Brilio.net - Siapa sih yang nggak suka nonton film kartun? Sejak dulu film kartun banyak digemari masyarakat. Karakternya yang lucu dan ceritanya yang seru membuat banyak orang menyukainya. Film kartun sempat menghiasi layar kaca televisi Indonesia sejak tahun 1990-an. Mulai dari Dragon Ball, One Piece, Doraemon, Chibi Maruko Chan, dan masih banyak lagi.

Dulu kartu banyak diputar di Indonesia pada Minggu pagi. Hari yang bertepatan dengan libur sekolah. Sehingga banyak anak kecil seharian bisa nonton televisi. Namun jangan salah kartun tidak hanya digemari oleh anak kecil saja, melainkan juga remaja hingga dewasa.

Film kartun identik berasal dari Jepang. Banyak sekali film kartun asal Negeri Sakura hits hingga sekarang. Pasalnya kartun biasanya diadaptasi dari manga atau komik Jepang.

Dari berbagai kartun asal Jepang, ternyata ada adegan yang menampilkan unsur Indonesia. Ada yang berbentuk penyebutan negara, budaya, makanan khas, dan masih banyak lagi lainnya. Hal itu menjadi kebanggan tersendiri bagi warga Indonesia.

Nah, kartun Jepang apa saja yang memiliki unsur Indonesia? Berikut rangkuman brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (27/2)

1. Dragon Ball.

kartun Indonesia muncul wikipedia

foto: Twitter/@infoLengkap

Kartun karangan Akira Toriyama ini dibuat pada 1984. Pada episode ke-84 ke atas, film kartun ini menampilkan nuansa Bali. Pada episode itu diperlihatkan arena turnamen dengan desain arsitektur Bali.

 

2. Detective Conan.

kartun Indonesia muncul wikipedia

foto: Youtube/@Kurisu Wataru

Serial kartun Jepang Detective Conan menampilkan unsur Indonesia yaitu tarian asal Bali, tari Barong. Tarian ini ditampilkan di kartun serial Detective Conan pada episode ke-184.

 

3. Naruto.

kartun Indonesia muncul wikipedia

foto: 1cak

Pada Naruto The Last movie memperlihatkan Naruto dan kawan-kawan sedang mencari keberadaan Hanabi. Hanabi hilang diculik oleh musuh yang berasal dari bulan. Saat proses pencarian Hanabi, Naruto dan kawan-kawan masuk dalam sebuah gua. Dalam gua itu ada candi yang berbentuk seperti Borobudur.

 

4. One Piece.

kartun Indonesia muncul wikipedia

foto: onepiece.fandom

Salah satu musuh terkuat Luffy saat di pulau langit bernama Enel. Enel adalah raja yang menguasai pulau langit. Enel tidak mengenakan baju. Dia hanya mengenakan celana. Nah, yang bikin kagum celana yang dipakai Enel bermotif seperti batik.

 

5. The Mighties Disciple.

kartun Indonesia muncul wikipedia

foto: Youtube/@Sphelele Hadebe Smurf

Kartun asal Jepang ini bercerita mengenai bela diri, dengan karakter Radin Tidat Jihan dan Silcardo Jenazad. Pada episode edisi OVA (video rumahan) ke-11, mereka berkelahi dengan berbagai jurus. Nah, salah satu jurusnya diberi nama Serangan Harimau. Jurus ala pencak silat di Indonesia.

 

6. Digimon Adventure.

kartun Indonesia muncul wikipedia

foto: digimon.fandom

Film kartun bernuansa petualangan manusia dengan hewan-hewan lucu ini selalu menarik untuk diikuti. Dulu kartun ini sangat terkenal ketika ditayangkan di televisi Tanah Air. Nah, salah satu karakter yang bernama Baromon memiliki penampilan seperti Barong.

 

7. Hajimo no Ippo: Rissing.

kartun Indonesia muncul wikipedia

foto: ippo.fandom

Salah satu karakter di kartun ini bernama Papaya Dachiu dikatakan berasal dari Papua. Diceritakan kalau Papaya adalah juara Ringan Indonesia. Dia pertama kali bertarung dengan Aoki Masaru sebagai kartu pembuka untuk pertandingan Takamura Mamoru vs David Eagle.

 

8. D. Gray-Man.

kartun Indonesia muncul wikipedia

foto: Youtube/@Team Mystic

Kartun D. Gray-Man memunculkan menu makanan andalan Indonesia. Apa lagi kalau bukan nasi goreng. Nasi goreng memang menu yang terkenal lezat. Banyak orang yang menyukai menu ini, tidak hanya Indonesia melainkan juga negara lainnya.

 

9. Chuunibyo Demo Koi ga Shitai.

kartun Indonesia muncul wikipedia

foto: Twitter/@NoticeRP

Anime ini bercerita tentang anak laki-laki yang berhalusinasi mempunyai kekuatan supranatural. Dalam salah satu adegannya diceritakan bahwa ayah dari tokoh Rikka baru saja pulang dari Jakarta. Hal itu terlihat dari sebuah scene di mana ada bus Transjakarta dan bemo yang sedang macet di jalanan.

 

10. Jormungand.

kartun Indonesia muncul wikipedia

foto: YouTube/@Mike Dao

Anime ini menceritakan tentang anak muda mempunyai tugas untuk menjual persenjataan keliling dunia. Salah satu tujuan negaranya adalah Indonesia, tepatnya Jakarta. Diceritakan dengan detail perjalanan mereka saat ke Jakarta. Hal itu terlihat dari makanan dan pertokoan yang sangat Indonesia sekali.

 

11. Grisaia no Rakuen.

kartun Indonesia muncul wikipedia

foto: Instagram/@potongananime

Anime ini bercerita tentang seorang laki-laki yang belajar di sekolah khusus perempuan. Di salah satu adegannya terlihat salah satu karakternya berada di Indonesia untuk membeli sebuah apartemen.