Brilio.net - Saking banyaknya drama Korea yang tayang setiap tahunnya, menjadi hal sulit untuk memilih drama Korea mana yang menjadi drama Korea terbaik. Masing-masing penonton tentu saja punya selera masing-masing untuk menentukan drama mana yang layak dipilihnya.

Walaupun begitu, drama-drama Korea berikut dihimpun dari berbagai judul yang pernah hadir dan mempunyai daya pikatnya masing-masing. Mulai dari genre romantis, thriller, horor, hingga kisah bertema kriminal yang memiliki reputasi terbaik di genrenya masing-masing.

Karena itu, drama ini dijamin bikin betah para penontonnya dan memberikan cerita yang plot twist banget. Drama-drama tersebut berhasil menjadi tontonan yang takkan pernah bosan ditonton kapan pun.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (29/12), berikut 11 drama Korea terbaik sepanjang masa, cerita dijamin bikin betah.

1. Itaewon Class (2020).

Drama Korea terbaik sepanjang masa betah berbagai sumber

foto: imdb.com

Berkisah tentang Park Sae-Ro-Yi (Park Seo-Joon) yang setelah kematian mendadak ayahnya memutuskan untuk menjatuhkan CEO restoran yang kuat, Jang Dae-Hee (Yoo Jae-Myung) dari Jangga Group, yang berada di belakang Park Sae- Pengusiran Ro-Yi dari sekolah dan hukuman penjara tiga tahun. Meskipun menjadi narapidana, Sae-Ro-Yi membuka bar dan restorannya sendiri dan bertujuan untuk menjadikannya waralaba top di Korea. Dia kemudian mempekerjakan sekelompok orang aneh yang dipimpin oleh Jo Yi-Seo (Kim Da-Mi) yang menjadi manajer restoran dan bersaing dengan CEO Jang.

2. Crash Landing On You (2019).

Drama Korea terbaik sepanjang masa betah berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Crash Landing On You berkisah tentang Yoon Se-ri (Son Ye-jin) seorang pengusaha sukses dan pewaris dari Korea Selatan yang menabrak tanah di Korea Utara saat paralayang karena badai tornado. Ia kemudian terjebak di pohon yang terletak di Zona Demiliterisasi Korea dan ditemukan oleh petugas Korea Utara bernama Ri Jeong-hyeok (Hyun-bin). Yang terjadi selanjutnya adalah romansa yang menghangatkan hati antara Jeong-hyeok yang berusaha menyembunyikan Se-ri dari tentara Korea Utara dan berusaha menerimanya kembali ke Korea Selatan .

3. Kingdom (2019).

Drama Korea terbaik sepanjang masa betah berbagai sumber

foto: imdb.com

Kingdom berkisah tentang bagaimana setelah seorang raja tumbang, desas-desus menunjukkan bahwa dia tidak ada lagi. Kemudian putranya Putra Mahkota Lee Chang (Ju Ji-Hoon) memulai perjalanan untuk menyelidiki kebenaran tentang kondisi ayahnya. Dia kemudian melanjutkan untuk menemukan bahwa virus menular menyebar yang mengubah hidup menjadi mayat hidup. Di satu sisi, pertempuran adalah dengan orang-orang yang terinfeksi dan di sisi lain dengan orang-orang yang haus akan kekuasaan takhta. Kedua musim pertunjukannya segar dan menarik. Dari arah, kostum hingga sinematografi dan akting, seluruh pemain dan kru telah melakukan pekerjaan yang brilian.

4. Mr. Sunshine (2018).

Drama Korea terbaik sepanjang masa betah berbagai sumber

Drama Korea terbaik sepanjang masa betah berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Sunshine berkisah tentang seorang anak laki-laki Eugene Choi (Lee Byung-hun) yang dilahirkan dalam perbudakan, tetapi melarikan diri dari Joseon ke Amerika pada 1871. Setelah beberapa dekade Eugene Choi kemudian menjadi kapten Korps Marinir AS dan kembali ke negara asalnya untuk sebuah misi. Dia kemudian jatuh cinta dengan Go Ae-shin (Kim Tae-ri), seorang wanita bangsawan yang diam-diam terhubung dengan sekelompok pejuang kemerdekaan Korea. Berlatar awal 1900-an, drama ini menggambarkan kisah cinta yang luar biasa.

5. When the Camellia Blooms (2019).

Drama Korea terbaik sepanjang masa betah berbagai sumber

foto: imdb.com

When the Camellia Blooms mengisahkan kehidupan Dong-baek (Gong Hyo-jin) yang menjalankan sebuah bar restoran bernama Camellia di Ongsan. Ia selalu menjadi sasaran gosip karena menjadi seorang ibu tunggal dan menyajikan minuman keras untuk pria. Terlepas dari semua gosip yang tidak perlu tersebut, petugas polisi Hwang Yong-sik (Kang Ha-neul) jatuh cinta dengan Dong-baek. Sementara itu, Kang Jong-ryeol (Kim Ji-seok), seorang pemain bola basket yang pernah menjadi mantannya kembali lagi ke kehidupannya. Saat Dong-baek ingin menemukan kebahagiaan hidupnya, tiba-tiba ia menjadi target seorang pembunuh berantai. Kedua pria tersebut kemudian terjebak dalam cinta segitiga sekaligus sama-sama berusaha menyelamatkan Dong-baek dari target pembunuhan selanjutnya.

