Brilio.net - Komik ataupun film bertema superhero masih menjadi idola sampai saat ini. Anak-anak kecil hingga dewasa dapat dipastikan memiliki sosok superhero yang paling diidolakan. Hampir semua film superhero, pasti akan menceritakan kisah pertempuran antara yang baik dan buruk.

Dalam kisah tersebut ada musuh atau biasa disebut villain yang berusaha mengganggu atau menghalangi misi si superhero. Nyatanya, aksi para villain ini tak kalah seru dan fenomenal dengan si superhero. Nah, berikut 10 musuh superhero paling fenomenal dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (26/4):

1. The Joker

foto: unilad

The Joker menjadi salah satu musuh utama dan terkuat Batman. Karakternya yang licik, dan sadis membuat Batman harus berpikir keras untuk mengalahkannya. The Joker merupakan simbol dari perlawanan terhadap segala bentuk kedamaian di dunia. Misinya adalah membuat kehancuran dan kekacauan di muka bumi.

2.  Mystique

foto: istimewa

Kemampuannya untuk berubah wujud jadi siapa pun membuat tindak tanduknya tak terduga, sehingga jadi salah satu musuh paling berbahaya bagi X-Men. Wujud asli Mystique adalah memiliki seluruh badan yang berwarna biru, sehingga dia harus menyingkir dari kehidupan normal. Namun, kekuatan yang dimilikinya mampu membuat X-Men selalu kewalahan. Sosok ini muncul dalam film X-Men (2000) hingga X-Men: Days Of Future Past (2014).

3. Magneto

foto: designbolts

Musuh X-Men selain Mystique adalah, Eric Lensherr, seorang mutan dengan kemampuan mengendalikan bahan-bahan logam. Dia tumbuh menjadi pribadi penuh dendam terhadap manusia karena masa lalunya yang kelam. Kekuatan Magneto untuk manipulasi logam yang hebat dan kecerdasannya membuat rencana sangat berbahaya.

4. Loki

foto: squarespace

Dalam film pertamanya, Loki tampil sebagai seorang anak yang mencari identitas. Di The Avengers, dia berusaha menguasai bumi. Sedangkan dalam The Dark World, Loki adalah dewa yang punya banyak trik.

5. Catwoman

foto: noobist

Wanita cantik musuh Batman ini dijuluki Catwoman. Dia adalah seorang pencuri ulung dengan keahlian tinggi. Meski biasa diperankan oleh aktris cantik, namun Catwoman termasuk salah satu musuh Batman yang paling sadis dan sulit ditaklukkan.

Seram-seram ya mereka? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


6. Doctor Doom

foto: screenrant

Penampilan Doctor Doom mungkin sudah cukup mengintimidasi para anggota Fantastic Four. Doctor Doom memiliki kemampuan intelegensia yang sangat tinggi dan menguasai berbagai teknologi yang bisa melumpuhkan Fantastic Four. Motif awalnya sederhana, menuntut balas atas orang-orang yang dianggap bertanggung jawab atas kerusakan fisik yang mengharuskannya menggunakan topeng besi. Sialnya, ternyata orang yang dicari ada di antara anggota Fantastic Four.


7. The Penguin

foto: Warner Bros

The Penguin juga menjadi salah satu musuh terkuat Batman dalam film Batman Returns. Dalam komik Batman sendiri, The Penguin memiliki nama asli Oswald Cobblepot. Dalam Batman Returns, The Penguin sendiri merupakan mutan yang sangat kuat dan berkuasa di antara mutan yang lain.


8. Red Skull

foto: marvel

Red Skull sendiri merupakan musuh terkuat Captain America dalam film Captain America: The First Avenger. Red Skull digambarkan sebagai seorang yang berwajah menakutkan dan kejam. Tatapan matanya sadis dan Red Skull sendiri bisa melakukan apa saja untuk mengalahkan Captain America.

9. Mr. Black

foto: kaskus

Masih ingat dengan sinetron superhero Indonesia Saras 008? Saras punya musuh bebuyutan yang nggak pernah mati meski kalah di hampir setiap perkelahian. Yup, dia adalah Mr Black yang diperankan oleh Johan Saimima. Mr Black sendiri merupakan penjahat dari planet Crysmon yang ingin menguasai dunia. Mr. Black digambarkan menggunakan pakaian serba hitam lengkap dengan topeng.

10. Donclo

foto: youtube

Selain Saras 008, sinetron superhero tahun 2000an adalah Panji Manusia Millenium. Panji sendiri merupakan pemuda biasa yang tiba-tiba menemukan gelang yang bisa memberinya kekuatan super. Panji, yang diperankan oleh Primus Yustisio ini memiliki seorang musuh bebuyutan yang paling kuat dan kejam bernama Donclo. Donclo dikenal banyak taktik dan pantang menyerah unuk mengalahkan Panji.