Brilio.net - Setiap orang punya potensi mengalami trauma yang tak pernah bisa dilupakan seumur hidupnya. Trauma tersebut sering kali menjadi penghalang seseorang untuk berkembang dan menggapai karier. Tema-tema semacam inilah menjadi fokus utama dalam drama Korea yang akan dijelaskan berikut ini.

Drama Korea tersebut menampilkan perjuangan para karakter yang punya trauma masa lalu yang tak terlupakan begitu saja. Mulai dari trauma masa kecil karena hidup di lingkungan keluarga yang abusif, trauma percintaan, hingga trauma atas semua kesalahan-kesalahan yang ada di luar kendali dirinya.

Drama tersebut bergerak dengan cerita yang manusiawi sehingga tidak berniat untuk menggurui para penontonnya. Dibalut dengan kisah komedi-romantis, drama-drama tersebut dapat diterima dengan baik oleh para penontonnya. Hal ini dibuktikan dengan raihan skor yang cukup tinggi di IMDb.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Kamis (16/12), berikut 11 drama Korea kisah penyembuhan trauma, bantu berdamai ke diri sendiri.

1. Hometown Cha-Cha-Cha (2021).

Drama Korea kisah penyembuhan trauma berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Korea Hometown Cha Cha Cha mengisahkan tentang seorang dokter gigi yang pindah ke sebuah pedesaan, bertemu pria pengangguran. Namun hidupnya begitu bermanfaat karena membantu warga desa setempat. Kisah di drama ini bermula saat Yoon Hye-jin (Shin Min-a) ingin membuka klinik dokter gigi. Berkat Hong Du-sik (Kim Seon-ho), klinik gigi tersebut segera terwujud. Drama ini menampilkan hal-hal sederhana tentang masyarakat desa pelabuhan yang tenang dan juga asri. Selain itu, drama ini juga memuat pergulatan Du-sik dengan masa lalunya. Hingga episode selesai, Du-sik berhasil memaafkan dirinya atas segala hal yang terjadi di masa lalu. Drama ini pun berhasil meraih skor 8,6/10 di IMDb.

2. Its Okay To Not Be Okay (2020).

Drama Korea kisah penyembuhan trauma berbagai sumber

foto: imdb.com

Its Okay To Not Be Okay mengisahkan orang-orang yang haus cinta dan kasih sayang, tetapi mengalami trauma dalam hidupnya. Mereka kemudian saling bertemu dan menumbuhkan rasa satu sama lain dan berakhir dengan saling dukung serta saling cinta. Drama ini fokus pada cerita Ko Mun-yeong (Seo Ye Ji) dan Moon Gang-tae (Kim Soo Hyun) yang memiliki trauma masa kecil dan berusaha untuk menyembuhkan satu sama lain. Gang-tae membantu Mun-yeong untuk mengendalikan emosinya, sementara Mun-yeong membantu Gang-tae untuk berani mengekspresikan dirinya. Mereka menyadari bahwa permasalahan bukanlah sesuatu untuk dihindari, melainkan harus dihadapi bersama-sama agar bisa bertahan hidup. Drama ini pun berhasil meraih skor 8,7/10 di IMDb.

3. Healer (2014).

Drama Korea kisah penyembuhan trauma berbagai sumber

foto: imdb.com

Healer merupakan drama Korea yang menceritakan Seo Jung-hoo (Ji Chang-wook) yang bekerja sebagai kurir malam ilegal. Healer merupakan sebuah kode nama rahasia. Sebab Seo Jung-hoo tak pernah menunjukkan identitas aslinya sebagai seorang pengantar pesan rahasia yang handal. Jung-hoo kemudian bertemu dengan seorang reporter muda penuh semangat bernama Chae Young-shin (Park Min-young). Pertemuan tersebut membawa keduanya dalam sebuah perjalanan menuju penyembuhan emosional ketika. Hal itu terjadi saat mereka sama-sama berusaha mengungkap kebenaran di balik kematian ayah mereka yang selama ini menjadi rahasia. Drama ini berhasil meraih skor 8,4/10 di IMDb.

4. Mystic Pop-up Bar (2020).

Drama Korea kisah penyembuhan trauma berbagai sumber

foto: imdb.com

Mystic Pop-up Bar merupakan drama Korea yang diadaptasi dari webtoon Daum Twin Tops Bar karya Bae Hye-soo. Drama ini berkisah tentang pojangmacha misterius (tempat minum di luar ruangan). Tempat minum tersebut dijalankan oleh Weol-ju (Hwang Jung-eum), seorang wanita pemarah, Han Kang-bae (Yook Sung- jae), karyawan paruh waktu, dan Chief Gwi (Choi Won-young), seorang mantan detektif akhirat. Mereka bertiga akan bertugas mengunjungi mimp para pelanggannya untuk menyelesaikan permasalahan mereka. Drama ini mengangkat beragam tema terkait trauma atas apa yang dialami para pelanggan di masa lalu dan mencoba berdamai untuk meraih masa depan yang lebih baik. Drama ini berhasil meraih skor 8/10 di IMDb.

5. It's Okay, That's Love (2014).

Drama Korea kisah penyembuhan trauma berbagai sumber

foto: imdb.com

It's Okay, That's Love merupakan kisah cinta penulis Jang Jae-yeol (Jo In-sung) dan psikiater Ji Hae-soo (Gong Hyo-jin) yang sama-sama memiliki penyakit mental. Ketika keduanya mencoba untuk berdamai dengan trauma masa lalu, Jae-yeol dan Hae-soo terus mendukung dan menerima satu sama lain sehingga menciptakan sebuah hubungan yang sehat. Drama ini berhasil meraih skor 8,3/10 di IMDb.

