Brilio.net - Industri film di Indonesia semakin berkembang seiring dengan munculnya berbagai genre yang menarik disaksikan. Tidak hanya soal aktor maupun aktris yang berbakat, alur ceritanya juga menjadi daya tarik bagi para penikmat film. Karena itu, banyak kisah-kisah menarik yang diadaptasi dari karya tulis populer. Salah satunya diadaptasi dari cerita di Wattpad.

Wattpad merupakan platform yang secara khusus mewadahi karya tulis penggunanya. Melalui Wattpad, kamu bebas menuangkan tulisan-tulisan hasil karyamu dan berpeluang dibaca oleh pengguna lainnya.

Kepopuleran Wattpad sendiri bisa terlihat dengan jumlah pembaca yang mencapai jutaan. Dampaknya lahirlah para penulis baru yang berhasil menerbitkan karyanya dalam bentuk novel maupun diadaptasi menjadi film.

Film Indonesia yang diadaptasi dari Wattpad juga mendapat banyak respons yang baik dari masyarakat. Para pembaca Wattpad pun dibuat penasaran, bagaimana jadinya jika karya tulis yang mereka sukai digambarkan dalam film. Tak heran jika sudah banyak film Indonesia yang diadaptasi dari Wattpad.

Penasaran apa saja? Berikut 13 film Indonesia yang diadaptasi dari Wattpad.

1. Dignitate.

11 Film Indonesia adaptasi Wattpad, terbaru Dignitate berbagai sumber

foto: Instagram/@filmdignitate

Film Dignitate menjadi film terbaru yang diadaptasi dari Wattpad. Rencananya, film ini akan tayang perdana di bioskop pada 23 Januari 2020 mendatang. Dalam film ini, kita akan melihat chemistry Al Ghazali dan Caitlin Halderman sebagai pemeran utama. Al akan memerankan tokoh Alfi, sedangkan Caitlin memerankan tokoh Alana.

Memiliki sifat dan karakter yang berbeda, Alfi digambarkan sebagai sosok pria yang tampan, cuek, dan selalu bersikap dingin terhadap orang di sekitarnya. Takdir pun mempertemukan Alfi dengan Alana, gadis periang dan penuh semangat yang berhasil mencuri hatinya.

2. SIN.

11 Film Indonesia adaptasi Wattpad, terbaru Dignitate berbagai sumber

foto: Instagram/@bryandomani_bd_

Tayang pada Oktober 2019 lalu, film SIN juga diadaptasi dari cerita di Wattpad karya Faradita. Dibintangi oleh Bryan Domani dan Mawar Eva de Jongh, film SIN disambut baik oleh masyarakat.

Tidak hanya mengisahkan kisah cinta remaja, film ini akan memunculkan berbagai konflik remaja yang cukup rumit dan menarik untuk disaksikan.

3. Senior.

11 Film Indonesia adaptasi Wattpad, terbaru Dignitate berbagai sumber

foto: Instagram/ @rklopperr

Pembaca Wattpad pasti sudah tak asing lagi dengan penulis Katakokoh atau Eko Ivano Winata. Salah satu karyanya di Wattpad ini telah dibaca lebih dari 20 juta kali dan berhasil dijadikan film dengan judul Senior.

Tayang perdana pada November 2019 lalu, film ini dibintangi Rebecca Klopper dan Jerome Kurnia. Film Senior berpusat pada kisah pemuda bernama Nakula yang mengalami kejadian buruk di masa lalunya. Namun dengan bantuan Aluna, ia bisa bangkit dan mencoba mencari adiknya Sadewa yang tinggal di Spanyol.

4. Matt & Mou 2019.

11 Film Indonesia adaptasi Wattpad, terbaru Dignitate berbagai sumber

foto: Instagram/ @mattnmou

Film berjudul Matt & Mou juga merupakan adaptasi dari novel di Wattpad karya Wulanfadi. Film ini dibintangi oleh pasangan seleb yang saat itu sedang hits, yakni Prilly Latuconsina dan Maxime Bouttier.

Dikisahkan Matt dan Mou adalah teman masa kecil. Mengetahui kalau Mou adalah gadis manja, Matt justru selalu siap melindungi Mou diberbagai situasi. Bahkan Matt lebih protektif jika membicarakan soal hal-hal yang berkaitan dengan Mou. Saat Matt ingin melanjutkan studinya, Mou akhirnya mengakui perasaannya pada Matt.

5. The Perfect Husband.

11 Film Indonesia adaptasi Wattpad, terbaru Dignitate berbagai sumber

foto: @wattpadandmovie

Film berjudul The Perfect Husband juga diadaptasi dari Wattpad dan tayang pada tahun 2018 lalu. Melalui film ini, kita diperlihatkan bahwa cinta itu tidak memandang usia.

Dibintangi oleh Dimas Anggara dan Amanda Rawles, film ini mengisahkan gadis SMA bernama Ayla yang dijodohkan dengan Arsen, pria mapan yang berprofesi sebagai pilot.

