Brilio.net - Menjadi seorang tentara bukan perkara mudah. Tentara harus tunduk dengan sistem komando sang kapten dan selalu tunduk kepada negara yang dibelanya. Saat negara dalam keadaan bahaya dan perang tak dapat dihindari, seorang prajurit mau tak mau harus pergi ke medan perang. Membela negara adalah segalanya.

Hal semacam itulah yang sering digambarkan dalam drama Korea bertema tentara. Drama-drama tersebut selalu menggambarkan patriotisme para tentara dan juga intrik politik antara Korea Selatan dan Korea Utara.

Namun, di antara sekian banyak drama Korea yang mengisahkan kehidupan tentara, ada pula kisah romantis yang dialami oleh para tentara. Kisah tersebut menggambarkan bahwa tentara juga manusia biasa seperti warga sipil yang punya cinta. Kisah romantis tersebut tak selalu mulus dan juga terkadang harus ikut berkecamuk di tengah perang yang dapat menghancurkan segalanya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Senin (3/1), berikut 11 drama Korea tentang tentara, kisah perang berbalut cinta.

1. Search (2020).

Drama Korea tentang tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Search mengisahkan saat Yong Dong-jinm seorang sersan yang menjadi pawang anjing militer dengan keahlian khusus mampu melacak jejak musuh. Dong-jinm bertugas untuk mengungkap sebuah kasus misterius yang terjadi di zona demiliterisasi (DMZ) yang langsung berbatasan dengan Korea Utara.

Tanpa disangka di tempat tersebut, ia bertemu dengan Son Ye-rim, letnan senior dan perwira elit dari Korps Sekolah Universitas Wanita, dan saat ini menjadi perwira di Pusat Komando KCST. Selain itu, Ye-rim ternyata merupakan mantan pacar Dong-jinm yang sudah lama berpisah.

Di tengah tugas profesional sebagai tentara, cinta mereka perlahan bersemi kembali dan membuat satu satu sama lain tumbuh perasaan saling jatuh cinta.

2. Crash Landing on You (2019).

Drama Korea tentang tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Crash Landing on You mengisahkan saat Yoon Se-ri, seorang pebisnis perempuan di bidang fesyen terdampar di daerah Korea Utara tanpa sengaja. Hal itu terjadi saat paralayang yang ia gunakan terbang tanpa kendali setelah diterpa badai angin yang cukup besar. Se-ri kemudian ditemukan oleh Kapten Ri Jeong-hyeok, seorang kapten tentara Korea Utara yang diam-diam menolong Se-ri.

Di tengah usaha tersebut, hubungan Kapten Jeong-hyeok dan Se-ri semakin erat dan punya perasaan khusus satu sama lain. Namun, hubungan dua negara Korea yang tak akur, membuat hubungan ini pun dianggap sulit untuk diteruskan.

3. Mr. Sunshine (2018).

Drama Korea tentang tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Mr. Sunshine berkisah tentang seorang anak laki-laki Eugene Choi (Lee Byung-hun) yang dilahirkan dalam perbudakan, tetapi melarikan diri dari Joseon ke Amerika pada 1871. Setelah beberapa dekade Eugene Choi kemudian menjadi kapten Korps Marinir AS dan kembali ke negara asalnya untuk sebuah misi. Dia kemudian jatuh cinta dengan Go Ae-shin (Kim Tae-ri), seorang wanita bangsawan yang diam-diam terhubung dengan sekelompok pejuang kemerdekaan Korea. Berlatar awal 1900-an, drama ini menggambarkan kisah cinta yang luar biasa.

4. Oh My Captain (2018).

Drama Korea tentang tentara berbagai sumber

foto: mydramalist.com

Oh My Captain mengisahkan saat perempuan Korea juga diwajibkan ikut wajib militer seperti halnya laki-laki. Drama ini mengisahkan Cha Song-jo yang menjadi seorang prajurit perempuan terbaik di angkatannya. Ia dikenal sebagai sosok yang temperamen dan mudah marah. Karena itu, sikap tersebut membuat semua anak buahnya segan.

Suatu hari, Kim Soo-hyun, putra dari keluarga elite militer datang ke tempat camp yang disebut camp Divisi Aram. Semua prajurit perempuan di camp tersebut terpesona dengan kehadiran Soo-hyun. Namun, hal tersebut tidak terjadi pada Kapten Cha Song-jo. Sampai kemudian keduanya terlibat dalam sebuah interaksi yang intens dan membuat mereka saling jatuh cinta.

5. Descendants of The Sun (2016).

Drama Korea tentang tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Descendants of The Sun mengisahkan Yoo Si-jin yang menjadi pimpinan pasukan elite fiksi dari Batalion Misi Khusus ke-707 di Korea Selatan. Ia dikenal sebagai orang yang tak peduli dengan politik perang negaranya. Ia hanya percaya dan melindungi semua orang yang membutuhkan bantuan, membela negaranya, dan membela kehormatan anak buahnya.

Si-jin kemudian bertemu dengan Dokter Kang Mo-yeon yang menjadi pasukan dokter militer dan menjalin hubungan yang intens dengannya. Di tengah ketegangan perang, mereka perlahan menjadi hubungan romantis dan membuat drama ini menjadi salah satu drama action-romantis yang cukup legendaris. Drama ini berhasil meraih skor 8 di IMDb.