6. Prison Playbook (2017).

Drama Korea terbaik sepanjang masa betah berbagai sumber

foto: imdb.com

Prison Playbook mengisahkan saat Kim Je-hyeok (Park Hae-soo) seorang pelempar superstar di Korea, dijatuhi hukuman satu tahun penjara karena menyerang seorang pria yang mencoba melakukan pelecehan seksual terhadap saudara perempuannya. Cerita berlanjut saat ia mencoba untuk menetap di kehidupan penjara dan terhubung kembali dengan teman masa kecilnya Lee Joon-ho (Jung Kyung-ho) yang sekarang menjadi petugas di fasilitas pemasyarakatan. Drama ini menampilkan adegan dialog yang cukup intens dengan dua karakter tersebut dan menghadirkan komedi gelap tentang penjara yang penuh dengan perilaku korupsi para penjaganya.

7. Stranger (2017).

Drama Korea terbaik sepanjang masa betah berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Stranger mengisahkan seorang jaksa bernama Hwang Shi-mok (Cho Seung-woo) yang tidak memiliki empati setelah menjalani operasi otak saat kecil. Dia kemudian bekerja sama dengan seorang letnan polisi berhati lembut Han Yeo-jin (Bae Doo-na) untuk memecahkan pembunuhan. Saat mereka menyelidiki untuk menemukan pelakunya, mereka menemukan korupsi yang terjadi di dalam sistem peradilan yang mereka percayai. Drama ini menampilkan beragam teka-teki detektif yang coba diungkap oleh dua karakter utama.

8. Descendants of the Sun (2016).

Drama Korea terbaik sepanjang masa betah berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Descendants of The Sun menceritakan tentang kisah cinta seorang tentara yang diperankan oleh Song Joong Ki sebagai Kapten Yoo Si-jin, dengan seorang tenaga medis yang diperankan Song Hye Kyo sebagai dokter Kang Mo-yeon. Saat sedang dinas, Kapten Yoo Si-Jin dan Sersan Mayor Seo Dae-young sedang menangkap pencuri. Pencuri tersebut bernama Kim Gi-beom yang sedang mencuri sepeda. Tetapi pencuri itu terjatuh dari motor, dan diantarkan ke rumah sakit Haesung oleh kedua tentara tersebut. Dari kejadian tersebut, Kapten Yoo Si-Jin bertemu dengan Kang Mo-yeon, yang bekerja sebagai dokter di rumah sakit itu.

9. Guardian: The Lonely and Great God (2016).

Drama Korea terbaik sepanjang masa betah berbagai sumber

foto: imdb.com

Guardian: The Lonely and Great God atau Goblin menjadi salah satu drama romantis yang penuh dengan kejutan. Goblin dimulai dengan eksekusi dari seorang jenderal militer. Sebagai hukuman bagi tentara yang dia bunuh, Kim Shin dikutuk dengan kehidupan abadi. Satu-satunya yang dapat mematahkan kutukan tersebut adalah seorang wanita muda yang muncul 900 tahun kemudian yang ditakdirkan untuk menjadi "pengantin" goblin.

10. The Heirs (2013).

Drama Korea terbaik sepanjang masa betah berbagai sumber

foto: imdb.com

The Heirs mengisahkan penolakan Kim Tan yang diperankan oleh Lee Min-ho saat hendak dijodohkan dengan Rachel Yoo yang diperankan oleh Kim Ji-won, walaupun sama-sama berasal dari keluarga konglomerat. Perjodohan tersebut menjadi salah satu langkah keluarga besar untuk menyelamatkan dan mewarisi kerajaan bisnisnya. Namun, sejak Kim Tan menolak, hubungan ini pun tak berlanjut dan punya cerita yang lain. Mereka berdua sama-sama mempunyai orang lain yang dicintainya.

11. My Love From The Star (2013).

Drama Korea terbaik sepanjang masa betah berbagai sumber



foto: imdb.com

My Love from Another Star menjadi salah satu drama korea komedi romantis yang pernah diperankan oleh Jun Ji-hyun dan Kim Soo-hyun sehingga berhasil melambungkan namanya. Drama yang mengisahkan Do Min-joon (Kim Soo-hyun), seorang alien tampan yang hidup sejak dinasti Joseon sampai zaman modern hingga akhirnya ia bertemu dengan Cheon Song-yi (Jun Ji-hyun) yang menjadi seorang aktris terkenal di Korea. Drama ini berhasil menampilkan kisah romantis dari dua makhluk berbeda dengan beragam komedi yang dihadirkannya.