6. Hello, My Twenties! (2016).

Drama Korea kisah penyembuhan trauma berbagai sumber

foto: imdb.com

Hello, My Twenties menyoroti kisah lima orang mahasiswa yang tinggal di kontrakan bernama Belle Epoque. Mereka memiliki kepribadian, selera, dan tujuan hidup yang berbeda serta harus berhadapan dengan peliknya kehidupan. Drama ini merupakan drama anak kos yang saling mendukung satu sama lain, bahkan saat salah satu di antara mereka punya trauma masa lalu. Berkat lingkungan yang mendukung satu sama lain, perbedaan mereka bukan menjadi sebuah masalah. Dibalut dengan genre komedi-romantis, drama ini dapat bantu seseorang agar bisa menemukan support system yang baik. Drama ini berhasil meraih skor 8,3/10 di IMDb.

7. Be Melodramatic (2019).

Drama Korea kisah penyembuhan trauma berbagai sumber

foto: imdb.com

Be Melodramatic mengisahkan tiga sekawan di usia 30-an awal yang sedang berusaha mewujudkan cinta, karier, serta impian mereka. Lim Jin-joo (Chun Woo-hee) berprofesi sebagai penulis naskah drama, Lee Eun-jung (Jeon Yeo-been) seorang sutradara dan Hwang Han-joo (Han Ji-eun) seorang ibu tunggal yang bekerja di rumah produksi. Kisah ketiganya diceritakan secara bergiliran, lengkap dengan konflik hidup dan kisah cinta masing-masing. Setiap karakter yang diceritakan punya masalah pelik masing-masing dan mereka mencoba menjalani hidup. Trauma masa lalu, beragam kegagalan, hingga pemaafan pada diri sendiri. Drama ini berhasil meraih skor 8,2/10 di IMDb.

8. Because This Is My First Life (2017).

Drama Korea kisah penyembuhan trauma berbagai sumber

foto: imdb.com

Because This Is My First Life mengisahkan hubungan pernikahan melalui perspektif yang lebih modern. Nam Se-hee (Lee Min-ki) dan Yoon Ji-ho (Jung So-min) merupakan teman yang kemudian menjalani kontrak pernikahan. Pernikahan tersebut hanya untuk mengelabui ekspektasi dari orang-orang sekitar mereka. Namun, setelah beberapa bulan bersama, mereka saling jatuh cinta dan saling mendukung satu sama lain untuk menyembuhkan trauma masing-masing. Drama ini berakhir dengan manis dan memberi gambaran bagaimana seharusnya membangun hubungan yang sehat. Drama ini berhasil meraih skor 8,1/10 di IMDb.

9. The Beauty Inside (2018).

Drama Korea kisah penyembuhan trauma berbagai sumber

foto: imdb.com

The Beauty Inside mengisahkan saat Seo Do-jae (Lee Min-ki) tidak bisa mengenali wajah orang lain setelah mengalami cedera otak akibat kecelakaan. Walaupun begitu, anehnya, Do-jae mampu mengenal dengan baik wajah Han Se-gye (Seo Hyun Jin), seorang aktris ternama yang selalu mengubah penampilannya setiap saat. Mereka kemudian saling bertemu dan punya ketertarikan. Walaupun dipenuhi dengan berbagai drama percintaan, mereka kemudian saling belajar bagaimana cara mencintai diri mereka sendiri. Drama ini berhasil meraih skor 7,4 di IMDb.

10. When the Camellia Blooms (2019).

Drama Korea kisah penyembuhan trauma berbagai sumber

foto: imdb.com

Serial drama bergenre komedi-romantis dengan tambahan unsur thriller ini berkisah tentang perjuangan hidup yang berat dan rumit yang harus dilalui oleh Oh Dong-baek (Gong Hyo-jin), seorang ibu tunggal yang baru pindah ke kota kecil di Ongsan. Dong-baek membuka sebuah bar bernama Camellia. Enam tahun kemudian, Dong-baek bertemu Hwang Yong-sik (Kang Ha-neul) yang ceria dan menyatakan cinta kepadanya. Dong-baek tidak membalas cintanya, tapi Yong-sik tetap merayu. Namun, hubungan tersebut tidak direstui ibu Yong-sik. Sampai suatu ketika, Dong-baek menjadi target pembunuhan berantai dan Yong-sik berusaha sekuat tenaga sebagai seorang polisi untuk melindungi orang yang dicintainya. Selain dipenuhi adegan romantis-komedi dan juga sedikit thriller, drama ini menampilkan proses penyembuhan diri Dong-baek yang berusaha keluar dari segala tuntutan lingkungannya. Pertemuannya dengan orang terkasih menjadi jalan untuk Dong-baek dan juga Yong-sik untuk berdamai dengan dirinya sendiri. Drama ini berhasil meraih skor 8/10 di IMDb.

11. My Mister (2018).

Drama Korea kisah penyembuhan trauma berbagai sumber

foto: imdb.com

My Mister menggambarkan kisah persahabatan Lee Ji-an (Lee Ji-eun, IU) dan Park Dong-hoon (Lee Sun-kyun) yang tak terduga. Ji-an adalah seorang yang miskin dan sedang merawat neneknya sekaligus punya utang yang menumpuk karena harus membayar biaya pengobatan neneknya. Sementara Dong-hoon adalah atasan Ji-an yang sering ditipu rekan kerjanya dan punya keluarga yang tidak harmonis. Keduanya punya trauma masa lalu dan luka batin yang sebelumnya tak tersembuhkan. Sejak pertemuan tak terduga itu, keduanya saling bercerita dan saling menunjukkan rasa peduli satu sama lain. Drama ini berhasil mendapatkan skor 9,1/10, skor yang cukup fantastis karena berhasil menampilkan cerita yang mendamaikan hati para penontonnya.