Brilio.net - Drama Korea yang mengambil tema detektif selalu menghadirkan cerita-cerita saat para detektif melakukan proses pencarian pelaku pembunuhan. Para detektif bekerja dengan teliti, mulai dari mengumpulkan beragam bukti yang ada hingga bukti yang berkaitan dengan kasus yang sedang ditanganinya.

Drama-drama tersebut hadir dengan genre thriller yang memberikan efek yang menegangkan hingga teka-teki rumit yang dipecahkan oleh para karakter utama. Para karakter utama dari sebagian besar drama detektif tersebut sering kali harus berhadapan dengan para pelaku pembunuhan berantai yang membuat setiap kasus pembunuhan selalu berbeda.

Selain itu, dalam drama Korea bertema detektif nyaris tidak ada yang menampilkan kisah romantis. Drama tersebut hadir dengan memberikan cerita yang menegangkan dan juga memberikan semacam teka-teki yang juga harus dipecahkan oleh para penontonnya.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Senin (27/12), berikut 11 drama Korea detektif, kisahkan pembunuhan penuh teka-teki rumit.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Vagabond (2019).

Drama Korea detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Vagabond mengisahkan pengalaman Cha Dal-gun saat mengalami kecelakaan pesawat dan Cha Hoon, keponakannya hilang dalam kecelakaan tersebut. Sampai suatu ketika ia bertemu dengan Go Hae-ri, seorang agen NIS yang pernah membantu proses evakuasi kecelakaan pesawat tersebut. Hae-ri menyatakan bahwa kecelakaan pesawat tersebut dilakukan sengaja dan melibatkan jaringan teroris internasional. Dal-gun dan Hae-ri pun melakukan penyelidikan dan memeriksa semua informasi yang menjurus pada kecelakaan tersebut. Berlatar di tiga negara: Korea Selatan, Maroko, dan Portugal, drama ini berhasil menampilkan aksi memukau untuk mengungkapkan kecelakaan yang didesain sedemikian rupa.

2. Mouse (2021).

Drama Korea detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Mouse mengisahkan Jeong Ba-reum dan Go Moo-chi yang sama-sama sedang memburu pembunuh berantai. Ba-reum dikenal sebagai perwira polisi yang terpercaya, sementra Moo-chi adalah seorang detektif yang cenderung cuek dengan berbagai aturan formal dan menggunakan segala cara untuk menangkap penjahat. Kedua polisi tersebut menelusuri jejak-jejak pembunuh berantai dan menyelidiki apa yang membuat mereka bisa berbuat sejahat itu kepada orang lain.

3. Partners for Justice (2018).

Drama Korea detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Partners for Justice mengisahkan Baek Beom, seorang dokter forensik yang harus pindah tugas karena tuduhan malpraktik. Ia kemudian bekerja sama dengan Eun Sol, seorang polisi pemula yang cerdas, tetapi canggung. Mereka berdua bekerja sama untuk menemukan bukti-bukti yang melekat pada mayat korban dan segera menemukan siapa yang melakukan pembunuhan tersebut.

4. Less Than Evil (2018).

Drama Korea detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Less Than Evil merupakan drama Korea detektif yang mengisahkan perang psikologis antara detektif veteran bernama Woo Tae-seok (Shin Ha-kyun) dan Eun Sun-jae (Lee Seol), seorang psikopat. Tae-seok adalah seorang detektif yang sering main tangkap tanpa prosedur yang benar. Karena itu, Tae-seok selalu berusaha untuk menangkap para pelaku kejahatan dengan cepat, termasuk saat ia harus berhadapan dengan Sun-jae yang cerdas.

5. Voices (2021).

Drama Korea detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Voices merupakan drama Korea detektif yang mengisahkan aktivitas call center 112 pusat panggilan darurat dan anggota tim pengiriman saat mereka melawan kejahatan menggunakan suara yang mereka dengar. Drama ini penuh teka-teki yang membuat para penontonnya berpikir lebih keras dan sama-sama mengidentifikasi siapa pelaku kejahatan sebenarnya. Melalui dua pekerja call center, detektif dan para polisi mulai melacak kasus pembunuhan yang informasinya mereka dapatkan dari call center.

