Brilio.net - Salah satu tema terbaik yang dimiliki oleh industri drama Korea adalah tema kolosal. Drama kolosal Korea ini sebagian besar merupakan cerita saat Korea masih dalam bentuk kerajaan dan silih berganti dari penguasa ke penguasa.

Karena itu, walaupun sering pula dihadirkan dengan kisah romantis, drama kolosal Korea selalu dihiasi dengan intrik politik. Mulai dari perebutan kekuasaan yang akhirnya membuat sebuah dinasti tumbang, hingga pemberontakan sebagai rasa tidak puas atas sebuah pemerintahan.

Drama-drama Korea ini mendapat respons positif dari para penontonnya hingga berhasil meraih skor yang cukup tinggi. Rata-rata capaian skor di IMDb tidak kurang dari angka 8 dan membuat drama Korea ini sangat menyakinkan untuk menjadi salah satu daftar tontonan.

Dirangkum brilio.net dari berbagai sumber Rabu (29/12), berikut 11 drama kolosal Korea terbaik di IMDb, romantis hingga penuh intrik.

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

1. Six Flying Dragons (2015-2016).

Drama kolosal Korea terbaik di IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Six Flying Dragons bisa menjadi salah satu drama Korea yang cukup lengkap menjelaskan kemunculan pertama kali Dinasti Joseon. Sepanjang 50 episode, drama ini mengisahkan Yi Bang-won beserta enam orang pasukan setianya. Yi Bang-won merupakan raja ketiga Dinasti Joseon yang membantu ayahnya untuk mendirikan kerajaan Dinasti Joseon. Drama ini memadukan fakta-fakta sejarah Joseon dan fiksi tentang Six Flying Dragons yang juga disebut memperjuangkan berdirinya kerajaan Joseon. Hadir dengan cerita yang apik, drama ini berhasil meraih skor 8,9 di IMDb.

2. Mr. Sunshine (2018).

Drama kolosal Korea terbaik di IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Saat tentara Amerika Serikat melakukan ekspedisi ke Dinasti Joseon pada 1871, seorang anak laki-laki terpukau melihat sekumpulan orang yang membawa senjata ke mana pun mereka pergi. Hal ini lalu membuatnya ingin ikut dengan tentara tersebut saat mereka mulai pergi dari Joseon. Hal itulah yang terjadi dalam drama Korea kolosal Mr. Sunshine. Anak tersebut kemudian direkrut dan dididik sebagai seorang tentara yang kelak akan kembali ke Korea menjelang kekuasaan Dinasti Joseon melemah. Drama berlatar Korea era 1900-an ini menampilkan gejolak orang Korea yang menjadi tentara Amerika dan jatuh cinta kepada salah satu perempuan aristokrat kerajaan. Drama Korea Mr. Sunshine ini berhasil meraih skor 8,8 di IMDb.

3. Queen Seondeok (2009).

Drama kolosal Korea terbaik di IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Pernahkan Korea dipimpin oleh seorang ratu? Jawabannya pernah. Dialah Queen Seondeok, Ratu pertama dalam sejarah peradaban kerajaan Korea. Queen Seondeok memimpin saat Korea dikuasai oleh Dinasti Kerajaan Silla yang saat itu ditunjuk langsung oleh Raja King Jinheung yang sudah sekarat melalui surat wasiat. Penunjukan Seondeok sebagai putri mahkota membuat seluruh jajaran kerajaan kaget dan melahirkan beberapa pemberontakan dari internal kerajaan. Drama ini merupakan drama kolosal Korea yang penuh intrik di internal kerajaan dan berhasil menarik perhatian penonton, terutama penonton Korea. Selain itu, drama Korea ini berhasil meraih skor 8,8 di IMDb.

4. Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo (2016).

Drama kolosal Korea terbaik di IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Bagaimana jadinya seorang yang hidup pada abad modern, abad ke-21 tiba-tiba berada saat Korea masih dalam bentuk kerajaan? Hal itulah yang dialami Go Ha-jin (Lee Ji-eun) dalam drama Korea Moon Lovers: Scarlet Heart Ryeo. Tepat saat gerhana matahari total, Ha-jin tiba-tiba hidup pada masa Dinasti Joseon. Drama Korea yang diangkat dari novel Cina Bu Bu Jing Xin ini mengisahkan petualangan Ha-jin saat berada dalam tubuh Hae Soo, seorang pangeran Joseon yang kemudian membuat dirinya jatuh cinta. Drama ini berhasil meraih skor 8,7 di IMDb.

5. The Slave Hunters (2010).

Drama kolosal Korea terbaik di IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

The Slave Hunters mengisahkan kehidupan Lee Dae-gil, Song Tae-ha, dan Kim Hye-won selama Dinasti Joseon. Ketiganya merupakan bagian dari keluarga bangsawan yang hidupnya dihancurkan oleh Keum-nom, seorang budak dari keluarga Dae-gil. Setelah kabur dari rumah yang hampir terbakar, Dae-gil membawa kedua adiknya pergi jauh dari istana dan segera mengganti nama mereka. Dae-gil bertahan selama sepuluh tahun di jalanan dan selalu mengenang keluarga yang sangat dicintainya. Drama Korea yang penuh dengan emosi, intrik, dan persekutuan jahat ini berhasil menampilkan cerita yang menarik. Drama ini berhasil meraih skor 8,7 di IMDb.