Perjodohan tersebut tentu ditolak mentah-mentah oleh Ayla, yang kala itu masih memiliki pacar. Namun pada akhirnya Ayla menyadari bahwa pilihan ayahnya untuk mencarikan pendamping hidup yang bertanggung jawab ternyata benar. Pada akhinya, Ayla mulai jatuh cinta dan menikah dengan Arsen.

6. R-Ratu Raja Rahasia.

11 Film Indonesia adaptasi Wattpad, terbaru Dignitate berbagai sumber

foto: Instagram/@mariposafilm

Ditulis oleh Wulanfadi, karya tulisnya yang berjudul R-Ratu Raja Rahasia diangkat menjadi film dengan judul yang sama. Dalam film ini, dikisahkan bahwa orangtua Ratu telah meninggal sehingga ia harus tinggal bersama Raja.

Meski bersikap seakan tak peduli, ternyata Raja selalu penasaran dengan hal-hal yang berkaitan dengan Ratu. Raja selalu datang di saat Ratu membutuhkannya.

7. Dear Nathan.

11 Film Indonesia adaptasi Wattpad, terbaru Dignitate berbagai sumber

foto: Instagram/@dearnathanhellosalma_ofc

Film yang melambungkan nama Jefri Nichol ini merupakan adaptasi dari cerita Wattpad lho. Dengan judul yang sama, karya tulis dari Wattpad ini merupakan karangan Eriska Febrianti. Kepopuleran Dear Nathan terbukti dengan dibaca lebih dari 30 juta kali. Alhasil, para pembaca sangat antusias saat mengetahui Dear Nathan akan diangkat ke layar lebar.

Film Dear Nathan sendiri mengisahkan sosok gadis pintar bernama Salma Alvira. Ia merupakan murid yang selalu taat pada aturan. Namun di hari pertama sekolah, Salma justru terlambat dan bertemu dengan Nathan, siswa yang terkenal sering berbuat onar.

Setelah pertemuan itu, Nathan mulai kagum dengan sikap Salma yang hangat padanya. Selain mengisahkan tentang kisah cinta mereka, penonton akan diperlihatkan latar belakang keluarga Nathan yang ternyata mengejutkan.

8. Dear Nathan: Hello Salma.

11 Film Indonesia adaptasi Wattpad, terbaru Dignitate berbagai sumber

foto: Instagram/@dearnathanhellosalma_ofc

Melanjutkan kisah Dear Nathan sebelumnya, film Hello Salma lebih berpusat pada kisah Salma yang harus menghadapi berbagai masalah baru di hidupnya. Selain mengakhiri hubungannya dengan Nathan, Salma juga harus mengalami tekanan dari ayahnya.

Sebenarnya Salma diarahkan untuk masuk di Fakultas Kedokteran, yang tidak sesuai dengan passionnya. Berbagai masalah yang datang membuat Salma sempat merasa depresi dan berencana kabur dari rumah.

Di sisi lain, Nathan yang sudah pindah di sekolah juga bertemu dengan siswi lain, bernama Rebecca. Jika hendak menonton film ini, pastikan kamu menonton film Dear Nathan yang sebelumnya ya. Dijamin deh, emosimu akan ikut terbawa saat menontonnya.

9. A: Aku, Benci, dan Cinta.

11 Film Indonesia adaptasi Wattpad, terbaru Dignitate berbagai sumber

foto: Instagram/@wattpadandmovie

Jika kamu ingin bernostalgia masa SMA, film A: Aku, Benci, dan Cinta mungkin bisa kamu jadikan pilihan untuk disaksikan. Film yang diadaptasi dari Wattpad ini menghadirkan berbagai bintang berbakat seperti Jefri Nichol, Indah Permatasari, Amanda Rawles, dan Brandon Salim.

Film ini berpusat pada kisah Alvaro dan Anggia yang saling jatuh cinta, namun tak mudah untuk mengungkapkannya.

10. EL.

11 Film Indonesia adaptasi Wattpad, terbaru Dignitate berbagai sumber

foto: Instagram/ @ladangfilmid

Mengangkat tema yang tidak biasa, film berjudul EL banyak memperlihatkan fenomena psikologis. Film ini diadaptasi dari cerita di Wattpad karya Luluk HF.

Sebelumnya karya tulis ini sudah dijadikan novel dan kemudian diangkat ke layar lebar. Dibintangi oleh Aurelie Moeremans dan Achmad Megantara, film ini mengisahkan kisah cinta Mario dengan gadis bernama Dafychi yang memiliki dua kepribadian.

11. Serendipity.

11 Film Indonesia adaptasi Wattpad, terbaru Dignitate berbagai sumber

foto: Instagram/@mawar_eva

Karya Erisca Febrianti yang juga difilmkan adalah Serendipity. Film ini mengisahkan hubungan rumit antara Arkan dan Rani. Mereka sempat menjalin hubungan asmara namun memutuskan untuk putus. Karena itu mereka mulai menjalani kehidupannya masing-masing. Namun mereka juga dihadapkan konflik dan terjebak dengan perasaan di masa lalu.

reporter: Deta Jauda