Brilio.net - Tahun 2021 menjadi tahun paling monumental bagi drama Korea. Pasalnya, pada tahun ini drama Korea semakin dikenal dan menjangkau pasar internasional yang lebih luas. Tidak hanya negara-negara yang biasa menjadi langganan drama Korea seperti Indonesia, melainkan juga negara seperti Amerika Serikat juga menikmati drama Korea.

Pada 2021 ini, Squid Game menjadi drama Korea paling monumental sampai menjadi fenomena dunia. Berbagai penonton di berbagai negara meniru seragam para peserta dan bahkan meniru atribut yang digunakan The Front Man dalam drama ini.

Selain Squid Game, masih banyak lagi drama-drama Korea laris tayang di Netflix. Beberapa di antaranya merupakan drama original Netflix dan beberapa lainnya adalah drama Korea yang berhasil tayang berkat kerja sama rumah produksi dengan Netflix.

Dirangkum brilio.net dari Forbes dan berbagai sumber Rabu (22/12), berikut 11 drama Korea terlaris di Netflix 2021, Squid Game jadi fenomena dunia.

1. Squid Game (17 September).

Drama Korea terlaris di Netflix 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Sejak tayang pertama kali pada 17 September 2021, Squid Game berhasil menarik animo penonton di seluruh dunia. Tidak hanya itu, serial drama survival ini berhasil menjadi fenomena dunia dan di beberapa negara mencoba untuk mereplikasi permainan yang ditampilkan dalam serial ini. Squid Game menceritakan 456 orang putus asa yang mempertaruhkan nyawanya untuk mengikuti serangkaian permainan demi meraih hadiah 45,6 miliar won atau setara Rp 555 miliar. Semua peserta tersebut harus melewati berbagai macam rintangan dalam permainan yang sebenarnya mereka sudah pernah mainkan saat masa kecil. Squid Game berhasil menjadi serial terlaris dan membuat banyak orang berlangganan Netflix di 90 negara.

2. Hellbound (19 November 2021).

Drama Korea terlaris di Netflix 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Hellbound bercerita tentang sekelompok monster yang memburu orang-orang yang dianggap berdosa dan mengirim mereka ke neraka. Sang pendosa akan diberitahu tanggal dan waktu kematian mereka sebelum akhirnya dikejar oleh monster tersebut. Serial ini berhasil mendapat sambutan yang cukup meriah dan membuat serial ini menjadi salah satu yang terlaris tahun ini. Serial ini mengisahkan sebuah sekte Kebenaran Baru yang menjadi penentu setiap pendosa yang layak diburu dan dimasukkan ke dalam neraka.

3. My Name (15 Oktober 2021).

Drama Korea terlaris di Netflix 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Yoon Ji-woo harus menelan kenyataan pahit saat mengetahui bahwa ayahnya terbunuh secara misterius. Sebelum kematian ayahnya, ia harus menghabiskan masa-masa di sekolah dengan bertahan menghadapi bully-an orang-orang yang menganggapnya anak dari seorang pecandu narkoba. Tak lama kemudian, saat hari ulang tahunnya, ia melihat langsung ayahnya dibunuh oleh seorang misterius. Ia kemudian bertekad untuk menemukan dan membunuh orang yang menembak ayahnya. Serial ini merupakan serial thriller pertama yang dibintangi Han Soo-he dan berhasil menarik simpati para penggemarnya. Soo-he yang sebelumnya sering berperan sebagai perempuan feminin, di serial ini semua citra tersebut seolah dihapus dengan penampilannya yang urakan.

4. Vincenzo (20 Februari 2021).

Drama Korea terlaris di Netflix 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Vincenzo merupakan drama yang berkisah tentang Park Joo-hyung (Song Joong-ki) yang diadopsi oleh keluarga Italia pada usia delapan tahun. Di negara tersebut, saat beranjak dewasa, ia melanglang buana dan bergabung dengan geng mafia sekaligus diadopsi oleh Don Fabio, kepala Keluarga Cassano. Joo-hyung kemudian berganti nama menjadi Vincenzo Cassano dan membangun reputasinya menjadi pengacara para mafia kelas kakap sekaligus tangan kanan Don Fabio. Setelah Fabio meninggal, Paolo, putra kandung Fabio dan pemimpin baru Keluarga Cassano berusaha membunuh Vincenzo. Ia kemudian melarikan diri ke Seoul, Korea Selatan dan membangun reputasinya di negara asalnya tersebut. Drama ini menjadi salah satu serial drama terlaris tahun ini sejak dirilis pada 20 Februari 2021.

5. Sweet Home (20 Desember 2020).

Drama Korea terlaris di Netflix 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Walaupun tayang pada 20 Desember 2020, serial drama Sweet Home berhasil menjadi salah satu serial drama terlaris pada 2021. Drama ini berhasil mencatat 2,1 miliar tampilan bersih di seluruh dunia. Serial drama yang diangkat dari webtoon dengan judul yang sama karya Kim Carnby dan Hwang Young-chan ini mengisahkan Cha Hyun-soo (Song Kang) yang hidup sebatang kara karena seluruh keluarganya tewas akibat kecelakaan. Hyun-soo harus pindah ke sebuah apartemen kumuh bernama Green Home. Tanpa diduga, di apartemen tersebut ada sebuah monster yang mencoba untuk memusnahkan manusia. Hyun-soo dan penghuni lain mencoba melarikan diri dan berusaha selamat dari amukan monster tersebut.

