Brilio.net - Memasuki bulan Ramadan stasiun televisi pasti dipenuhi dengan program acara yang berbau religi. Entah itu iklan, talkshow sampai sinetron religi musiman. Nah, biar puasa kamu lebih 'adem' serta bisa memperdalam pengetahuan agamamu, perlu kamu tahu film religi yang keren-keren ini.

Maka dari itu, stop dulu nonton film cinta-cintaan, ada baiknya kamu tonton 10 film religi yang direkomendasikan brilio.net dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (7/6):

1. Sang Pencerah (2010)

foto: antzmovie

Film Sang Pencerah mengisahkan kehidupan tokoh Islam dan Pahlawan nasional K.H. Ahmad Dahlan. Kisahnya seputar pergerakan nasional dan pendiri organisasi Islam, Muhammadiyah. Film garapan Hanung Bramantyo ini juga dianggap sebagai pemicu munculnya film-film tentang sejarah pahlawan nasional lainnya.

2. Sang Kiai (2013)

foto: layar-tancep

Sang Kiai merupakan film perjuangan Indonesia yang berbalut Islami. Film yang masuk seleksi Oscar ke-86 untuk Best Foreign Language mengisahkan kegigihan K.H. Hasyim Asy'ari (Ikranagara), K.H. Wahid Hasyim (Agus Kuncoro), dan para santri dalam menghadapi tentara Jepang dan sekutu.

3. Wadjda (2012)

foto: moviefone

Film Timur Tengah menjadi salah satu film yang meski kamu tonton. Film religinya selalu 'ngena' di hati. Wadjda menceritakan kisah hidup Wadjda (aktor utama), demi memiliki sepeda rela berjualan di sekolah. Padahal, hal itu bertentangan dengan peraturan sekolahnya. Akhirnya, perempuan 11 tahun dari Arab Saudi tersebut mengikuti lomba baca Alquran untuk mengumpulkan uang. Tetapi ketika memenangi lomba, ia harus menelan kekecewaannya.

4. 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta (2010)

foto: indonesiafilmcenter

Kisah cinta yang dibalut dengan permasalahan beda agama ini menarik untuk ditonton. Karena kenyataannya, momen ini sering kamu jumpai sehari-hari. Jika kamu salah satu yang sedang terjebak dalam cinta beda agama, coba deh tonton film yang dibintangi Reza Rahardian, Laura Basuki dan Arumi Bachsin ini.

5. ? (2011)

foto: hurek

Film ? (Tanda Tanya) karya Hanung Bramantyo ini juga memiliki banyak pengetahuan dan ilmu yang bisa kamu ambil. Pentingnya toleransi umat beragama senantiasa harus dipupuk setiap hari. Agar kamu tidak tumbuh menjadi orang yang egois dan tak peduli dengan perbedaan di masyarakat.

Kamu udah nonton belum? KLIK NEXT untuk melanjutkan.

2 dari 2 halaman


6. Negeri 5 Menara (2012)

foto: postinganbiasa

Film Negeri 5 Menara ini menceritakan kehidupan remaja muslim. Berdasarkan novel karya A. Fuadi, film garapan Affandi Abdul Rachman ini mengikuti perjalanan enam santri muda dengan latar belakang berbeda. Mereka mendapat banyak bekal istimewa di pondok pesantren yang mendorong mewujudkan cita-cita.

7.  Mencari Hilal (2015)

foto: indonesiafilmcenter

Film karya Ismail Basbeth ini menggambarkan perjalanan ayah-anak yang sering berbeda pendapat. Mereka kerap bertengkar soal tradisi, agama, dan pola pikir. Dalam film ini kamu akan melihat akting dari si karakter ayah (Deddy Sutomo) yang taat agama dan tradisi dengan si anak (Oka Antara) yang keras kepala. Melalui kedua karakter utama tersebut kamu bisa melihat bagaimana peran dan makna agama yang berlaku di kehidupan sosial dibalut dengan isu-isu terbaru.

8. Noah (2014)

foto: deadline

Film karya Darren Aronofsky dengan Russell Crowe ini menceritakan tentang kehidupan Nabi Nuh. Namun, film ini sempat dilarang tayang di Indonesia karena dinilai LSFI (Lembaga Sensor Film Indonesia) kontennya tidak pas dengan isi kitab suci dan tak sesuai dengan ajaran Islam.


9. Ada Surga Di Rumahmu (2015)

foto: kapanlagi

Film yang diangkat dari buku best seller Ada Surga di Rumahmu karya Ustad Alhabsyi ini menceritakan kisah hidup Ramadhan (Husen Alatas) yang berada di persimpangan hidupnya. Antara harus mengabdikan diri di pondok pesantren tempatnya menimba ilmu bertahun-tahun atau menjadi artis seperti mimpinya. Film ini juga mengajarkan kamu tak perlu mencari surga jauh-jauh ke ujung dunia, karena 'surgamu' sudah ada di rumah, yaitu Ibumu.

10. Assalamualaikum Beijing

foto: 21cineplex

Film religi ini juga menceritakan sebuah kisah cinta yang rumit antara Asmara (Revalina S. Temat), Dewa (Ibnu Jamil) dan Zhongwen (Morgan Oey). Nggak cuma bisa memetik beberapa ilmu agama saja, film juga akan membawa kamu berpetualang ke negeri China.