Brilio.net - Film bertema romantis tak selalu berakhir dengan bahagia. Ada juga film romantis yang menggambarkan akhir yang haru dan bahkan menyedihkan. Salah satu tema film romantis yang tidak gagal bikin haru adalah yang mengisahkan sepasang kekasih yang ditinggal menikah.

Film yang mengangkat tema tersebut hadir dengan adegan yang menyakinkan dan berhasil membuat banyak penontonnya ikut sedih dan bahkan menangis. Selain itu, film-film yang mengangkat kisah semacam itu, tersambung dengan banyak orang.

Kisah-kisah tersebut menjadi salah satu bagian dari proses penyembuhan untuk belajar ikhlas melepaskan orang yang dicintai. Pada akhirnya, cinta yang baik adalah cinta yang mengikhlaskan orang yang dicintainya bisa bahagia dengan pilihan hatinya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Sabtu (4/12), berikut 11 film kisahkan cinta ditinggal nikah.

1. On Your Wedding Day (2018)

Film kisahkan cinta ditinggal nikah berbagai sumber

foto: imdb.com

On Your Wedding Day merupakan film Korea yang mengisahkan kehidupan romansa selama 10 tahun yang penuh lika-liku antara Woo-yeon dan Sung-hee. Hubungan mereka berdua kerap mengulang siklus jatuh cinta dan patah hati yang mereka awali dari masa-masa mereka masih duduk di bangku SMA.

Namun, cinta tersebut tak pernah berlanjut sampai kemudian Woo-yeon menerima undangan pernikahan Sung-hee. Woo-yeon hadir ke pernikahan tersebut mengucapkan terima kasih atas semua yang telah diberikan oleh Sung-hee saat mereka bersama saling jatuh cinta. On Your Wedding Day menjadi film yang membawa karakter utama untuk rela melepaskan orang yang sangat dicintainya.

2. La La Land (2016).

Film kisahkan cinta ditinggal nikah berbagai sumber

foto: imdb.com

La La Land merupakan film drama musikal komedi yang mengisah dua orang yang saling cinta. Sebastian "Seb" Wilder dan Mia Dolan bertemu dalam sebuah momen yang membuat mereka saling cocok yang menjalin hubungan romantis yang serius. Namun, mereka kemudian menjalani hubungan jarak jauh karena Sebastian ingin menggapai mimpi besarnya.

Sebastian terlalu lama dengan mimpi-mimpinya sehingga seolah tak lagi menghiraukan Mia yang masih menunggunya. Namun, ternyata, Mia tak bisa menunggu Sebastian lebih lama lagi tanpa kepastian. Mia pun kemudian menikah dengan orang lain hingga di kemudian hari mereka bertemu dan suasana tak lagi sama. Film ini secara tersirat ingin memberikan pesan bahwa cinta tak bisa menunggu tanpa kepastian.

3. Love for Sale (2018).

Film kisahkan cinta ditinggal nikah berbagai sumber

foto: imdb.com

Love for Sale mengisahkan cerita pernikahan singkat yang hanya berlangsung selama 45 hari. Pernikahan yang awalnya hanya untuk mengelabui keluarga atas pertanyaan-pertanyaan kapan menikah, akhirnya menjadi bumerang sendiri saat Richard Achmad akhirnya menikah dengan Arini.

Benih cinta di antara mereka pun tumbuh dan niatan awal tak lagi sama. Namun, tiba-tiba Arini menghilang begitu saja dan pergi untuk selama-lamanya. Hal ini pun membuat Richard berpikir kembali tentang arti pernikahan bagi dirinya sendiri.

4. 500 Days of Summer (2009).

Film kisahkan cinta ditinggal nikah berbagai sumber

foto: imdb.com

500 Days of Summer merupakan kisah perjalanan Tom saat bersama Summer sekitar 1 tahun, gadis yang dia pikir akan menghabiskan sisa hidup dengannya. Namun, Summer ternyata hanya menganggap hubungan tersebut sebagai hubungan romansa tanpa status.

Pada suatu waktu, Summer pun pergi dari kehidupan Tom dan mereka bertemu kembali saat Summer bertunangan dengan orang lain. Tom kemudian berhasil move on dari cinta pertamanya tersebut dan datang ke pernikahan Summer.

5. Love Actually (2003).

Film kisahkan cinta ditinggal nikah berbagai sumber

foto: imdb.com

Love Actually mengisahkan kehidupan delapan pasangan kekasih yang menjalani rumitnya kehidupan cinta mereka. Cerita cinta mereka tersebut, ternyata saling bersinggungan dan berlangsung selama masa liburan sibuk sebelum tibanya Natal di London, Inggris.

Film Love Actually ini merupakan film antologi (gabungan beberapa cerita pendek), salah satunya cerita cinta tak tersampaikan sampai janur kuning melengkung dari Mark dan Juliet. Film ini berhasil memberikan beragam sudut pandang dari cerita-cerita yang ditampilkan.