6. Love Alarm 2 (12 Maret 2021).

Drama Korea terlaris di Netflix 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Love Alarm berkisah tentang teknologi yang memungkinkan pengguna menemukan cintanya melalui aplikasi yang memberi tahu pengguna ketika seseorang dalam jarak 10 meter memiliki perasaan romantis terhadap mereka. Serial drama ini diadaptasi webtoon Daum dengan judul yang sama karya Chon Kye-young. Dalam drama ini, dikisahkan gadis sekolah menengah menggunakan aplikasi seluler tersebut untuk menemukan orang yang dicintainya. Musim kedua serial ini mampu menyedot animo penonton untuk juga menonton musim pertamanya.

7. Hometown Cha-Cha-Cha (28 Agustus 2021).

Drama Korea terlaris di Netflix 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Hometown Cha-Cha-Cha mengisahkan Yoon Hye-jin (Shin Min-a), seorang dokter gigi cerdas dan cantik yang tinggal di kota besar harus kehilangan pekerjaannya setelah menuduh kepala dokter klinik tempatnya bekerja melakukan perawatan pasien secara berlebihan demi keuntungan. Ia kemudian pergi ke desa Gongjin yang terletak di tepi pantai untuk menenangkan diri. Di pantai tersebut, ia kemudian bertemu dengan Hong Du-sik (Kim Seon-ho) yang menjadi pemuda yang sangat dihormati di desa tersebut. Sejak pertemuan itu, Hye-jin kemudian memutuskan untuk membuat klinik gigi di Gongjin. Sejak saat itu pula, beragam cerita dimulai dan menampilkan Gongjin yang hadir dengan penduduk yang seru dan penuh keguyuban. Serial drama ini berhasil meraih 3,2 juta tampilan di seluruh dunia dan menjadi serial drama non-Inggris yang banyak ditonton di Netflix.

8. Nevertheless (19 Juni 2021).

Drama Korea terlaris di Netflix 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Nevertheless merupakan drama Korea yang diangkat dari judul yang sama. Serial drama ini mengisahkan Yoo Na-bi (Han So-hee) dan Park Jae-eon (Song Kang) yang sama-sama tertarik satu sama lain, tetapi juga sama-sama skeptis tentang cinta. Hal tersebut dikarenakan mereka masih menyimpan trauma masa lalu mereka dan belum berdamai dengan kehidupan masing-masing. Hubungan tersebut kemudian berlangsung dan menghasilkan hubungan yang toxic. Na-bi yang tampak terlalu sayang kepada Jae-eon dan bahkan rela melakukan apa saja walaupun hal itu merugikan dirinya sendiri. Sementara itu, Jae-eon tampak tidak terlalu peduli dengan hubungan tanpa status yang tak terlalu jelas tersebut. Serial drama ini menjadi salah satu serial drama terlaris yang berhasil membuat penontonnya gregetan.

9. Run On (16 Desember 2020).

Drama Korea terlaris di Netflix 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Seperti halnya Sweet Home yang juga tayang pada akhir 2020, Run On pun berhasil menjadi salah satu serial drama Korea yang laris pada awal 2021. Serial drama yang bercerita tentang kisah cinta antara mantan atlet lari bernama Ki Seon-Gyeom (Im Si-wan) dan Oh Mi-joo (Shin Se-kyung), penerjemah bahasa untuk film atau subtitle. Karena tidak bisa lagi ikut serta dalam perlombaan lari, Seon-Gyeom pun memilih bekerja sebagai karyawan di suatu agensi olahraga. Drama ini mengisahkan kisah cinta yang sederhana, tetapi penuh kompleksitas saat kehadiran orang ketiga. Serial drama yang tayang tiap minggu sampai 4 Februari 2021 ini berhasil menyita perhatian banyak penonton untuk menyelesaikan teka-teki yang dibangun sejak episode pertama.

10. Sisyphus: The Myth (17 Februari 2021).

Drama Korea terlaris di Netflix 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

Sisyphus: The Myth mengisahkan perjalanan waktu seorang ahli mesin jenius bernama Han Tae-sul (Cho Seung-woo) dan prajurit masa depan bernama Gang Seo-hae (Park Shin-hye). Pertemuan mereka ternyata menjadi sebuah tegangan yang mengharuskan mereka berselisih satu sama lain. Seo-hae harus mencegah Han Tae-sul menciptakan teknologi 'Pengunggah' yang dapat membahayakan dunia.

11. The King's Affection (11 Oktober 2021).

Drama Korea terlaris di Netflix 2021 berbagai sumber

foto: imdb.com

The King's Affection mengisahkan nasib anak yang kembar yang harus berjuang agar tetap hidup. Berlatar dinasti Joseon, seorang Permaisuri Putri Mahkota (Park Eun-bin) melahirkan anak kembar yang berbeda jenis kelamin. Menurut kepercayaan saat itu, bayi perempuan harus dibunuh untuk menghindari kutukan atau hal-hal yang tidak diinginkan. Sang permaisuri kerajaan kemudian melakukan cara apa pun untuk membawa keluar putrinya dari istana dan membiarkan putranya hidup di lingkungan istana. Sampai suatu ketika, sang putra meninggal dunia dan sang permaisuri meminta putrinya yang dulu diselamatkan kembali ke istana dengan menyamar sebagai putranya. Serial ini berhasil meraih rating tertinggi sejak penayangan perdananya dan bertahan sampai episode terakhir.