6. Tell Me What You Saw (2020).

Drama Korea detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Tell Me What You Saw mengisahkan Oh Hyun-jae (Jang Hyuk), seorang profiler jenius yang mampu memecahkan banyak kasus dengan kemampuan profiling yang tak tertandingi. Namun, karena tunangannya terbunuh dalam sebuah ledakan yang dilakukan oleh seorang pembunuh berantai, ia pun pergi dari kepolisian dan hidup dalam pengasingan. Lima tahun dari peristiwa tersebut, pembunuhan dengan pola yang sama terjadi lagi dan membuat Hyun-jae keluar dari pertapaannya dan mengusut pembunuh berantai tersebut.

7. Signal (2016).

Drama Korea detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Signal merupakan drama Korea detektif yang dibungkus dengan cerita fantasi yang dialami oleh Park Hae-young (Lee Je-hoon ). Hae-young menemukan sebuah walkie-talkie misterius yang membuat dirinya bisa memecah kan yang sudah berusia 15 tahun. Walkie-talkie tersebut menjadi alat yang penting baginya untuk mengungkap siapa pelaku dari kasus yang ditanganinya.

8. Tunnel (2017).

Drama Korea detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Tunnel mengisahkan Park Gwang-ho, seorang detektif yang hidup di masa lampau sedang mengejar seorang pelaku pembunuhan berantai yang masuk dalam sebuah terowongan. Namun, setelah melewati terowongan tersebut, Gwang-ho tiba-tiba melakukan perjalanan waktu ke 30 tahun kemudian. Walaupun ia sempat bingung, ia harus segera melakukan berbagai cara untuk bisa kembali ke tahun tempat semua ia hidup pada 1986. Gwang-ho percaya bahwa jika ia bisa memecahkan kasus ini, ia dapat kembali ke masa lampau dan bertemu dengan keluarganya kembali.

9. Life on Mars (2018).

Drama Korea detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Life On Mars merupakan drama Korea yang menceritakan kisah para detektif yang berbeda. Drama Korea ini merupakan remake dari drama Inggris dengan judul yang sama dan mengisahkan para detektif kepolisian yang kocak. Drama ini mengisahkan Han Tae-joo (Jung Kyung-ho), seorang pemimpin tim investigasi kejahatan yang mengalami peningkatan sepanjang kariernya kali ini. Namun, saat ia menyelidiki kasus pembunuhan berantai, ia mengalami kecelakaan dan membuatnya pingsan. Saat bangun dari pingsan, Tae-joo mendapati dirinya ada di tahun 1988. Untuk bisa kembali ke masa ketika ia hidup seperti biasanya, Tae-joo harus memecahkan teka-teki kasus pembunuhan berantai.

10. Nobody Knows (2020).

Drama Korea detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Nobody Knows mengisahkan Cha Young-jin (Kim Seo-hyung) yang mengalami trauma atas kematian temannya yang dibunuh oleh pembunuh berantai stigmata terkenal 19 tahun yang lalu. Young-jin kemudian bertekad untuk mengungkap siapa pembunuh berantai tersebut. Young-jin kemudian bekerja bersama Lee Sun-woo (Ryu Deok-hwan) untuk menemukan pelaku tersebut. Sampai kemudian mereka menemukannya dan berusaha untuk merehabilitasi pelaku tersebut agar bisa berubah dan tidak melakukan pembunuhan random lagi.

11. Memorist (2020).

Drama Korea detektif berbagai sumber

foto: imdb.com

Memorist mengisahkan Dong Baek, seorang detektif kepolisian yang punya kemampuan untuk membaca ingatan orang. Dong Baek bekerja sama dengan profiler kriminal berbakat Han Sun-mi untuk menghentikan si pembunuh dan mencegah kematian lebih lanjut dalam serangkaian pembunuhan berantai. Namun, saat mereka mengejar di pembunuh, kebenaran masa lalu mereka yang bermasalah terungkap dan membuah kasus pembunuhan tersebut semakin berbelit dan juga rumit daripada yang mereka duga.

(brl/guf)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/guf)