6. King 2 Heart (2012).

Drama Korea tentang tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

King 2 Heart berkisah tentang Lee Jae-ha, putra mahkota yang rupawan, tetapi materialistis. Jae-ha kemudian diminta ayahnya untuk bergabung dengan militer Korea Utara agar putranya tersebut bisa menjadi lebih dewasa dan bisa memimpin kerajaan. Saat menjadi tentara Korea Utara, ia bertemu dengan Kim Hang-ah, perwira pasukan khusus Korea Utara sekaligus putri seorang pejabat tinggi militer. Mereka pun saling jatuh cinta dan kemudian memutuskan untuk menikah.

Saat pernikahan mereka digelar, identitas asli Jae-ha yang ternyata dari Korea Selatan terbongkar dan pertikaian dua kerajaan dan dua negara tersebut memanas. Cinta mereka berada di ujung tanduk konflik yang tak mungkin bisa didamaikan.

7. Bridal Mask (2012).

Drama Korea tentang tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Bridal Mask mengisahkan Lee Kang-to yang menjabat sebagai perwira Korea yang bekerja di bawah komando tentara Jepang. Ia bertugas menangkap Bridal Mask atau topeng pengantin, seorang pemberontak misterius yang berjuang untuk kemerdekaan Korea. Ia kemudian menyamar sebagai Bridal Mask tanpa sepengetahuan seorang pun untuk menyalurkan rasa simpati yang tak bisa disalurkan saat menjadi pejabat Jepang.

Selain itu, ia jatuh cinta dengan Kimura Shunji, seorang guru sekolah Jepang yang lembut dan malah menyukai Mok-dan, seorang patriotik Korea. Cinta Kang-to bertepuk sebelah tangan dan membuatnya semakin menjadi seorang pribadi yang gelap dan tak lagi peduli dengan perjuangan rakyat Korea.

8. City Hunter (2011).

Drama Korea tentang tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

City Hunter merupakan drama Korea yang diadaptasi dari serial manga karya Tsukasa Hojo dengan judul yang sama. Drama ini mengisahkan Lee Yoon-sung, lulusan MIT berbakat yang bekerja sebagai tentara yang ada di tim komunikasi internasional di Blue House. Ia berencana membalas dendam pada lima politisi yang menyebabkan kematian ayahnya, Lee Jin-pyo. Ia akhirnya menjadi "Pemburu Kota" yang takkan melepaskan targetnya begitu saja. Namun, saat menjalankan misinya, ia bertemu Kim Na-na yang menjadi pengawal anak presiden sekaligus sosok pujaan hatinya.

9. Road Number One (2010).

Drama Korea tentang tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Road Number One mengisahkan cerita pilu Lee Jang-woo, yang tiba-tiba dikabarkan meninggal dunia di medan perang. Mengetahui kabarkan kekasihnya tersebut, Kim Soo-yeon pun memilih untuk segera move on agar tidak larut dengan kesedihan yang berkepanjangan. Ia kemudian bertemu dengan Shin Tae-ho dan segera melangsungkan pernikahan.

Namun, saat pernikahan dilangsungkan, Jang-woo kemudian muncul secara tiba-tiba dan mengatakan bahwa kabar tentang dirinya adalah sebuah kesalahan. Jang-woo sebenarnya berusaha untuk segera kembali ke Korea Selatan untuk bertemu dengan kekasihnya.

Namun, sehari kemudian, Jang-woo dan Tae-ho harus pergi ke Utara dan karena Perang Korea sedang berlangsung dan mereka harus terlibat sebagai sikap sebagai seorang tentara. Kehidupan cinta mereka kacau seiring kekacauan yang ditimbulkan oleh perang saudara tersebut.

10. Legend of the Patriots (2010).

Drama Korea tentang tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Legend of the Patriots atau juga disebut dengan judul Comrade mengisahkan saat Perang Korea berlangsung pada 1950-1953. Drama ini mengisahkan Lee Hyun-joong, seorang komandan pasukan perang Korea Selatan dan veteran perang yang punya daya juang tinggi untuk tentara. Saat perang berlangsung, ia bertemu dengan Lee Soo-kyung dan kembali teringat kenangan masa lalu mereka sebagai sepasang kekasih.

Namun, saat pertemuan tersebut, Soo-kyung bukan wanita biasa, melainkan seorang letnan dari pasukan Korea Utara. Drama ini menggambarkan bagaimana cinta berkecamuk di antara perang yang dapat menghancurkan segalanya, termasuk cinta yang pernah ada di antara mereka berdua.

11. Iris (2009).

Drama Korea tentang tentara berbagai sumber

foto: imdb.com

Bercerita tentang dua orang sahabat Kim Hyun-jun dan Jin Sa-woo yang dilatih oleh tentara Korea Selatan. Keduanya bekerja untuk NSS (National Security Service). Kemudian mereka jatuh cinta pada wanita yang sama, Choi Seung-hee. Kehidupan mereka pun mulai berubah ketika Hyun-jun dijebak dengan ditugaskan ke Hongaria. Kisah cinta segitiga para tentara ini mewarnai intrik politik antara Korea Selatan dan Korea Utara.