang dan menjadi komentar tentang kelas di Korea dan menjadi plot pembunuhan. Dengan perpaduan genre yang aneh, film ini terus-menerus membawa penontonnya ke jalur yang tidak terduga. Film ini berhasil meraih skor 7,5/10 di IMDb.

7. The Wailing (2016).

Film Korea thriller paling menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Film The Wailing sering dianggap sebagai jawaban untuk film The Exorcist (1973) yang sudah tayang bertahun-tahun lampau. Film ini mengisahkan sebuah tempat yang berlatar di sebuah desa kecil, polisi setempat harus menyelidiki penyakit aneh yang mengganggu penduduk.

Ketika putri seorang perwira jatuh sakit, khawatir putri tersebut sedang dirasuki oleh makhluk lain. Para polisi kemudian memburu orang asing yang tinggal di hutan yang sama sekali tidak tahu-menahu tentang wabah aneh yang menimpa orang desa dan juga putri polisi tersebut.

Film menjadi salah satu film thriller-horor yang paling menegangkan yang mengisahkan adegan pengusiran setan. Film ini berhasil meraih skor 7,5/10 di IMDb.

8. The Good, The Bad, The Weird (2008).

Film Korea thriller paling menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

Berlatar Korea tahun 1940-an, film The Good, The Bad, The Weird mengisahkan tiga individu yang berlomba satu sama lain untuk menjadi yang pertama menemukan harta karun. Film ini merupakan perpaduan brilian antara aksi, komedi, dan petualangan, dan meskipun merupakan penghormatan yang jelas terhadap mahakarya Sergio Leone.

Dibintangi oleh Lagu Kang-ho dari Parasite, ada banyak hal yang disukai dalam film ini, dengan karakter dan urutan aksi yang mengesankan dan juga menegangkan. Film ini berhasil meraih skor 7,3/10 di IMDb.

9. A Tale Of Two Sisters (2003).

Film Korea thriller paling menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

A Tale of Two-Sisters merupakan film horor yang sudah tampak jelas sejak adegan pertama. Berfokus pada gadis kembar yang tinggal bersama ayah dan ibu tiri mereka di rumah terpencil, film ini seperti mimpi buruk yang merayap perlahan.

Ketika orang-orang mulai mati, film ini tetap sangat ambigu tentang siapa yang harus disalahkan dan siapa yang harus menerima semua risiko tersebut. Setiap karakter diselimuti misteri dan sulit memahami motivasi apa yang melatarbelakangi semua hal yang sudah dilakukan. Film ini berhasil meraih skor 7,2/10 di IMDb.

10. The Host (2006).

Film Korea thriller paling menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Host merupakan suguhan khusus yang disutradarai Bong Joon-ho, sutradara Parasite. Film ini mengisahkan seekor monster ikan raksasa yang tinggal di sungai Seoul menghancurkan tepian dan mulai meneror kota.

Berfokus pada keluarga miskin, di tengah kekacauan tersebut, mereka hanya bisa membantu satu sama lain untuk tetap selamat dan bertahan hidup. Film ini menyuguhkan sebuah film horor-fantasi sekaligus menyelipkan isu sosial yang sangat kontras.

Menariknya, alur film ini sudah ditebak dan sangat menegangkan. Film ini pun berhasil meraih skor 7,1/10 di IMDb.

11. The Villainess (2017).

Film Korea thriller paling menegangkan berbagai sumber

foto: imdb.com

The Villainess menceritakan kisah Sook-hee (Kim Ok-vin), seorang pembunuh terlatih secara profesional dan punya dendam yang dalam. Dendam tersebut kemudian yang menggerakkannya untuk menjadi seorang paling kejam dan terkenal di dunia kriminal Seoul.

Film yang disutradarai Jung Byung-gil ini benar-benar memacu adrenalin, karena kamera membawa Anda keluar dari gedung dan menabrak jendela. Selain benar-benar menegangkan, film ini menampilkan alur yang susah ditebak. Film ini berhasil meraih skor 6,7/10 di IMDb.