Brilio.net - Serial kartun merupakan tontonan yang kerap ditunggu oleh anak-anak. Walau begitu, penggemar serial kartun juga datang dari kalangan remaja dan dewasa lho. Kisahnya yang menghibur dengan karakter yang unik telah membuat serial kartun memiliki daya tariknya sendiri.

Hingga saat ini, masih ada stasiun televisi di Indonesia yang menayangkan serial kartun populer. Beberapa di antaranya merupakan serial kartun karya anak bangsa, namun ada pula yang berasal dari Amerika, Jepang, Korea Selatan, Rusia, dan Malaysia. Mayoritas serial kartun tersebut banyak mengangkat genre komedi, namun ada juga yang mengangkat kisah petualangan.

Penasaran apa saja? Berikut sepuluh serial kartun terkenal di Indonesia, yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (5/2).

1. Doraemon.

Kartun © 2020 brilio.net

Loading...

foto: imdb.com

Serial kartun yang berasal dari Jepang ini mengisahkan tentang robot kucing bernama Doraemon yang membantu seorang anak bernama Nobita. Kedatangan Doraemon pun bukan tanpa tujuan. Ia adalah robot yang berasal dari abad ke-22. Dikisahkan Doraemon sengaja dikirim oleh cucu Nobita untuk memperbaiki kondisi keluarga mereka di masa depan. Nah, selama tinggal di abad ke-20, Doraemon, Nobita, dan teman-temannya sering melakukan banyak petualangan berkat kantong ajaib yang dimiliki Doraemon.

2. Crayon Shin-chan.

Kartun © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Selanjutnya ada serial Crayon Shin-chan yang menghadirkan kisah lucu yang menghibur. Berpusat cerita pada tokoh bernama Shin-chan, ia adalah anak laki-laki yang masih bersekolah di taman kanak-kanak. Karakter Shin-chan sendiri digambarkan sebagai sosok yang lucu, aktif, namun genit. Menariknya, Shin-chan juga berteman dengan anak lain yang memiliki karakter berbeda lho. Di rumah, Shin-chan juga memiliki adik perempuan bernama Himawari.

3. SpongeBob SquarePants.

Kartun © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

SpongeBob SquarePants adalah salah satu serial kartun yang terkenal di dunia. Di Indonesia sendiri, kartun SpongeBob sangat digemari. Nah, serial kartun ini berpusat pada sponge kuning bernama SpongeBob. Ia tinggal di tempat bernama Bikini Bottom. Sepanjang seri, SpongeBob banyak melakukan aktivitas bersama makhluk laut yang lain, sepeti Patrick si bintang laut, Krabs si kepiting, Squidward si cumi-cumi, dan masih banyak lagi.

4. Avatar: The Legend of Aang.

Kartun © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Sempat begitu populer di Indonesia, serial Avatar:The Legend of Aang memang memiliki jalan cerita yang seru. Serial kartun ini berpusat pada tokoh bernama Aang. Ia merupakan pengendali udara yang terpilih sebagai Avatar. Sebagai orang terpilih, ia harus bisa menyeimbangkan 4 elemen, yakni air, tanah, api, dan udara. Meski sempat berada dalam es selama 100 tahun, Aang pun kembali muncul untuk mengembalikan perdamaian. Ia juga ditemani dua orang dari suku air yakni Katara dan Soka.

5. Masha and The Bear.

Kartun © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Masha and The Bear merupakan serial kartun dari Rusia yang juga pernah tayang di Indonesia. Mengisahkan seorang anak perempuan bernama Masha, ia digambarkan sebagai anak yang aktif dan ceria. Masha juga bersahabat dan sangat akrab dengan seekor Beruang yang dahulu bekerja di pertunjukan sirkus. Meski sudah begitu dekat, kadang ada saja tingkah Masha yang membuat Beruang kesal. Namun tetap saja, akhir dari setiap serinya selalu lucu dan menghibur.

6. Upin dan Ipin.

Kartun © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Serial kartun asal Malaysia ini juga tak kalah populer di Indonesia. Seperti judulnya, serial kartun ini bercerita tentang keseharian saudara kembar bernama Upin dan Ipin. Mereka tinggal bersama nenek dan kakak perempuannya. Seperti layaknya anak-anak pada umumnya, Upin dan Ipin juga suka bermain dan membantu orang tua. Selain memiliki kisah yang menarik, serial kartun Upin dan Ipin juga menyisipkan lagu-lagu untuk menghafal alfabet, huruf hijaiyah, dan masih banyak lagi.

7. Tom and Jerry.

Kartun © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Tikus dan kucing memang terkenal sebagai hewan yang tak pernah akur. Ide inilah yang membuat kartun Tom and Jerry tercipta. Meski termasuk dalam silent cartoon, tingkah Tom si kucing yang mengejar-ngejar Jerry si tikus tak pernah gagal membuat para penontonnya tertawa.

8. Adit Sopo Jarwo.

Kartun © 2020 brilio.net

foto: liputan6.com

Selanjutnya ada serial kartun karya anak bangsa, yakni Adit Sopo Jarwo. Mengambil suasana kampung Indonesia dengan penduduk yang beragam, serial kartun ini disebut-sebut relate dengan kehidupan. Tiga tokoh dalam serial ini pun cukup menyita perhatian. Adit digambarkan sebagai anak laki-laki yang sopan, Jarwo sebagai sosok yang humoris dan gegabah, sedangkan Sopo adalah sosok yang sangat polos dan penurut.

9. Shaun the Sheep.

Kartun © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Serial kartun Shaun the Sheep merupakan kartun asal Inggris yang dibuat dengan teknik stop motion. Mengisahkan tentang para domba-domba yang lucu, mereka adalah kawanan domba yang selalu ingin tahu. Selain domba, ada pula karakter anjing penjaga yang turut meramaikan cerita. Sama seperti Tom and Jerry, serial kartun Shaun the Sheep juga merupakan silent cartoon.

10. Tayo the Little Bus.

Kartun © 2020 brilio.net

foto: imdb.com

Tayo the Little Bus telah menjadi salah satu tontonan yang digemari anak-anak. Serial kartun yang berasal dari Korea Selatan ini mengisahkan tentang para kendaraan, khususnya bus yang bisa berbicara. Banyak pesan edukatif yang bisa diambil pada setiap episodenya. Selain itu, serial kartun ini juga mengajarkan anak-anak untuk tertib lalu lintas.

Reporter: Deta Jauda Najmah.

RECOMMENDED BY EDITOR