6. Take This Waltz (2011).

Film kisahkan cinta ditinggal nikah berbagai sumber

foto: imdb.com

Take This Waltz mengisahkan pertemuan Margot, seorang penulis lepas yang tak bahagia dengan Lou, suaminya di Toronto. Sampai kemudian Margot bertemu dengan Daniel, seorang seniman yang ditemuinya saat dalam perjalanan bisnis.

Mereka kemudian menemukan rasa saling cocok satu sama lain. Padahal, Daniel tinggal tak jauh dari rumah Margot dan cukup akrab dengan Lou. Margot dan Daniel pun semakin akrab dan meninggalkan Lou seorang diri. Walaupun begitu, alih-alih marah, Lou malah mengerti atas pilihan Margot bahwa memang pernikahan mereka tak bahagia dan merelakan Margot pergi bersama orang yang dicintainya.

7. Cin(T)a (2009).

Film kisahkan cinta ditinggal nikah berbagai sumber

foto: imdb.com

Cin(T)a merupakan kisah cinta yang hadir dengan tema yang cukup sensitif di Indonesia. Kisah tersebut menggambarkan kisah antara Cina, seorang yang beretnis Cina dan baru berusia 18 tahun yang jatuh cinta dengan Annisa, seorang mahasiswi yang sudah berusia 24 tahun. Film cinta beda agama ini menampilkan beragam hambatan hingga kemudian mereka saling melepaskan, saat Annisa dijodohkan dengan pilihan orang tuanya.

8. Celeste and Jesse Forever (2012).

Film kisahkan cinta ditinggal nikah berbagai sumber

foto: imdb.com

Celeste and Jesse Forever merupakan film yang mengisahkan sebuah perceraian sepasang suami-istri mencoba mempertahankan persahabatan. Sementara itu, mereka berdua sama-sama mengejar orang lain yang mereka cintai. Film ini menggambarkan bagaimana dua orang yang pernah saling mencintai kemudian saling mengikhlaskan satu sama lain.

9. Heart (2006).

Film kisahkan cinta ditinggal nikah berbagai sumber

foto: imdb.com

Film Heart merupakan film yang mengisahkan Rachel, seorang wanita tomboi yang bersahabat akrab dengan Farel. Hubungan mereka awalnya seperti hubungan biasa antara teman yang saling cerita satu sama lain. Namun, hal tersebut kemudian berubah saat Farel bertemu dengan Luna dan jatuh cinta kepadanya.

Tahu akan hal tersebut, Rachel cemburu dan sering menghindar dari Farel. Kisah terus berjalan sampai kemudian Luna sakit dan harus segera mendapatkan donor hati agar bisa bertahan hidup. Tanpa ada penjelasan lanjut, ternyata Rachel mengikhlaskan mendonor hatinya untuk kesembuhan Luna. Film ini menggambarkan bagaimana perjuangan Rachel yang rela mengorbankan hidupnya untuk orang yang dicintai Farel dan mengikhlaskan orang yang dicintainya.

10. The Holiday (2006).

Film kisahkan cinta ditinggal nikah berbagai sumber

foto: imdb.com

Dua wanita dari London dan LA memutuskan untuk saling bertukar rumah dalam rangka liburan agar terbebas dari kerumitan percintaan mereka. Tapi perjalanan justru membawa akhir yang sangat mengejutkan. Keindahan memiliki cinta sejati bersama pria pujaan ternyata hanya sebatas mimpi.

Gagal meraih cinta sejati, membuat Iris dan Amanda merana. Iris, wanita yang sederhana hanya bisa menyimpan cintanya saat teman sekantornya, Jasper (Rufus Sewell), pria yang dicintainya secara diam-diam memutuskan menikah dengan perempuan lain.

11. Talak 3 (2016).

Film kisahkan cinta ditinggal nikah berbagai sumber

foto: imdb.com

Setelah resmi beberapa bulan bercerai, rumah kredit Bagas dan Risa terancam disita bank. Mereka berdua terpaksa harus bersama-sama mengerjakan sebuah proyek yang hasilnya bisa menyelamatkan kondisi keuangan mereka. Masalahnya, pekerjaan menuntut keduanya harus bersama.

Dalam proses pengerjaan proyek tersebut, muncul kembali benih cinta di antara mereka. Mereka pun memutuskan untuk rujuk kembali. Namun, hukum Talak 3 mengharuskan jika pasangan mau rujuk, harus melalui Muhalil, yaitu seorang laki-laki yang menikahi pihak perempuan kemudian bercerai.

Untuk memuluskan niat mereka, Bagas mencoba mengakali aturan dengan cara mencari suami kontrak untuk Risa. Bimo, teman masa kecil Bagas dan Risa terpilih menjadi pihak yang mereka percayai untuk melakukan hal ini. Namun, Bimo ternyata juga punya perasaan kepada Risa dan membuat Risa gundah dengan pilihan tersebut.