6. Hur Jun (1999–2000).

Drama kolosal Korea terbaik di IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Hur Jun merupakan drama Korea yang mengisahkan saat Joseon diperintah oleh Seonjo. Cerita mencakup waktu selama 50 tahun setelah kematian Dae Jang-geum, yang terkenal sebagai dokter wanita pertama Era Joseon. Drama ini menggambarkan kehidupan dramatis tokoh sejarah Heo Joon yang menulis buku medis oriental "Donguibogam" dan menjadi dokter untuk Raja Seonjo. Drama ini berhasil meraih skor 8,6 di IMDb.

7. Empress Ki (2013-2014).

Drama kolosal Korea terbaik di IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama Empress Ki merupakan kisah nyata Ratu Ki di Korea. Ki Seungnyang, seorang wanita kelahiran Goryeo yang naik ke tampuk kekuasaan meskipun ada batasan sistem kelas era. Ia kemudian menikahi Toghon Temür (Kaisar Kekaisaran Mongol) untuk menjadi permaisuri Dinasti Yuan dan bukan cinta pertamanya, Wang Yu. Drama ini berhasil menyoroti ambisi politik sang permaisuri dan sikapnya kepada orang yang pernah dicintainya. The Empress Ki berhasil meraih skor dengan nilai 8,5 di IMDb.

8. The Great Jang-geum (2003-2004).

Drama kolosal Korea terbaik di IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Drama The Great Jang-geum mengisahkan seorang juru masak dapur yatim piatu yang kemudian menjadi dokter wanita pertama Raja. Saat wanita memiliki pengaruh kecil di masyarakat, juru masak magang muda Jang-geum berusaha untuk mempelajari rahasia masakan Korea dan obat-obatan untuk menyembuhkan Raja dari berbagai penyakitnya. Drama ini didasarkan pada kisah nyata Jang-geum, tabib kerajaan wanita pertama dari Dinasti Joseon. Drama ini berhasil meraih skor 8,5 di IMDb.

9. Jeong Do-jeon (2014).

Drama kolosal Korea terbaik di IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Jeong Do-jeon merupakan drama Korea yang mengisahkan Jeong Do-jeon, tokoh sejarah kehidupan nyata (1342-1398) yang merupakan salah satu tokoh terkuat dan politisi pada masanya sekaligus pendukung dekat Raja Taejo, pendiri Dinasti Joseon. Drama ini menggambarkan peranan penting Do-jeon dalam perencanaan dan pendirian Joseon sekaligus menancapkan pengaruhnya dalam politik Joseon dalam waktu yang lama. Drama Jeong Do-jeon ini berhasil meraih skor 8,4 di IMDb.

10. Rebel: Thief Who Stole the People (2017).

Drama kolosal Korea terbaik di IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

Jika di Timur Tengah terkenal dengan kisah Pencuri dari Baghdad, maka di Korea juga memiliki kisah serupa. Itulah yang coba dikisahkan melalui drama Korea Rebel: Thief Who Stole the People. Drama ini mengisahkan sosok Hong Gil-dong, seorang aktivis pertama pada Era Joseon yang mencuri uang dan barang-barang orang kaya. Uang dan barang-barang tersebut kemudian diberikan kepada orang miskin yang berada di wilayah Dinasti Joseon. Gil-dong kemudian disebut sebagai pembangkang negara dan kerap disandingkan dengan kisah Robin Hood. Drama ini berhasil meraih skor 8,3 di IMDb.

11. The Princess' Man (2011).

Drama kolosal Korea terbaik di IMDb berbagai sumber

foto: imdb.com

The Princess' Man mengisahkan cinta tragis antara anak gadis dari Pangeran Sooyang dan anak dari Kim Jong-seo. Kim Seung-yoo (Park Shi-hoo), anak dari Kim Jong-seo, adalah seorang pria yang tampan dan bijaksana yang memiliki kualitas seorang bangsawan. Sementara itu, putri Seryeong (Kim Young-cul), anak gadis dari Raja Sejo, alias Pangeran Sooyang (Kim Young-chul), merupakan wanita yang ceria dan penuh semangat dengan rasa keingintahuan besar dan kepribadian tegas. Mereka saling jatuh cinta, tapi kemudian mereka mengetahui jika kedua orang tua mereka adalah musuh bebuyutan. Drama ini disebut sebagai versi Romeo dan Juliet dari Dinasti Joseon. Drama ini berhasil meraih skor 8,3 di IMDb.

(brl/guf)

RECOMMENDED BY EDITOR

(brl/guf)